Manajemen Yamaha Indonesia memperkenalkan FreeGo
Manajemen Yamaha Indonesia memperkenalkan FreeGo

Yamaha FreeGo Resmi dirilis, Fitur Keren Mengisi Bensin tanpa Buka Jok

Diposting pada

BLOGOTIVE.COM – Yamaha Indonesia secara resmi merilis motor matic baru 125 cc dengan merek FreeGo pada hari ini, Rabu (31/10/2018) di event pameran Indonesia Motorshow (IMOS) bertempatkan di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan.

Saya kira Yamaha Indonesia bakalan memperkenalkan MT-15 yang sudah dinanti-nanti banyak orang, eh ternyata perusahaan berlogo Garpu Tala malah menyiapkan kejutan yang tidak terduga sebelumnya, yakni merilis sebuah matic 125 cc berjuluk Yamaha FreeGo “Frigo”.

Yamaha Indonesia launching Yamaha FreeGo di IMOS
Yamaha Indonesia launching Yamaha FreeGo di IMOS

Untuk teman-teman yang menunggu Yamaha MT-15, sabar tunggu dulu rilisnya tidak akan jauh-jauh kok, yang pasti Yamaha sudah menyiapkan motor ini. Nah saat ini kita bakalan fokus membahas Yamaha FreeGo.

Kata petinggi Yamaha Indonesia, Minoru Morimoto yang punya status “Man of The Year” versi GridOto, melalui press release yang BlogOtive terima, Yamaha menciptakan kategori baru dengan mendengarkan masukan dari konsumenya.

Katanya, konsumen menginginkan sepeda motor yang irit dan keren tapi tetap nyaman, makanya Yamaha melahirkan FreeGo ini yang punya jargon “The Amazing Matic”.

Spesifikasi Mesin Yamaha FreeGo

Untuk sektor dapur pacu, Yamaha FreeGo ini mengambil basis mesin dari Yamaha Mio series, yakni punya volume silinder 125 cc, 2 katup, SOHC berpendingin Udara.

Yamaha FreeGo resmi dirilis di IMOS 2018
Yamaha FreeGo resmi dirilis di IMOS 2018

Tenaga mesin yang dikeluarkan Yamaha FreeGo juga tidak ada perbedaan berarti, power maksimum 7,0 kW pada 8 ribu rpm dan torsi 9,5 NM pada 5,5 ribu rpm menurut situs resmi Yamaha Indonesia.

Hanya saja, memang bobot Yamaha FreeGo ini lebih berat 6 kg daripada Mio M3. Artinya secara PWR (power to weight ratio) motor ini sedikit kalah dibandingkan Mio M3 yang hanya memiliki berat 94 kg saja.

Fitur Yamaha FreeGo, Mengisi Bensin tanpa Buka Jok

Meskipun pada performa mesin tidak istimewa dengan mengambil basis mesin Mio M3 2 katup dan bukan Lexi 125 4 katup dengan Variable Valve Actuation (VVA), namun Yamaha FreeGo ini lahir dengan beberapa fitur atau keistimewaan.

Fitur Yamaha FreeGo Isi BBM tidak perlu buka Jok
Fitur Yamaha FreeGo Isi BBM tidak perlu buka Jok

Mengisi BBM tanpa perlu membuka jok, itu fitur pertama. Yamaha menyebutnya Smart Front Refuel, dimana posisi tanki BBM 4,2 liternya berada di posisi depan sisi kiri sehingga pengguna tidak perlu membuka jok. Wah praktis nih..

Bagasi super longgar, nah kalau biasanya skutik 125 cc itu bagasinya minim tapi kalau bagasi Yamaha FreeGo ini justru besar banget. Kapasitas bagasinya 25 liter, kapasitas bagasinya ini bahkan lebih besar daripada NMax generasi pertama, pastinya bisa muat helm full face bro.. bahkan bola basket juga masuk.

Ban 12 inch tapak lebar, memang sih ukuran jari-jarinya lebih pendek daripada Mio M3 (14 inch) akan tetapi Yamaha FreeGo punya ban dengan tapak lebar.. profil ban depan 100/90 bagian depan dan 110/90 bagian belakang.. ring 12 inch.

