27.7 C
Yogyakarta
Selasa, November 30, 2021

Waktu Perpanjangan SIM Bisa dilakukan 1 Tahun Sebelum Masa Berlaku Habis

BLOGOTIVE.COM – Waktu Perpanjangan SIM Bisa dilakukan jauh-hauh hari sebelum masa berlaku habis, bisa 14 hari sebelum jatuh tempo, satu hari, satu minggu bahkan 1 tahun sebelumnya sudah bisa dilakukan, jadi tidak was-was SIM Telat.

Halo masdab dimanapun anda berada, pasti kita ingin berjaga-jaga ya kan ingin cepat-cepat melakukan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) kita supaya tidak telat yang akibatnya kita harus membuat SIM baru dengan segala keribetanya harus mengulangi lagi sejak awal, tes kesehatan, teori dan praktek duhh repotnya!

Tentu hal tersebutlah yang kita hindarkan, makanya kita menyiapkan waktu sebelum masa berlaku SIM habis, apalagi kalau kita sedang memiliki waktu luang dan yang penting pas business day (Senin-Jumat) karena kantor Satpas pasti tutup.. pas waktu luang lagi gak kerja ataupun kuliah dan kebetulan SIM mau habis, daripada males-malesan dirumah, mending dipakai untuk mengurus perpanjangan SIM.

Baca juga:  4 Persyaratan Perpanjang SIM 2019, Jangan lupa bawa Surat Kir Dokter

Kapan waktu perpanjangan SIM bisa dilakukan? Ya tentu saja sebelum masa berlaku SIM kita habis, contohnya SIM saya habis di tanggal 29 Maret 2020, maka sebelum tanggal 29 Maret saya harus memperpanjang SIM supaya tidak telat. Sebelum itu kan relatif ya, lalu berapa tepatnya.. sehari sebelum, seminggu sebelumnya atau kapan? Yuk simak informasinya masdab..

Baca juga:  Batas Waktu Perpanjangan SIM 2019, Telat 1 Hari saja harus buat Baru

Waktu Perpanjangan SIM Bisa dilakukan setahun sebelum masa berlaku habis

Loket Pendaftaran untuk Pembuatan SIM Baru Perpanjangan, Hilang atau Rusak
Loket Pendaftaran untuk Pembuatan SIM Baru Perpanjangan, Hilang atau Rusak

Nah tahukah kita kalau perpanjangan SIM ternyata bisa dilakukan jauh-jauh hari, bahkan 1 tahun sebelum masa berlaku habis sudah bisa diperpanjang. Wow, panjang masdab!

Hal ini diungkapkan Kanit Regident Satlantas Polrestabes Bandung, AKP Suswanti yang menginformasikan bahwa menurutnya permohon perpanjangan SIM bisa dilakukan setahun sebelumnya.
“Mau setahun sebelumnya, dua bulan sebelumnya, dua hari atau bahkan satu tahun sudah bisa diperpanjang,” kata Atik kepada sebuah radio asal Bandung, PRFM dikutip prfmnews.

Baca juga:  Biaya Membuat SIM Baru dan Perpanjangan Terbaru 2019

Nah jadi tidak harus menunggu beberapa bulan, minggu atau 14 hari dari masa berlaku SIM habis untuk dilakukan perpanjangan masdab. Jika SIM kita habis di bulan Maret 2025 contohnya, maka di tahun 2024 perpanjangan SIM bisa dilakukan.

Perpanjangan SIM juga bisa dilakukan melalui sistem Online

Perpanjangan SIM Online di Tempat SIM Corner
Perpanjangan SIM Online di Gerai SIM

Menurut Atik, Korlantas Polri telah memberikan segala kamudahan untuk masayarakat supaya bisa mengurus perizinan termasuk perpanjangan SIM yang lebih mudah, contohnya kapan waktu perpanjangan SIM dan juga metode perpanjangan SIM Online yang bisa dilakukan di 3 tempat.

