30.3 C
Yogyakarta
Jumat, Juli 23, 2021

5 Efek Buruk setelah Ganti Ban lebih besar daripada Ukuran standar

Ganti Ban menjadi lebih besar daripada ukuran ban standar memang sering dilakukan oleh kalangan biker, memang dengan ban yang lebih gambot memberikan aura lebih gagah dan sporty pada motor kita, namun tahukah kalau upgrade ban juga menimbulkan efek Buruk. Yuk kita bahas!

Sebelum bahas buruknya, bahas dulu deh kelebihan atau dampak positifnya.

Efek Postitif dari pergantian ban yang lebih besar sendiri selain tampilanya lebih garang, adalah kekuatan cengkaraman atau grip pada ban yang bertambah, handling serta kemampuan menerjang lubang kecil juga ikut bertambah lebih baik pul, namun ada beberapa dibawah ini dampak buruk pergantian ban yang menjadi lebih besar daripada ban standarnya.

  • Tampilan lebih garang.
  • Handling lebih baik.
  • Dimensi naik, kemampuan untuk hajar lubang lebih bagus.

Ganti Ban lebih besar Honda CB150R
Ban Aspira Premio Sportivo di Velg CB150R

Modifikasi Aerox 155 Shark sisi kanan ban belakang
Modifikasi Aerox 155 Shark sisi kanan ban belakang

Efek Buruk setelah Upgrade Ban menjadi lebih besar

Dari beberapa dampak positif diatas, akan tetapi pergantian ban ini juga berdampak lebih buruk setelah di upgrade. Berikut 5 poin buruk versi BlogOtive.

Baca juga:  Ukuran Ban dan Velg Yamaha Lexi 125 serta Rekomendasi Upgrade

1. Tampilan ban membulat (donat)
Jika pakai ukuran velg standar, upgrade ban yang “keterlaluan” akan membuat ban terlihat tidak proporsional alias membulat seperti berbentuk donat.

Kelihatan tidak estetis (meskipun gede) dan kelihatan menyiksa velg, mungkin benar-benar tersiksa juga.

Pastinya, untuk motor standar, ukuran velg sudah menyesuaikan ukuran ban yang hendak dipakai pabrikan, kebanyakan mengikuti spesifikasi ban OEM yang dipakai.

Baca juga:  Ukuran Ban dan Velg Yamaha Lexi 125 serta Rekomendasi Upgrade

Dengan pakai velg standar, lebih baik dinaikan satu tingkat, contohnya 150 ke 160 biasanya bentuknya masih enak dilihat.

2. Lebih Tinggi
Pastinya dengan upgrade ban dimensi motor juga akan ikut naik yang akan mempengaruhi tinggi sepeda motor maupun tinggi tempat duduk.

Kalau penggunanya merasa motornya kurang tinggi, efek pergantianya sih positif masdab, tetapi kalau naik motor pakai ban standar saja sudah jinjit nah itu yang jadi Buruk, karena akan bertambah jinjit, hehe.

Baca juga:  Ukuran Ban dan Velg Honda Scoopy Baru maupun Lama, Lengkap!

3. Titik Berat Motor Berubah
Titik berat menjadi berubah setelah pergantian ban menjadi lebih besar karena ada perubahan dimensi, titik beratnya berubah tidak menentu, contohnya condong ke ban depan atau ban belakang.

Ini mempengaruhi kestabilan motor ketika dipakai, tentu titik berat yang bagus adalah di tengah supaya lincah dan terasa ringan.

4. Akselerasi berkurang
Karena bertambah ukuran, pastinya materialnya bertambah yang membuat lebih besar (contoh khasusnya untuk ban dengan merek yang sama), dengan lebih besar pastinya bakalan lebih berat.

Dengan berat yang bertambah, artinya akan membebani tenaga mesin, alhasil akselerasi motor menjadi berkurang.

Jadi butuh waktu lama buat wuss dong ya? Kalau di drag, motor jadi lebih lemot nih masdab.

Baca juga:  Kombinasi Ukuran Velg dan Ban Ideal serta Toleransi Untuk Upgrade

5. Perhitungan Odometer bertambah
Karena ban yang lebih besar dimensinya juga lebih panjang, maka perhitungan jarak tempuh atau odometer di speedometer akan bertambah.

