Regulasi tak menghalangi Tim Yamaha MotoGP untuk berinovasi memecahkan masalah soal larangan winglet dari FIM selaku induk organisasi balap motor internasional, Yamaha kemudian membuat winglet tersembunyi di bagian fairing Yamaha YZR-M1 2017.

Seperti diketahui masdab, penggunakan Winglet yang dipelopori oleh Ducati tahun lalu menuai kontra dimana dengan kehadiran alat aerodinamika  yang berfungsi untuk meminimalisir wheelie itu dianggap bisa mencederai pembalap yang bersenggolan dengan motor di area tersebut, maka kemudian regulasi baru keluar dan berlaku untuk musim ini, MotoGP 2017 dengan larangan penggunaan winglet.

Kemudian inovasi baru ternyata hadir dari Yamaha yang membuat alternatif dengan membuat winglet tersembunyi di bagian fairing M1, jadi alat tersebut mungkin tidak akan setajam jika diposisikan di luar fairing.. wah keren ya, nggak habis pikir pengembangnya.

Fairing pengganti Winglet
Fairing pengganti Winglet (pict: ridertua)

Bisa dilihat rongga membentuk layer sebagai pengganti winglet yang dilarang, posisinya di dalam fairing jadi lebih aman.

Winglet tersembunyi Yamaha M1 2017
Winglet tersembunyi Yamaha M1 2017 (pict: Bolanet)

Ternyata keterbatasan tidak mampu menghalangi manusia untuk menemukan cara baru, inovasi justru malah menjadi-jadi. Keren nih, kedepan mungkin bisa diikuti oleh Tim lain seperti Ducati yang bisa di bilang masih “mumet” akibat larangan ini. So ditunggu saja.

BAGIKAN
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Motolovers!

LEAVE A REPLY

Harap tulis sebuah komentar
Harap masukan nama kamu