Ketiga tempat tersebut adalah Satpas itu sendiri, SIM Keliling dan SIM Corner (Gerai SIM) yang bahkan melayani perpanjangan di luar hari kerja (non-business day) seperti Sabtu dan Minggu, nah jadi tidak ada sulitnya sama sekali memperpanjang SIM.

Baca juga:  Toleransi Perpanjangan SIM yang Habis di Libur Lebaran 2018, Ada 7 hari. Berlaku seluruh Indonesia!
Baca juga:  Pembuatan SIM Tanpa Tes, Hanya datang dan Foto. Lah kok bisa? Hoax tuh!

Biaya Perpanjangan SIM

Tarif Pembuatan SIM Baru dan Perpanjangan SIM
Tarif Pembuatan SIM Baru dan Perpanjangan SIM berdasarkan jenis dan golonganya

Menurut peraturan terbaru yang berlaku saat ini, PP No 60 tahun 2016, untuk Biaya Perpanjangan SIM adalah Rp 80 ribu untuk jenis SIM A dan SIM B termasuk golonganya dan Rp 75 ribu untuk jenis SIM C dan golonganya serta Rp 30 ribu untuk SIM D sebagai pengguna penyandang disabilitas.

Nah itu dia informasi mengenai kapan perpanjangan SIM bisa dilakukan masdab, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua ya.. salam. (Hendri)

Hendri Widananto
Tinggal di Yogyakara, penghobi motor sejak kecil, seorang Testrider, Reviewer dan penikmat balap MotoGP. Mulai aktif berbagi seputar motor pada tahun 2015 hingga kini.

Baca Juga

Arti Kedipan Indikator Mesin Menyala Kuning (MIL) di Spidometer Motor Honda

BLOGOTIVE.COM - Saat ini semua sepeda motor Honda telah menggunakan sistem PGM-FI, dimana salah satu kelebihan dari sistem ini dapat mendiagnosa permasalahan...

Ngecas HP di Motor Tidak Membuat Aki Soak, Ini Penjelasanya

BLOGOTIVE.COM – Fitur pengisian daya / power charger menjadi salah satu fitur yang ditawarkan oleh sepeda motor tipe skutik keluaran terbaru seperti Honda BeAT,...

Wajib Uji Emisi Kendaraan Bermotor Termasuk Roda Dua, Yamaha Beri Dukungan

BLOGOTIVE.COM - Dinas lingkungan hidup DKI Jakarta saat ini tengah menjalankan sosialisasi program wajib uji emisi untuk sepeda motor.  Dalam mendukung program tersebut,...

Tetap Terhubung

2,717FansSuka
1,505PengikutMengikuti
92,093PelangganBerlangganan

Terbaru

Jual Beli Mobil Bekas Aman dan Berkualitas hanya lewat Online

Jual mobil di masa pandemic ini bisa dengan mudah asalkan tetap dan masih menggunakan protocol kesehatan selama beraktivitas diluar rumah. Untuk mengakomodir...

Mobil Bekas dengan Harga Terjangkau di Balai Lelang IBID

Beli mobil bekas dengan metode lelang mulai digemari masyarakat. Salah satu balai lelang yang paling sering digunakan adalah IBID. Tidak hanya kendaraan...

Kelebihan & Kelemahan Avanza FWD / Penggerak Roda Depan, Bukan Pelibas Tanjakan Lagi?

BLOGOTIVE.COM - Toyota Avanza baru-baru ini ramai diperbincangkan di kalangan netizen, pasalnya mobil sejuta umat di Indonesia ini sudah ketahuan wujud versi...

Review Singkat Suzuki Ertiga, MPV Penantang Toyota Avanza

Review singkat Suzuki Ertiga yang akan kita bahas kali ini menjadi topik yang menarik bagi pecinta otomotif Indonesia. Mobil...

[Foto] Bocoran All New Avanza Veloz Hitam tipe Q 2022 Interior-Exterior, Fitur Naik Kelas

BLOGOTIVE.COM - Sudah bukan rahasia lagi, Bocoran All New Avanza Veloz tipe Q terlanjur menyebar di jagat maya.. di artikel ini saya...