Artinya menjadi lebih jauh, sebagai contoh, jika seumpama jarak A ke B adalah 5 kilometer dengan perubahan dimensi ban perhitunganya bisa jadi 6 km.

Baca juga:  5 Kelebihan Ban Tubeless daripada Ban Biasa (Tube Type)

Kalau kita terbiasa pakai odometer sebagai penentu pergantian v-belt, busi atau ganti oli, maka periode bakalan lebih cepat deh.

Itu dia beberapa dampak atau efek yang terjadi akibat memakai ban yang memiliki ukuran lebih besar daripada standarnya, ternyata lumayan banyak ya yang berubah.

Ban Upgrade ke 110 untuk Vario 125
Upgrade Ban ke 110/80 untuk Vario 125 (bakoel ban)

Baca: Ukuran Ban dan Velg Honda Vario 110, 125 dan 150 serta Rekomendasi untuk Upgrade

Mungkin beberapa poin diatas bisa dijadikan sebagai pertimbangan sebelum ganti ban menjadi menjadi lebih besar, tetap upgrade atau ganti ke ukuran standar lagi? Jangan lupa share dan komen ya, Salam gaspol!

Hendri Widananto
Tinggal di Yogyakara, penghobi motor sejak kecil, seorang Testrider, Reviewer dan penikmat balap MotoGP. Mulai aktif berbagi seputar motor pada tahun 2015 hingga kini.

Baca Juga

Arti Kedipan Indikator Mesin Menyala Kuning (MIL) di Spidometer Motor Honda

BLOGOTIVE.COM - Saat ini semua sepeda motor Honda telah menggunakan sistem PGM-FI, dimana salah satu kelebihan dari sistem ini dapat mendiagnosa permasalahan...

Ngecas HP di Motor Tidak Membuat Aki Soak, Ini Penjelasanya

BLOGOTIVE.COM – Fitur pengisian daya / power charger menjadi salah satu fitur yang ditawarkan oleh sepeda motor tipe skutik keluaran terbaru seperti Honda BeAT,...

Tips Melewati Berbagai Kondisi Jalan Off-road Saat Terabas dari Yamaha Riding Academy (YRA)

BLOGOTIVE.COM - Berkendara di jalur off road memberikan pengalaman serta sensasi berbeda, apalagi dengan menggunakan WR 155 R motor sport adventure terbaik...

Tetap Terhubung

2,717FansSuka
1,505PengikutMengikuti
92,093PelangganBerlangganan

Terbaru

Pajak Innova Reborn 2016-2021 Bensin dan Diesel, Catat Sebelum Membeli!

BLOGOTIVE.COM - Siapa yang tidak tahu Toyota Kijang Innova, mobil MPV 7 seater yang sudah sejak lama menjadi favorit masyarakat Indonesia karena...

9 Pilihan Warna Honda BeAT 2021, Dibagi Dua Varian

BLOGOTIVE.COM - Untuk kamu yang pengen meminang Honda BeAT, tidak tanggung-tanggung ada 9 pilihan warna keren yang disediakan PT Astra Honda Motor...

Biaya Biro Jasa STNK Perpanjangan Tanpa KTP, Ini Tarifnya

BLOGOTIVE.COM - Perpajakan masih menjadi kendala bagi beberapa orang yang membeli kendaraan bekas atau second, jika hendak perpanjangan tahunan si pemilik STNK...

All New CB150R facelift 2021 Resmi Launching di Yogyakarta, Kedu dan Banyumas

BLOGOTIVE.COM - Astra Motor Yogyakarta selaku Main Dealer sepeda motor Honda wilayah DIY, Kedu, dan Banyumas secara resmi telah memperkenalkan motor sport...

Starting Grid MotoGP Perancis 2021, Quartararo Pole Position

BLOGOTIVE.COM - Starting Grid MotoGP Perancis 2021 di Sirkuit Le Mans menempatkan pembalap pabrikan Yamaha, Quartararo start dari posisi pertama, Fabio meraih...