Electric Power Shocket untuk Ngecas HP, enggak mau ketinggalan sama Aerox dan Lexi, Yamaha Frigo ini juga punya power outlet untuk ngecas hape. Jadi enggak usah risau hape lowbat di jalan, cukup bawa converter dan charger saja urusan beres.

Smart Key System (SKS) atau Kunci Keyless, selain punya power outlet Yamaha FreeGo juga pakai sistem penguncian kekinian anti maling tanpa anak kunci atau familiar kita sebutnya Kunci Keyless, tapi ini hanya untuk variaan FreeGo S dan FreeGo S-ABS saja, tipe standar pakai kunci berpengaman magnet biasa.

Smart Motor Generator (SMG), suara starternya senyap tidak bikin telinga sakit. Fitur ini seperti yang dimiliki Aerox dan Lexi, kalau di Honda namanya AGC starter.

Stop Start System (SSS), fitur mati otomatis juga sudah sepaket dengan SMG pada motor ini. Fungsi mati otomatis ini berguna sekali ketika di lampu merah, jadi tidak perlu repot-repot memutar kunci, nanti mesin otomatis mati sendiri dan nyala kembali tinggal gas.

Anti-Lock Braking System (ABS), sistem pengereman anti mengunci atau disebutnya Anti-Lock Braking System, tapi hanya untuk varian FreeGo S-ABS saja.

Harga Yamaha FreeGo mulai 18 jutaan, Ada Total 6 Varian Warna

Yamaha membandrol Harga Yamaha FreeGo 125 mepet dengan kompetitornya Honda Vario 125 yakni mulai Rp 18,5 juta untuk versi standar, Rp 19,7 juta untuk FreeGo tipe-S dengan full fitur kunci keyless dan Rp 22,5 juta untuk tipe S+ABS dengan pengereman anti mengunci. Harga berlaku untuk On The Road (OTR) Jakarta.

  • Harga FreeGo standar : Rp 18.500.000
  • Harga FreeGo tipe S : Rp 19.700.000
  • Harga FreeGo tipe S+ABS : Rp 22.500.000

Untuk varian warnanya , 4 pilihan warna FreeGo untuk tipe standar dan 2 pilihan warna untuk tipe S dan S+ABS. Berikut fotonya..

FreeGo Standar

FreeGo tipe S

 

Spesifikasi Yamaha FreeGo

DIMENSI
P x L x T 1.905 x 690 x 1.100 mm
Tinggi Jok 779 mm
Jarak terendah ke tanah
Berat Isi 100 kg
Kapasitas Tanki 4,2 Liter
Kapasitas Bagasi 25 Liter
MESIN
Kapasitas 125 cc
Jumlah Silinder Tunggal, 2 valve
Jumlah Camshalft Single (SOHC)
Sistem Bahan Bakar Full Injection
Sistem Pendingin Udara
Sistem Starter Elektrik & Engkol
Sistem Pelumasan Basah
Daya Maksimum 7,0 kW (9,38 HP) / 8.000 rpm
Torsi Maksimum 9,5 Nm / 5.500 rpm
Perbandingan Kompresi 9,5 : 1
Diameter x Langkah 52,4 x 57,9 mm
Transmisi Otomatis
Tipe Kopling Wet Sump
SASIS
Tipe Underbone
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Unit Swing
Ukuran Ban Depan 100/90-12 M/C (59J) Tubeless
Ukuran Ban Belakang 110/90-12 M/C  (64L) Tubeless
Tipe Rem Depan Disc Brake, 1 kaliper
Tipe Rem Belakang Tromol
KELISTRIKAN
Sistem Pengapian TCI / Transistor
Baterai YTZ4V
Tipe Busi CR6HSA
LAIN-LAIN
Speedometer Full Digital

Nah pada kesimpulanya, menurut BlogOtive Yamaha ingin menghadirkan skutik baru yang beda.. motor 125 cc yang irit dengan Bluecore namun dengan model yang sedikit gambot dan fitur yang lengkap seperti Maxi series. (Hendri)

Gambar Gravatar
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!