Beranda Motor Matic Ukuran Ban Ori dan Velg NMax serta Rekomendasi Upgrade

Ukuran Ban Ori dan Velg NMax serta Rekomendasi Upgrade

0
BERBAGI
Ukuran Ban Yamaha NMax
Ban Yamaha NMax

Ukuran Ban Ori NMax saja sudah cukup besar tanpa dilakukan modifikasi, ukuran velg juga standar untuk mengakomodir kaki-kaki si karet bundar dengan lebar 130 mm untuk bagian belakang. Tapi rasanya masih kurang? disini BlogOtive akan memberikan kiat Rekomendasi Upgrade Ban NMax menjadi lebih besar dan gambot.

Ukuran Velg Yamaha NMax memiliki tapak lebar yang sama dengan Ukuran Velg dan Ban Yamaha Aerox, hanya saja perbedaanya jika Aerox berdiameter 14 inchi (ring 14) untuk si Maxi cukup pakai ring-13, itu ukuran ori atau standarnya masdab.

Ukuran Ban dan Velg Yamaha NMax

Yamaha NMax menggunakan ban ukuran 110/70-13 untuk bagian depan, sementara untuk bagian belakang menggunakan ukuran 130/70-13.

  • Ban Depan: 110/70 ring 13
  • Ban Belakang: 130/70 ring 13

Ban Orisinil NMax (Ban OEM) pakai IRC SS-560R sedangkan ban standar depan pakai IRC SS-570F.

Sedangkan untuk ukuran velgnya, Yamaha NMax menggunakan ukuran lebar 3,0-13 inch bagian depan dan 3,5-13 inch untuk belakangnya.

  • Velg Depan: 3,0 ring 13
  • Velg Belakang: 3,5 ring 13
Ukuran Velg Yamaha NMax
Ukuran Velg Yamaha NMax (Tunas Motor Cirebon)

Rekomendasi Modifikasi Velg dan Upgrade Ban Yamaha NMax

Dengan menggunakan Swing arm standar, pengguna NMax sebenarnya masih bisa mengupgrade kaki-kaki NMax berdiameter lebih besar yakni menggunakan ring-14.

Sudah banyak kok velg after-market 14 inch yang beredar di pasaran seperti RCB (Racing Boy) atau VRossi, untuk yang RCB ukuran lebar velgnya bahkan lebih lebar 3,5 inch depan dan 4,0 inch bagian belakang, harganya Rp 1,6 jutaan.

Dengan Velg ini, bisa kamu aplikasikan Ban ukuran lebar 140 belakang dan 120 di depan (upgrade satu tingkat).

Bisa juga pakai Velg ori Vario 125 atau 150 tetapi perlu sedikit dimodifikasi dengan menambahkan bearing untuk paskan rem dan braket untuk menambal tromol rem yang tidak terpakai. Tapi BlogOtive tidak anjurkan pakai Vario ini karena ukuran lebar velg Vario hanya 1,85 inch depan dan 2,15 inch belakang, nanti ukuran ban tidak bisa di upgrade.

Ukuran Velg Yamaha NMax
Ukuran Velg Yamaha NMax (Tunas Motor Cirebon)

Enggak mau ke ring 14, Cukup ring 13 saja dan Upgdade ban?

Kalau masdab mau memilih tetap pakai velg standar saja dengan ring 13, BlogOtive menyarankan upgrade satu tingkat saja menjadi 120/70 depan dan 140/70 untuk belakangnya.

Atau untuk ban belakang masih bisa pakai profil ban lebar 150/70, pastinya sedikit mendonat tapi kalau dianggap tidak masalah ya dicoba saja.

Pilihan ban ada banyak kok, ada Bridgestone, Pirelli, Michelin, Metzeler, Aspira atau Zeneos yang 140 atau 150.

Rekomendasi Upgrade Ban Yamaha NMax
Rekomendasi Upgrade Ban Yamaha NMax ukuran 140/70 pakai Zeneos Milano (Mabez_Ban)

Itulah dia Ukuran Ban dan Velg NMax serta Rekomendasi untuk Upgrade dari BlogOtive, tips untuk yang pengen upgrade baca dulu artikel tentang 5 Efek Buruk setelah Upgrade Ban lebih besar daripada Ukuran standar. Jangan lupa share dan komen ya!

BERBAGI
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!

Tinggalkan Balasan