27 C
Yogyakarta
Kamis, Mei 6, 2021

Kapan Waktu yang tepat Perpanjang SIM? Ini Jawabanya

BLOGOTIVE.COM – Kalau Surat Izin Mengemudi (SIM) sudah mulai habis masa berlakunya. Ya, SIM akan minta diperpanjang setiap 5 tahun sekali, masa berlaku SIM tidak seumur hidup berbeda dengan KTP.

Pasti banyak dari kita yang bertanya-tanya Kapan Waktu yang tepat untuk melakukan Perpanjang SIM.. nah disini kita akan membahasnya.

Apakah sehari sebelum habis, dua hari sebelum habis.. atau beberapa minggu, tahun mungkin? Jadi kapan dong.

Memperpanjang SIM memang membutuhkan waktu yang luang teman-teman, apalagi operasional pelayanan-nya ada di jam-jam kerja jadi harus tepat memilih waktu.

Tapi untungnya, sekarang ini pelayanan SIM sudah lebih memudahkan kita karena Perpanjangan SIM bisa dilakukan di 3 tempat yakni di Satpas langsung, Gerai SIM atau memanfaatkan SIM Kelililing.

Baca juga:  12 Jenis SIM dan Golongan-nya yang Berlaku di Indonesia
Perpanjangan SIM Online di Tempat SIM Corner
Perpanjangan SIM Online di Gerai SIM

Jadi teman-teman yang masa berlaku SIM-nya akan segera habis, bisa segera diperpanjang karena Batas Waktu Perpanjangan SIM adalah masa berlaku SIM itu sendiri, jadi lewat sehari saja sudah tidak bisa.

Waktu yang tepat untuk Memperpanjang SIM

Untuk melakukan perpanjangan SIM, waktu yang tepat memang jauh-jauh hari sebelum masa berlaku habis untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti keperluan mendadak misalnya.

Memang salah satu Anggota Satlantas Polrestabes Bandung mengatakan kalau Waktu Perpanjangan SIM bisa dilakukan 1 tahun sebelum masa berlaku habis, namun enggak harus terlalu jauh-jauh juga kok.

Baca juga:  Perpanjangan SIM Online bisa dilakukan di 3 Tempat

Apalagi jika kita hendak memperpanjang dengan memanfaatkan SIM Keliling, kita disarankan memperpanjang seminggu sebelum masa berlaku SIM habis.

Karena di SIM Keliling, cetak SIM terbatas dan biasanya diprioritaskan untuk masyarakat yang SIM-nya mendekati habis, jadi yang hampir habis itu yang akan di prioritaskan.

Baca juga:  Perpanjangan SIM Online bisa dilakukan di 3 Tempat

Jadi untuk yang mau memperpanjang SIM jauh-jauh hari 2 atau seminggu sebelum habis, saya sarankan ke Satpas Polres saja langsung, namun kalau mau lebih mepet bisa manfaatkan SIM Keliling (1-3 hari menjelang habis).

Bus SIM Keliling
Bus SIM Keliling

Jangan lupa untuk membawa Persyaratan Perpanjang SIM seperti KTP dan SIM yang masih berlaku dan Surat Keterangan Kesehatan dari Kedokteran. Oh, iya kamu juga bisa tes kesehatan langsung ditempat kalau di SIM Keliling.

Biaya Perpanjangan SIM

Untuk biaya perpanjangan SIM menurut undang-undang yang berlaku saat ini adalah Rp 75 ribu untuk jenis SIM C dan Rp 80 ribu untuk SIM A, biasanya akan dikenakan biaya lebih jika melakukan perpanjangan SIM Keliling, dibeberapa tempat nambah 5 ribu..

Baca juga:  SIM C Hilang? Begini Cara Mengurusnya

Kamu juga direkomendasikan untuk ikut asuransi dengan menambah biaya Rp 30 ribu, tapi itu opsional sebenarnya, boleh ikut boleh tidak.

Nah, sedangkan untuk biaya tes kesehatan kalau dilakukan di tempat lewat SIM Keliling adalah Rp 25 ribu, teman-teman juga bisa tes sendiri di tempat lain (kedokteran).

Baca juga:  Jadwal SIM Keliling Polrestabes Bandung 2-8 Juli 2018

Tips Memperpanjang SIM ala BlogOtive

  • Datanglah lebih awal untuk menghindari antrian.
  • Kalau enggak repot, kantongi Pulpen dari rumah lebih baik daripada mengantri.
  • Bawa uang secukupnya saja, perpanjang SIM tidak akan menghabiskan lebih dari Rp 150 ribu (meski ikut asuransi).
  • Jangan lupa bawa syarat-syaratnya juga.
  • Sudah itu saja. hehe
Perpanjangan SIM Online di Satpas Polres
Perpanjangan SIM Online di Satpas Polres

Itulah dia saran saya mengenai Kapan Waktu yang tepat untuk melakukan Perpanjangan SIM, semoga dapat bermanfaat ya.. jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman-teman lain. (Hendri)

Hendri Widananto
Tinggal di Yogyakara, penghobi motor sejak kecil, seorang Testrider, Reviewer dan penikmat balap MotoGP. Mulai aktif berbagi seputar motor pada tahun 2015 hingga kini.

Baca Juga

Ngecas HP di Motor Tidak Membuat Aki Soak, Ini Penjelasanya

BLOGOTIVE.COM – Fitur pengisian daya / power charger menjadi salah satu fitur yang ditawarkan oleh sepeda motor tipe skutik keluaran terbaru seperti Honda BeAT,...

Wajib Uji Emisi Kendaraan Bermotor Termasuk Roda Dua, Yamaha Beri Dukungan

BLOGOTIVE.COM - Dinas lingkungan hidup DKI Jakarta saat ini tengah menjalankan sosialisasi program wajib uji emisi untuk sepeda motor.  Dalam mendukung program tersebut,...

Astra Motor Yogyakarta Gelar Ujian SIM C Gratis dan Pelatihan Safety Riding

BLOGOTIVE.COM - Astra Motor Yogyakarta selaku main dealer sepeda motor Honda wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kedu, dan Banyumas bekerja sama dengan...

Tetap Terhubung

2,717FansSuka
1,505PengikutMengikuti
92,093PelangganBerlangganan

Terbaru

7 Fitur Baru All New CB150R Facelift, Suspensi Berubah!

BLOGOTIVE.COM - All New Honda CB150R sudah update facelif lagi bro, pertama kali motor ini mengaspal dengan mesin baru pada 2015 kemudian...

All New Honda CB150R facelift 2021 resmi di Launching

All New Honda CB150R Streetfire facelift 2021 resmi diluncurkan PT Astra Honda Motor (AHM) pada hari ini, Rabu (05/05/2021) melalui virtual press...

24 Nama Pembalap MotoGP 2021 beserta Foto Motornya

BLOGOTIVE.COM - Ada 24 Nama Pembalap MotoGP 2021 yang akan mulai bertarung untuk berkompetisi di musim ini, banyak jebolan dari Moto2 sedang...

Starting Grid MotoGP Jerez 2021, Quartararo Pole Position

BLOGOTIVE.COM - Posisi Start pertama MotoGP Jerez 2021 menempatkan pembalap Pabrikan Yamaha, Fabio Quartararo berhasil meraih Pole Position dengan catatan waktu 1...

Prediksi MotoGP Jerez 2021, Yamaha vs Marquez

BLOGOTIVE.COM - Prediksi MotoGP Jerez 2021 kembali menguntungkan Yamaha yang memiliki track record sangat baik di Andalusia, Spanyol. Selain itu, kembalinya Marquez...