Cara Mengetahui Kapan ban Di Produksi
Kapan nih ban diproduksi?

Cara Mengetahui Kode Produksi Ban Motor dan Mobil

Diposting pada

BLOGOTIVE.COMBan Memiliki kode produksi yang menginformasikan kapan Ban tersebut dibuat, tujuanya akar konsumen bisa melihat kelayakan ban tersebut karena ban akan berkurang kualitasnya apabila lama usianya.

Ban yang lama tidak dipakai atau usianya sudah lama baik terpasang ataupun tidak terpasang di velg akan mengeras dan kehilangan kelenturan.

Pada akhirnya ban tersebut bisa dikatakan kadaluarsa, meskipun tidak ada kode expirednya, BlogOtive sudah membahas ini di artikel ini: Ban Baru lama tidak dipakai jadi Keras, Ban itu bisa kadaluarsa bro! .

Maka penting nih masdab untuk kita mengetahui kode produksi ban sebelum membelinya atau memasang ban ke velg.

Nah, Kode Produksi bisa kita temukan di sisi ban dengan jumlah 4 digit angkaa masdab, sama saja antara motor dan mobil informasinya.

Hanya saja, untuk beberapa produsen ban mereka menambahkan huruf didepan 4 digit kode tersebut, huruf itu bisa diartikan periode pembuatan ban.

Langsung saja, berikut adalah cara untuk mengetahui kode produksi ban motor maupun mobil.

Cara Mengetahui Kode Produksi Ban, Kapan di produksi?

Silahkan putar-putar si karet bundar disisi kanan (kiri biasanya juga ada), temukan empat kode.. (4 digit angka) kode ini lebih kecil daripada kode ukuran ban. Seperti pada ban Aspira Premio Sportivo milik saya ini nih..

Ketahui Kode Produksi Pembuatan ban
Kode Produksi Pembuatan ban

Pada ban tersebut tertuliskan 0718.

Ada beberapa produsen yang menambahkan huruf didepan 4 digit angka, contohnya X2017 , tapi itu tidak masalah, ambil saja angkanya untuk ketahui kapan ban diproduksi.

Cara mengartikanya, dua digit angka bagian depan adalah menunjukkan informasi minggu/pekan dan dua digit setelahnya adalah tahun pembuatan.

Contoh

Jadi jika tertulis 0718 maka ban tersebut diproduksi pada Minggu ke-7 tahun 2018 atau pertengahan Februari 2018.

  • 07 = Minggu ke-7
  • 18 = Tahun 2018

Pada saat saya membeli dan memasang ban itu adalah tanggal 9 April 2018 maka bisa dihitung masih baru berusia 2 bulan, masih anget masdab!

Ciri-ciri ban masih baru secara kasat indra adalah rambut-rambutnya itu masih alot (ulet) tidak mudah patah jika di jewer-jewer, serta baunya kuat khas karet ban banget.

Jangan lupa baca juga info menarik lainya yang berkaitan dengan ini:

Nah sudah tahu kan Cara Membaca Kode Produksi ban untuk mengetahui kapan ban tersebut dibuat, semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua masdab.. jangan lupa share biar teman-teman juga tahu.. (Hendri)

Gambar Gravatar
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!