28.6 C
Yogyakarta
Jumat, Juli 23, 2021

Review Ban IRC Road Winner RX-01 dalam kondisi Basah dan Kering

Hello masdab, pada kesempatan kali ini BlogOtive akan mengajak masdab semua untuk melihat hasil Review saya mengenai Ban IRC Road Winner RX-01 untuk commuter alias riding harian, dalam kondisi basah maupun kering. Seperti apa hasil pengamatan saya? Yuk lanjutkan membaca

Sebelumnya, kita telisik dulu lebih banyak tentang ban ini yang kalau di Indonesia diproduksi oleh PT Gajah Tunggal. Sayangnya dalam technical spesifikasi di website IRC, tidak ditemukan compound Road Winner ini.. namun yang jelas ban ini diperuntukkan sebagai ban harian.

Yang pakai ban ini pasaran banget, karena dipakai pabrikan sebagai Original Equipment Manufacturer (OEM), Ban Road Winner ini mulanya dipakai Kawasaki sebagai ban OEM Ninja 250 Fi, kemudian eksis sampai sekarang juga mulai memakainya untuk motorsport 150 cc seperti Yamaha R15 dan juga Honda CBR150.

Baca juga:  IRC Road Winner menipis, Bingung Pilih Ban Corsa R99 vs Aspira Premio Sportivo !!

Roadwinner memiliki ciri khas paten atau grafis seperti huruf “S” yang menjalur dari kedua sisi terluarnya, dari segi tampilan ban ini bisa dikatakan cakep banget. Lalu bagaimana rasanya pakai ban ini?

Review Ban IRC Road Winner RX-01

Hal pertama yang akan BlogOtive katakan untuk ulasan ban ini adalah “Awet” , yup durablility ban ini bisa diacungi dua jempol.

Seberapa Awet IRC Road Winner untuk harian?

Saat ini saya pakai Road Winner dan masih lumayan tebal dipakai di 13 ribu kilometer, itu untuk yang belakang (RX-01R) kalau yang depan (RX-01F) jauh lebih tebal. Intinya masih belum ngajak ganti meski sudah masuk 13 ribu kilometer.

Baca juga:  Ukuran Ban dan Velg Honda Scoopy Baru maupun Lama, Lengkap!
-->

IRC Road Winner 13 ribu km penggunaan
Masih lumayan awet meski sudah menempuh 13 ribu km lebih

Secara penggunaan, ban ini saya pakai dengan high speed (kecepatan tinggi) menempuh rute naik gunung turun gunung (lantai 2) Jogja-Gunungkidul setiap akhir pekan. Dengan kecepatan lurus kisaran 100-120 kpj, dan nikung 60-80 km ban ini masih stabil soal handlingnya.

Baca juga:  IRC Road Winner RX-02 lebih Ngegrip dan Awet daripada RX-01

Karena ban saya ini masih belum habis saya masih belum bisa katakan di km berapa ban ini minta diganti, namun saya punya teman yang pakai ban ini juga, banya bisa tahan di 17 ribu km lebih baru minta ganti (ban belakang).

Grip Ban di trek Kering

Untuk jalanan kering (dry) ban ini lumayan lengket aspal, untuk nikung cepat 80 km jaman di sudut yang lumayan. Gak ada sliding apapun di depan maupun belakang. Handling juga tetap stabil.

Untuk kecepatan tinggi juga ayo aja, lewat jalan konblok, jalan berampur kerikil juga ayo aja.

Kalau Grip IRC Road Winner di kondisi basah?

Untuk bagian depan, di kondisi hujan dan trek basah tentunya rasanya tidak ada masalah sejauh ini, oke oke aja.

Namun sayangnya, untuk bagian belakang ketika dipakai nikung dalam kondisi basah masih suka sliding. Ketika itu saya nikung kiri sekitar 70 km perjam-an dan ban belakangnya seperti pindah pijakan alias sliding dikit padahal kondisi sudah tidak hujan, tinggal sisa aspal basah. Dan kejadian slide ketika basah ini bukan saya alami sekali, tercatat sudah 2x ini.

