Tensioner Lifter All New Honda CB150R
Tensioner Lifter All New Honda CB150R

Begini Bunyi Suara Klotok-klotok All New CB150R, Masalah yang sering muncul

Diposting pada

Masalah Honda CB150R atau All New CB150R, motor yang pertama kali lahir di tahun 2015 dengan mesin nearly-square ini sering mengelurkan suara klotok-klotok di area mesin, yaitu kalau diibaratkan paduan suara, terdapat suara yang tidak kompak.. ada satu suara yang kadang berlawanan, “kemluthuk”.

Masalah ini sudah pernah kita singgung di artikel Solusi atasi suara klotok-klotok CBR150R, CB150R dan Sonic dimana komponen yang tidak beres adalah part bernama Lifter Assy Tensioner (LAT) atau kita sebut saja Tensioner Lifter.

Tidak semua motor All New Honda CB150R mengalami masalah ini, hanya beberapa saja.

Paling banyak terjadi pada motor rakitan tahun 2015 ketika tidak jauh dari perilisanya, namun setelah itu katanya nih masdab, Honda seperti melakukan perbaikan pada komponen tersebut sehingga untuk produksi 2016 dan selanjutnya bisa dikatakan minim atau aman lah.

Wujud Tensioner

Tensioner Lifter CB150R
Tensioner Lifter CB150R

Harga Part ini Rp 305.000 (kode part: 14520KPPT01)

Sebagai pengguna saya juga cukup khawatir dengan masalah ini, bahkan sejak awal saya sudah mewanti-wanti bagian penjualan untuk melakukan re-check terlebih dahulu, kalau suaranya klotok-klotok mending balikin aja.. minta stock yang lain meskipun harus menunggu pasokan dari main-dealer, dan syukurnya sejak awal sampai menginjak 13.300-an kilometer motor saya tidak pernah menjumpai suara klotok-klotok.

Berdasarkan pernyataan beberapa owner yang mengalami masalah ini pada motornya, suara ini timbul di kisaran jarak tempuh yang berbeda-beda.. ada yang 12 ribu kilo terkena suara klotok-klotok, ada juga yang belum menginjak 10.000 sudah kena.

Seperti kasus yang dialami teman saya, dia juga owner All New CB150R namanya bro Danang, motornya bunyi suara klotok-klotok pas di 5.000-an kilometer, padahal motornya produksi tahun 2017 awal.

Saya tahu betul progres motornya, waktu masih baru saya juga yang melakukan pengecekan perihal suara ini dan normal, tapi setelah di 5ribuan kilo motornya mulai bersuara klotok-klotok, duh sayang banget.. berikut adalah suaranya

Suara Klotok-klotok di mesin All New CB150R

Masdab bisa mendengarkan suara “tuk klutuk klutuk” tersebut.. bunyinya keras banget.

Pada akhirnya saya menyarankan motor-nya ini untuk diklaim ke dealer untuk dilakukan perbaikan, biar mekanik AHASS yang memeriksanya.. apakah memang sama tensioner lifter-nya atau ada komponen lain.

Untuk masdab yang juga owner All New CB150R atau basic mesin yang sama dengan motor ini seperti CBR150R, Sonic dan Supra GTR silahkan dibawa saja motornya ke dealer ya.

BlogOtive tulis artikel ini supaya tahu seperti apa sih bunyi klotok-klotok yang sering bermasalah pada All New CB150R itu, mungkin ada dari teman-teman yang ingin ngecek juga suara pada motornya.

Gambar Gravatar
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!