Mekanik AHASS membongkar CVT Honda PCX
Mekanik AHASS membongkar CVT Honda PCX (pict by Didik NH)

Menghilangkan Suara “Gredek-gredek” di Honda PCX, Mekanik AHASS bongkar CVT di service pertama?

Diposting pada

BLOGOTIVE.COM – Honda PCX Lokal mengalami masalah sering timbul bunyi atau suara Gredek-gredek pada awal tarikan, untuk menghilangkan suara tersebut mekanik AHASS langsung bongkar CVT di service pertama.

Halo masdab dimanapun anda berada, khususnya owner PCX yang mungkin sedang membaca artikel ini.. saat awal-awal peluncuranya, beberapa pengguna PCX mengeluhkan suara gredek-gredek di tarikan awal yang bersumber dari sistem penyaluran tenaga (drive belt) atau CVT.

Sepertinya Honda menyadari hal ini dan langsung merespon cepat melalui jaringan bengkel resminya (AHASS) dengan langsung membongkar area CVT untuk dilakukan perbaikan ketika service pertama (1.000 km).

Mekanik AHASS bongkar CVT Honda PCX?

Ya, seperti yang diberitahukan bro Didik NH melalui postingan grup Honda PCX. Doi tidak menyangka ketika motornya ini dibongkar area CVT-nya oleh mekanik, padahal service pertama Didik menyangka hanya diganti oli saja serta beberapa pengecekan kecil seperti mur dan baut.

Hal serupa dialami oleh beberapa owner PCX lain yang sudah melakukan service pertama, salah satunya bro Ade Baruno Kurniawan yang memberitahukan melalui komentar, katanya pada bagian CVT dibuka dan dibersihkan, alhasil menurut testimoni beliau, suara gredek-gredek jadi hilang.

BlogOtive sendiri menduga kalau Honda menginstruksikan jaringan servicenya untuk melakukan perbaikan pada area CVT di service pertama, dugaan ini muncul karena beberapa kasus diatas seperti yang dialami bro Didik dan Ade, karena berdasarkan buku paduan Honda PCX yang saya baca, pengecekan CVT (drive belt) dilakukan pada service ketiga di 12.000 km bukan di service pertama di 1.000 km ketika motor dalam masa inreyen.

Kalaupun ini benar terjadi, upaya positif harus diapresiasi kepada Honda karena demikian termasuk bentuk pertanggung jawaban kepada konsumen. Tak bedanya dengan recall, menurut saya hal seperti ini wajar adanya dan bersifat umum dilakukan oleh pabrikan motor. Cuman yang harus menjadi catatan, kedepanya produsen lebih memperhatikan trial produk benar-benar oke sebelum benar-benar sampai ke tangan konsumen..

Motor yang awal-awal dikeluarkan memang kerap menjumpai masalah, contohnya dua tahun lalu Honda CB150R timbul suara klotok-klotok yang disebabkan pada tensioner-lifter yang pernya kurang tegang dan pada akhirnya disinyalir Honda langsung melakukan penyegaran part/komponen untuk produksi 2016, nah kalau kasus suara gredek-gredek di Honda PCX ini masih dikatakan ringan daripada kasus tensioner lifter.

Keluhan pelanggan yang direspons pabrikan dengan cepat juga bukan dilakukan Honda saja, tentu kita masih ingat kasus shock belakang keras milik Yamaha NMax saat awal-awal launching.. sekarang lihat apa yang terjadi, NMax terbaru pakai shock yang berkarakter lebih empuk plus ada tabung (subtank)-nya.. jadi disempurnakan lebih baik.

Last, untuk hal ini memang masih dugaan tapi banyak positifnya bagi kita semua dan yang penting tidak ada yang dirugikan makanya BlogOtive mencoba untuk share.. saya juga berusaha mencari keberadaanya dengan menghubungi rekan yang bekerja sebagai mekanik Honda, tapi sayangnya rekan masih belum di training soal PCX katanya jadi belum tahu karena motor ini masih tergolong baru. Nah.. Untuk masdab yang punya PCX dan punya masalah demikian, bawa saja ke AHASS, gratis kok Service pertama. (Hendri)

Gambar Gravatar
Tinggal di Yogyakara, penghobi motor sejak kecil, seorang Testrider, Reviewer dan penikmat balap MotoGP. Mulai aktif berbagi seputar motor pada tahun 2015, menulis lebih dari seribu kata setiap hari.. :)