29 C
Yogyakarta
Minggu, April 18, 2021

Perbedaan antara Satria FU 150 Injeksi dan Karburator

Apa sih Perbedaan antara All New Satria F150 (Injeksi) dengan Suzuki Satria lama yang masih Karburator. Kali ini BlogOtive akan mengupas tuntas perbedaan-nya pada artikel ini, ceck it out bro!

Suzuki Indomobil Sales (SIS) 2W membuat update baru Satria dengan teknologi Fuel Injection, pembakaran akan lebih teratur dan bahan bakar juga lebih irit daripada versi sebelumnya. Lebih dari 10 tahun Satria mengaspal di Indonesia dan telah menjadi suksesor PT SIS hingga saat ini, namun sekarang sudah lahir kompetitor-kompetitor baru, namun hal ini malah membuat Suzuki semakin berinovasi.

Banyak sekali perbedaan perubahan-perubahan yang dilakukan untuk Satria Injeksi ini, terutama di sektor dapur pacu yang bisa menghasilkan 18,2 tenaga kuda, ini diklaim menjadi power tertinggi di kelasnya.

Perbedaan Satria FU 150 Injeksi dan Karburator
Suzuki Satria Karbu dan Injeksi

Perbedaan Suzuki Satria Injeksi dengan Karburator

Performa Mesin
Mesin All New Satria ini di buat baru, meskipun kubikasi sama namun Suzuki merubah beberapa komponen untuk menghasilkan daya yang lebih, seperti perubahan pada trottle yang lebih besar. Satria Injeksi mampu mengeluarkan daya maksimum sebesar 18,2 HP atau 13,6 kW dalam 10.000 rpm sementara old-Satria hanya 16 HP dalam 9.500 rpm, begitu juga dengan torsi old Satria Karbu hanya 1,27 kgf.m sementara untuk Satria Injeksi naik menjadi 1,3 kgf.m.

Baca juga:  Kawasaki Ninja 150 2tak Stop Produksi, tidak lolos Euro 3

Pendingin mesin
Pendingin mesin Satria lama (Karbu) menggunakan Pendingin Udara (Air Cooled) sementara untuk Satria Injeksi sudah menggunakan pendingin Cairan (Liquid Cooled).

Baca juga:  Harga Cicilan Honda Vario 150 Exclusive OTR terbaru 2015

Penerangan
Lampu atau bagian Headlamp Satria Injeksi sudah menggunakan jenis Light Emiting Diode (LED), namun untuk bagian lampu sein tetap masih bohlam, sementara untuk Satria Karbu semua peneranganya masih menggunakan jenis Bulp atau Bohlam.

Speedometer
Spedo All New Satria F150 sudah mengusung Full Digital sementara untuk Old Karbu masih menggunakan perpaduan Digital-Analog. Spedo Satria terbaru juga memiliki indikator yang lengkap sepeti odometer, jam, trip A, B juga pergantian oli periodik.

Design Body
Bagian striping jelas berubah pada Satria Injeksi, begitu juga dengan sayapnya yang menggunakan model lebih lancip, sasis lebih ringan daripada versi Karbu dimana Satria FU Injeksi memiliki berat isi 105 kg, lebih ringan 1 kg daripada versi Karbu.

Baca juga:  All New Honda Super Sonic 150cc diproduksi di Indonesia

Knalpot & Footstep
Dibagian bawah juga ada perbedaan, knalpot All New Satria masih sama dengan Satria karbu Euro3, akan tetapi memiliki leher yang lebih lebar menjadi 31,8 mm (Satria karbu 25,4 mm).
Begitu juga dengan footstep, Satria karburator masihmenggunakan footstep tanam sementara untuk Satria Injeksi sudah berjenis Lipat dan juga ada pengukur kemiringan atau Bank Sensor.

Bagasi/Ruang Penyimpanan
Di bagian depan Satria Injeksi ada bagasi kecil yang bisa digunakan untuk menyimpan kanebo, toolkit atau handphone, untuk Satria karbu tidak ada.

