30.3 C
Yogyakarta
Jumat, Juli 23, 2021

Cara Mengetahui Kode Produksi Ban Motor dan Mobil

BLOGOTIVE.COMBan Memiliki kode produksi yang menginformasikan kapan Ban tersebut dibuat, tujuanya akar konsumen bisa melihat kelayakan ban tersebut karena ban akan berkurang kualitasnya apabila lama usianya.

Ban yang lama tidak dipakai atau usianya sudah lama baik terpasang ataupun tidak terpasang di velg akan mengeras dan kehilangan kelenturan.

Pada akhirnya ban tersebut bisa dikatakan kadaluarsa, meskipun tidak ada kode expirednya, BlogOtive sudah membahas ini di artikel ini: Ban Baru lama tidak dipakai jadi Keras, Ban itu bisa kadaluarsa bro! .

Maka penting nih masdab untuk kita mengetahui kode produksi ban sebelum membelinya atau memasang ban ke velg.

Baca juga:  5 Efek Buruk setelah Ganti Ban lebih besar daripada Ukuran standar

Nah, Kode Produksi bisa kita temukan di sisi ban dengan jumlah 4 digit angkaa masdab, sama saja antara motor dan mobil informasinya.

Hanya saja, untuk beberapa produsen ban mereka menambahkan huruf didepan 4 digit kode tersebut, huruf itu bisa diartikan periode pembuatan ban.

Langsung saja, berikut adalah cara untuk mengetahui kode produksi ban motor maupun mobil.

Cara Mengetahui Kode Produksi Ban, Kapan di produksi?

Silahkan putar-putar si karet bundar disisi kanan (kiri biasanya juga ada), temukan empat kode.. (4 digit angka) kode ini lebih kecil daripada kode ukuran ban. Seperti pada ban Aspira Premio Sportivo milik saya ini nih..

Baca juga:  Durability Test, Seberapa Awet IRC Road Winner RX-01F?

Ketahui Kode Produksi Pembuatan ban
Kode Produksi Pembuatan ban

Pada ban tersebut tertuliskan 0718.

Ada beberapa produsen yang menambahkan huruf didepan 4 digit angka, contohnya X2017 , tapi itu tidak masalah, ambil saja angkanya untuk ketahui kapan ban diproduksi.

Baca juga:  Ukuran Ban dan Velg Yamaha Aerox 155 serta Rekomendasi Upgrade

Cara mengartikanya, dua digit angka bagian depan adalah menunjukkan informasi minggu/pekan dan dua digit setelahnya adalah tahun pembuatan.

Contoh

Jadi jika tertulis 0718 maka ban tersebut diproduksi pada Minggu ke-7 tahun 2018 atau pertengahan Februari 2018.

  • 07 = Minggu ke-7
  • 18 = Tahun 2018

Pada saat saya membeli dan memasang ban itu adalah tanggal 9 April 2018 maka bisa dihitung masih baru berusia 2 bulan, masih anget masdab!

Ciri-ciri ban masih baru secara kasat indra adalah rambut-rambutnya itu masih alot (ulet) tidak mudah patah jika di jewer-jewer, serta baunya kuat khas karet ban banget.

Jangan lupa baca juga info menarik lainya yang berkaitan dengan ini:

Nah sudah tahu kan Cara Membaca Kode Produksi ban untuk mengetahui kapan ban tersebut dibuat, semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua masdab.. jangan lupa share biar teman-teman juga tahu.. (Hendri)

Baca juga:  5 Kelebihan Ban Tubeless daripada Ban Biasa (Tube Type)
-->
Hendri Widananto
Tinggal di Yogyakara, penghobi motor sejak kecil, seorang Testrider, Reviewer dan penikmat balap MotoGP. Mulai aktif berbagi seputar motor pada tahun 2015 hingga kini.

Baca Juga

Arti Kedipan Indikator Mesin Menyala Kuning (MIL) di Spidometer Motor Honda

BLOGOTIVE.COM - Saat ini semua sepeda motor Honda telah menggunakan sistem PGM-FI, dimana salah satu kelebihan dari sistem ini dapat mendiagnosa permasalahan...

Ngecas HP di Motor Tidak Membuat Aki Soak, Ini Penjelasanya

BLOGOTIVE.COM – Fitur pengisian daya / power charger menjadi salah satu fitur yang ditawarkan oleh sepeda motor tipe skutik keluaran terbaru seperti Honda BeAT,...

Tips Melewati Berbagai Kondisi Jalan Off-road Saat Terabas dari Yamaha Riding Academy (YRA)

BLOGOTIVE.COM - Berkendara di jalur off road memberikan pengalaman serta sensasi berbeda, apalagi dengan menggunakan WR 155 R motor sport adventure terbaik...

Tetap Terhubung

2,717FansSuka
1,505PengikutMengikuti
92,093PelangganBerlangganan

Terbaru

Pajak Innova Reborn 2016-2021 Bensin dan Diesel, Catat Sebelum Membeli!

BLOGOTIVE.COM - Siapa yang tidak tahu Toyota Kijang Innova, mobil MPV 7 seater yang sudah sejak lama menjadi favorit masyarakat Indonesia karena...

9 Pilihan Warna Honda BeAT 2021, Dibagi Dua Varian

BLOGOTIVE.COM - Untuk kamu yang pengen meminang Honda BeAT, tidak tanggung-tanggung ada 9 pilihan warna keren yang disediakan PT Astra Honda Motor...

Biaya Biro Jasa STNK Perpanjangan Tanpa KTP, Ini Tarifnya

BLOGOTIVE.COM - Perpajakan masih menjadi kendala bagi beberapa orang yang membeli kendaraan bekas atau second, jika hendak perpanjangan tahunan si pemilik STNK...

All New CB150R facelift 2021 Resmi Launching di Yogyakarta, Kedu dan Banyumas

BLOGOTIVE.COM - Astra Motor Yogyakarta selaku Main Dealer sepeda motor Honda wilayah DIY, Kedu, dan Banyumas secara resmi telah memperkenalkan motor sport...

Starting Grid MotoGP Perancis 2021, Quartararo Pole Position

BLOGOTIVE.COM - Starting Grid MotoGP Perancis 2021 di Sirkuit Le Mans menempatkan pembalap pabrikan Yamaha, Quartararo start dari posisi pertama, Fabio meraih...