Baca juga:  New CB150R Upgrade ban 140/70 pakai Aspira Premio Sportivo [FOTO]
Baca juga:  Ukuran Ban dan Velg Honda PCX150 serta Rekomendasi Untuk Upgrade

Ban IRC Road Winner dalam kondisi basah
Ban IRC Road Winner dalam kondisi basah

Rupanya ketika saya iseng-iseng buka forum diskusi di web maupun media sosial, ban Road Winner ini tidak sedikit bilang kalau pas hujan sering licin, berarti gak cuman saya yang alami ya!

Kesimpulan review ini masdab, untuk soal keawetan Road Winner ini sangat baik namun untuk grip ban belakang ketika hujan sedikit licin. Itulah yang saya alami ketika satu tahun menggunakan ban ini.

Tidak salah kalau IRC melakukan improvement melalui ban versi terbarunya, Road Winner RX-02 yang masdab bisa lihat artikelnya di IRC Road Winner RX-02 lebih Ngegrip dan Awet daripada RX-01. Itu saja masdab, kalau kalian punya pengalaman monggo sharing di komentar atau kirim email, mungkin bermanfaat juga untuk lainya yang pengen nyoba Road Winner, sekian. Salam gaspol!

Hendri Widananto
Tinggal di Yogyakara, penghobi motor sejak kecil, seorang Testrider, Reviewer dan penikmat balap MotoGP. Mulai aktif berbagi seputar motor pada tahun 2015 hingga kini.

Baca Juga

Ukuran Bearing / Kode Laher Sepeda Motor Honda mulai Roda, Kruk As dan Stut Kopling

BLOGOTIVE.COM - Bearing, Laher atau disebut juga Laker merupakan komponen untuk pergerakan poros sistem putar (linerar) yang sangat penting. Fungsi Laher juga...

5 Ban Motor Matic ring-14 Termurah dan Awet, Cocok untuk Musim Hujan!

BLOGOTIVE.COM - Rainy December, ya memasuki bulan Desember, iklim di Indonesia berganti menjadi musim hujan teman-teman pembaca setia semuanya! Jadi, jangan biarkan...

Tinggalkan Balasan

Tetap Terhubung

2,717FansSuka
1,505PengikutMengikuti
92,093PelangganBerlangganan

Terbaru

Pajak Innova Reborn 2016-2021 Bensin dan Diesel, Catat Sebelum Membeli!

BLOGOTIVE.COM - Siapa yang tidak tahu Toyota Kijang Innova, mobil MPV 7 seater yang sudah sejak lama menjadi favorit masyarakat Indonesia karena...

9 Pilihan Warna Honda BeAT 2021, Dibagi Dua Varian

BLOGOTIVE.COM - Untuk kamu yang pengen meminang Honda BeAT, tidak tanggung-tanggung ada 9 pilihan warna keren yang disediakan PT Astra Honda Motor...

Biaya Biro Jasa STNK Perpanjangan Tanpa KTP, Ini Tarifnya

BLOGOTIVE.COM - Perpajakan masih menjadi kendala bagi beberapa orang yang membeli kendaraan bekas atau second, jika hendak perpanjangan tahunan si pemilik STNK...

All New CB150R facelift 2021 Resmi Launching di Yogyakarta, Kedu dan Banyumas

BLOGOTIVE.COM - Astra Motor Yogyakarta selaku Main Dealer sepeda motor Honda wilayah DIY, Kedu, dan Banyumas secara resmi telah memperkenalkan motor sport...

Starting Grid MotoGP Perancis 2021, Quartararo Pole Position

BLOGOTIVE.COM - Starting Grid MotoGP Perancis 2021 di Sirkuit Le Mans menempatkan pembalap pabrikan Yamaha, Quartararo start dari posisi pertama, Fabio meraih...