Beranda Spareparts Otomotif IRC Road Winner RX-02 lebih Ngegrip dan Awet daripada RX-01

IRC Road Winner RX-02 lebih Ngegrip dan Awet daripada RX-01

0
BERBAGI
Ban IRC Roadwinner RX-02
Ban IRC Roadwinner RX-02 (sumber: Carview.co.jp)

Masdab, Produsen Ban IRC sudah memiliki satu lagi produk ban hasil pengembangan dari IRC Roadwinner-RX1, ya ini adalah Roadwinner-RX2 yang diperuntukan sebagai pemakaian harian, ban ini memiliki improvement yang lumayan daripada versi sebelumnya yang lebih punya Grip dan Lebih Awet.

Seperti kita ketahui bersama, kalau di Indonesia kebanyakan Pabrikan sepeda motor mempercayai IRC yang dinaungi PT Gajah Tunggal Tbk sebagai part OEM (Original Equipment Manufacturer) untuk ban motornya, sejak era Ninja 250 lama sampai terbaru pakai ban Roadwinner RX-1, sampai-sampai diikuti oleh ATPM lain seperti Honda dan Yamaha yang mempercayakan motorsportnya seperti CBR150R, Vixion dan New R15, hanya Suzuki dengan GSX-R150 nya yang pakai IRC Exato. Laris bener ya Roadwinner RX-1 ini?

Untuk pengembangan terbarunya ini sudah hasilkan produk baru bernama Roadwinner RX-02, IRC mengembangkan basis konsep yang sama dengan RX-01 hanya saja di-upgrade menjadi lebih baik lagi. Kalau kata IRC, untuk pandangan rider akan “Easy to Handle” alias Mudah ditangani.

IRC Road Winner RX-02 lebih Ngegrip dan Awet

IRC mengklaim bahwa Roadwinner RX-2 memiliki improvement yang lumayan besar, punya grip lebih baik dalam kondisi basah, dalam kondisi kering sampai 10% dan tingkat keawetanya (anti aus/anti-wear) meningkat menjadi 20%.

Berikut adalah foto komparasi antara Roadwinner RX-01 dan RX-02 yang sudah dibuat oleh IRC.

Perbandingan Performa IRC Roadwinner RX-02 dan RX-01
Perbandingan Performa IRC Roadwinner RX-02 dan RX-01 (IRC)

Bisa kita lihat masdab untuk grafik handling untuk kecepatan rendah (low speed) hampir sama, begitu juga untuk kecepatan tinggi dan handlingnya. Hanya saja untuk Grip dalam ban kondisi kering (Dry) perbedaanya signifikan 10%, apalagi untuk Grip Basah (Dry) lebih besar lagi bedanya, yang jelas lebih dari 10% (mungkin 20% improvementnya).. terus untuk keawetan naik juga 20%.

Fitur baru pada IRC Road Winner RX-02

Apa saja yang dilakukan IRC kok bisa punya performa lebih daripada RX-01? berikut fiturnya

  • Produksi barunya ini menggunakan compound technology (bahan) yang lebih baik untuk kondisi basah.
  • Ditambah lagi dengan performa anti-aus (anti-wear) yang lebih baik untuk menjaga keawetan.
  • Deain Patenya dibuat dengan desain berbeda, dibuat linear dari tengah ke pinggir untuk menciptakan handling yang netral dan ikut menyumbangkan performa grip lebih baik untuk basah dan kering.
  • Untuk ban depan (RX-02F) lebih fokus pada handling dan dibelakang (RX-02R) fokus untuk keseimbangan.

Ini perbedaan bentuk desain patenya

Perbedaan Ban IRC Roadwinner RX-1 dan Roadwinner RX-02
Ban IRC Roadwinner RX-1 dan Roadwinner RX-02

Banyak banget kan masdab perkembanganya, BlogOtive paling suka untuk improvement bagian Wet grip yang memang ban sebelumnya (RX-01R yang belakang) lumayan licin, kalau untuk keawetanya saya rasa sudah jempolan.. kalau lebih awet lagi yang RX-02 berarti super jempolan dong ya?

Last, itulah dia pembahasan kita tentang IRC Roadwinner RX-02, ban ini sudah diproduksi dan dijual oleh Inoue Rubber Co Ltd kalau di Indonesia sendiri saya belum tahu apakah sudah diproduksi atau belum oleh PT Gajah Tunggal, mungkin perlu cari tahu dulu.. Stay tune ya. Salam gaspol!

BERBAGI
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!

Tinggalkan sebuah balasan

Mohon ketikkan komentar
Mohon masukan nama kamu disini