Elektrik Starter
Starter Satria karbu masih menggunakan versi konvensional sementara Satria Injeksi sudah menggunakan jenis Suzuki Easy Start atau disebut juga One Push yang akan bekerja sampai mesih hidup (5 detik). (Info lebih detail: Mengenal Cara Kerja Suzuki Easy Start, One Easy Button).

Baca juga:  4 Warna baru Honda Sonic 150R Facelift 2016
Baca juga:  Perbedaan Yamaha Xabre 150 vs R15 semua aspek

Kunci Kontak
Satria karbu ada yang memiliki alrm, namun kunci masih sama. Nah, untuk Satria Injeksi memiliki kunci pengaman magnet (Shutter Key) canggih, dengan menekan tanpa memutar.

Design Spakbor
Spakbor old Satria masih yang seperti itu, untuk Satria Injeksi, design spakbor seperti bermodel gantung.

Nah, jadi itu beberapa perubahan antara Suzuki Satria F150 Injeksi dengan Satria FU lama alias karburator. Untuk Otivers yang ingin lebih jelas mengetahui specs-nya silahkan (lihat: Spesifikasi All New Suzuki Satria Injeksi). BlogOtive

Hendri Widananto
Tinggal di Yogyakara, penghobi motor sejak kecil, seorang Testrider, Reviewer dan penikmat balap MotoGP. Mulai aktif berbagi seputar motor pada tahun 2015 hingga kini.

Baca Juga

Suzuki DR150 dites, sebentar lagi Motor Adventure Dual Purpose dari Si Biru Muda lahir!!

BLOGOTIVE.COM - Masdab, motor yang disinyalir sebagai Suzuki DR150 sudah mulai menampakkan diri sedang di tes di jalanan umum, ini artinya Suzuki...

Haojue HJ150T Calon Matic Gambot Suzuki rival PCX dan NMax?

BLOGOTIVE.COM - Halo masdab dimanapun anda berada, beberapa waktu lalu muncul pemberitaan dari media otomotif China yang membeberkan bahwa mereka bakalan melahirkan...

Honda Blade di Stop Produksi, Discontinued!

BLOGOTIVE.COM - Kabar buruk datang dari sekmen bebek si sayap mengepak, Honda Blade kini sudah tidak diproduksi lagi oleh PT Astra Honda...

2 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan

Tetap Terhubung

2,717FansSuka
1,505PengikutMengikuti
92,093PelangganBerlangganan

Terbaru

Starting Grid MotoGP Portugal 2021, Quartararo Start Posisi Pertama

BLOGOTIVE.COM - Starting Grid MotoGP Portugal 2021 menempatkan pembalap Pabrikan Yamaha, Fabio Quartararo meraih Pole Position dengan laptime 1 menit 38,8 detik...

Jam Tayang MotoGP Portugal 2021 Minggu Malam di Trans7

BLOGOTIVE.COM - Jam Tayang MotoGP Portugal akan di siarkan secara Langsung di Trans7 malam nanti, 18 April 2021 mulai pukul 18:00 WIB...

Arti Kedipan Indikator Mesin Menyala Kuning (MIL) di Spidometer Motor Honda

BLOGOTIVE.COM - Saat ini semua sepeda motor Honda telah menggunakan sistem PGM-FI, dimana salah satu kelebihan dari sistem ini dapat mendiagnosa permasalahan...

Prediksi MotoGP Portugal 2021, Revans Yamaha-Ducati Part 3

BLOGOTIVE.COM - MotoGP Portugal 2021 diprediksi akan kembali memanas, Pembalap tuan rumah tim pabrikan KTM, Miguel Oliveira memiliki sejarah manis di Sirkuit...

Modifikator: Yamaha NMax 155 Motor yang Mudah di Modifikasi

BLOGOTIVE.COM - Berkembangluasnya modifikasi sepeda motor di Tanah Air juga marak pada kategori MAXI Yamaha. Ubahannya menjadi sebuah karya seni yang tidak...