24.8 C
Yogyakarta
Senin, Mei 20, 2024

Prediksi MotoGP Doha Qatar 2021, Ini Data dan Faktanya

BLOGOTIVE.COM – Prediksi MotoGP Doha 2021 membuka kans beberapa pembalap untuk memenangkan race, potensi kemenangan mereka juga diperkuat beberapa deretan data dan fakta.

MotoGP Doha yang merupakan seri kedua dijadwalkan akan berlangsung pada 4 April 2021, setelah kemarin seri Qatar dimenangkan oleh pembalap Yamaha, Maverick Vinales.

Kendati memasuki seri kedua, namun Sirkuit yang digunakan masih sama yakni Losail International Circuit di Kota Doha. Ini adalah kali pertama bagi Qatar menyuguhkan dua seri dalam satu musim sekaligus.

MotoGP Doha mungkin seperti “revans race” pertandingan yang diulang antara Yamaha dan Ducati, pertarungan dua pabrikan yang begitu dominan di trek Losail ini.

Data dan Fakta MotoGP Doha (Sirkuit Losail)

MotoGP Qatar 2021
MotoGP Qatar 2021 (Foto: Twitter / @motogp)
  • Menurut Statistik, Yamaha dan Ducati adalah penakluk Qatar

Karakter Sirkuit Losail nampaknaya sangat bersahabat untuk Yamaha dan Ducati, karena menurut statistik kedua motor ini adalah sang penguasa Qatar.

Baca juga:  Marquez ingin Minta Maaf pada Rossi, Tapi Uluran Jabat tanganya di tolak

Dalam lima race terakhir, keduanya selalu menangi Qatar bergantian dimana 3 kali untuk Yamaha sementara 2 untuk Ducati.

  • Vinales sudah Kemas 2 kali kemenangan dalam 5 musim terakhir

Maverick Vinales adalah pembalap yang paling bersinar di Qatar dalam lima musim terakhir.

Bahkan selama bersama Yamaha dalam 4 musim terakhir, Vinales sudah dua kali memenangi race. Artinya persentase kemenangan Vinales dalam race ini 50% dalam lima tahun terakhir.

Pembalap yang bisa menandingi Vinales hanyalah Andrea Dovizioso saat masih bersama Ducati yang juga sudah berhasil menjuarai 2 kemenangan dalam 5 race Losail, pembalap lainya adalah Jorge Lorenzo saat bersama Yamaha, sayangnya dua pembalap ini tidak lagi membalap di musim ini.

  • Sejumlah Rekor di Sirkuit Losail

Sirkuit Losail mencatatkan semua rekor baru di race pembuka tahun ini, Fastest Lap sirkuit ini dipegang oleh Maverick Vinales (Yamah) dengan raihan waktu 1 menit 54,6 detik.

Baca juga:  Ini Dadddy Rossi, Bocah yang viral karena Menirukan komentator MotoGP

Waktu Kualifikasi tercepat diraih Francesco Bagnaia (Ducati) dengan waktu 1 menit 52,7 detik dan Top Speed terbaik oleh Johann Zarco (Ducati) yang melesat bersama Desmosedicinya dengan kecepatan 362 km/jam.

  • Rossi adalah penakluk Qatar sepanjang masa

Pembalap tim Satelit Yamaha, Valentino Rossi dan Casey Stoner adalah pembalap yang paling banyak menang di Qatar sepanjang sejarah. Bersama Yamaha, Rossi telah kemas empat kali kemenangan, begitu pula dengan Stoner.

  • Francesco Bagnaia Rekor Tercepat di Qatar sepanjang masa

Pembalap Ducati, Francesco Bagnaia mencatatkan pembalap yang paling cepat sepanjang sejarah menaklukkan 1 lap Losail dengan waktu 1 menit 52,7 detik yang dia lakukan pada Kualifikasi MotoGP Qatar dengan kecepatan 171 km/jam.

Baca juga:  Hasil Tes Day 1 MotoGP Qatar: Lorenzo top 5, Marquez crash dua kali

Prediksi MotoGP Doha Qatar 2021

Francesco Bagnaia, Pembalap Ducati
Francesco Bagnaia, Pembalap Ducati yang juga punya kans untuk menang (Foto: Twitter / @PeccoBagnaia)

Menurut data dan fakta yang sudah dirangkum, Yamaha dan Ducati adalah tim yang paling berpotensi memenangkan MotoGP 2021 seri kedua di Sirkuit Losail Qatar.

Maverick Vinales dari tim pabrikan Yamaha, Valentino Rossi dari tim satelit Yamaha dan juga Francesco Bagnaia dari tim pabrikan Ducati adalah rider yang paling punya kans kemenangan menurut statistik yang telah mereka catatatkan.

MotoGP Doha kemungkinan akan kembali terjadi pertarungan sengit antara Yamaha dan Ducati, seperti revans race dimana pada race pertama dimenangkan oleh Yamaha. Apakah selanjutnya Ducati? we will see..

Itulah dia Prediksi MotoGP Doha 2021 berkaca pada statistik, tanpa tidak mengesampingkan pembalap dan tim lain tentunya apapun masih sangat mungkin terjadi kedepan, semua memiliki kans yang sama di masa depan.

Hendri Widananto
Hendri Widananto
Tinggal di Yogyakara, penghobi motor sejak kecil, seorang Testrider, Reviewer dan penikmat balap MotoGP. Mulai aktif berbagi seputar motor pada tahun 2015 hingga kini.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Tetap Terhubung

2,717FansSuka
1,505PengikutMengikuti
2,295PelangganBerlangganan

Terbaru