Beranda Spareparts Otomotif Review Ban IRC Road Winner RX-01 dalam kondisi Basah dan Kering

Review Ban IRC Road Winner RX-01 dalam kondisi Basah dan Kering

0
BERBAGI
Review Ban IRC Road Winner RX-01
Ban IRC Road Winner RX-01 yang terpasang di Black Jack

Hello masdab, pada kesempatan kali ini BlogOtive akan mengajak masdab semua untuk melihat hasil Review saya mengenai Ban IRC Road Winner RX-01 untuk commuter alias riding harian, dalam kondisi basah maupun kering. Seperti apa hasil pengamatan saya? Yuk lanjutkan membaca

Sebelumnya, kita telisik dulu lebih banyak tentang ban ini yang kalau di Indonesia diproduksi oleh PT Gajah Tunggal. Sayangnya dalam technical spesifikasi di website IRC, tidak ditemukan compound Road Winner ini.. namun yang jelas ban ini diperuntukkan sebagai ban harian.

Yang pakai ban ini pasaran banget, karena dipakai pabrikan sebagai Original Equipment Manufacturer (OEM), Ban Road Winner ini mulanya dipakai Kawasaki sebagai ban OEM Ninja 250 Fi, kemudian eksis sampai sekarang juga mulai memakainya untuk motorsport 150 cc seperti Yamaha R15 dan juga Honda CBR150.

Roadwinner memiliki ciri khas paten atau grafis seperti huruf “S” yang menjalur dari kedua sisi terluarnya, dari segi tampilan ban ini bisa dikatakan cakep banget. Lalu bagaimana rasanya pakai ban ini?

Review Ban IRC Road Winner RX-01

Hal pertama yang akan BlogOtive katakan untuk ulasan ban ini adalah “Awet” , yup durablility ban ini bisa diacungi dua jempol.

Seberapa Awet IRC Road Winner untuk harian?

Saat ini saya pakai Road Winner dan masih lumayan tebal dipakai di 13 ribu kilometer, itu untuk yang belakang (RX-01R) kalau yang depan (RX-01F) jauh lebih tebal. Intinya masih belum ngajak ganti meski sudah masuk 13 ribu kilometer.

IRC Road Winner 13 ribu km penggunaan
Masih lumayan awet meski sudah menempuh 13 ribu km lebih

Secara penggunaan, ban ini saya pakai dengan high speed (kecepatan tinggi) menempuh rute naik gunung turun gunung (lantai 2) Jogja-Gunungkidul setiap akhir pekan. Dengan kecepatan lurus kisaran 100-120 kpj, dan nikung 60-80 km ban ini masih stabil soal handlingnya.

Karena ban saya ini masih belum habis saya masih belum bisa katakan di km berapa ban ini minta diganti, namun saya punya teman yang pakai ban ini juga, banya bisa tahan di 17 ribu km lebih baru minta ganti (ban belakang).

Grip Ban di trek Kering

Untuk jalanan kering (dry) ban ini lumayan lengket aspal, untuk nikung cepat 80 km jaman di sudut yang lumayan. Gak ada sliding apapun di depan maupun belakang. Handling juga tetap stabil.

Untuk kecepatan tinggi juga ayo aja, lewat jalan konblok, jalan berampur kerikil juga ayo aja.

Kalau Grip IRC Road Winner di kondisi basah?

Untuk bagian depan, di kondisi hujan dan trek basah tentunya rasanya tidak ada masalah sejauh ini, oke oke aja.

Namun sayangnya, untuk bagian belakang ketika dipakai nikung dalam kondisi basah masih suka sliding. Ketika itu saya nikung kiri sekitar 70 km perjam-an dan ban belakangnya seperti pindah pijakan alias sliding dikit padahal kondisi sudah tidak hujan, tinggal sisa aspal basah. Dan kejadian slide ketika basah ini bukan saya alami sekali, tercatat sudah 2x ini.

Ban IRC Road Winner dalam kondisi basah
Ban IRC Road Winner dalam kondisi basah

Rupanya ketika saya iseng-iseng buka forum diskusi di web maupun media sosial, ban Road Winner ini tidak sedikit bilang kalau pas hujan sering licin, berarti gak cuman saya yang alami ya!

Kesimpulan review ini masdab, untuk soal keawetan Road Winner ini sangat baik namun untuk grip ban belakang ketika hujan sedikit licin. Itulah yang saya alami ketika satu tahun menggunakan ban ini.

Tidak salah kalau IRC melakukan improvement melalui ban versi terbarunya, Road Winner RX-02 yang masdab bisa lihat artikelnya di IRC Road Winner RX-02 lebih Ngegrip dan Awet daripada RX-01. Itu saja masdab, kalau kalian punya pengalaman monggo sharing di komentar atau kirim email, mungkin bermanfaat juga untuk lainya yang pengen nyoba Road Winner, sekian. Salam gaspol!

BERBAGI
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!

Tinggalkan Balasan