Motor Listrik Honda, PCX 150 Elektrik
Honda PCX 150 Elektrik

Motor Listrik Honda akan hadir di 2019, Honda PCX Elektrik

Diposting pada

BLOGOTIVE.COM – Setelah hadirkan PCX Hybrid yang punya dua sistem pembakaran sekaligus, Honda disinyalir bakalan hadirkan motor baru dengan basis skutik bongsornya yakni Honda PCX.

Motor Listrik Honda PCX Elektrik ini sebenarnya sudah ada di Jepang namun belum dijual di Indonesia.

Kalau hadir di Indonesia, Honda PCX bakalan punya 3 line-up yakni PCX konvensional dengan BBM, PCX Hybrid dan PCX Elektrik ini.

Menurut Direktur Marketing PT Astra Honda Motor (AHM), saat ini Honda sedang mempelajari apakah sepeda listrik dapat diterima masyarakat Indonesia.

“Kami sedang mempelajari apakah Honda PCX Listrik sudah siap diterima konsumen Indonesia, kita lihat saja nanti,” ungkap Thomas Wijaya disebuah diskusi seprerti dikutip Otomotifnet.

PT AHM sepertinya masih mempelajari minat masyarakat Indonesia terhadap motor listrik, sebab ini mengerahkan sumber daya baru dari mulanya pembakaran bensin kemudian beralih ke listrik yang bisa diisi ulang (di-charge).

Namun kabar bagusnya, kata seroang informan Otomotifnet yang ogah tenar, mengatakan kalau tahun 2019 ini Honda PCX 150 Listrik bakalan di launching, namun untuk kapan itu sang informan masih belum tahu.

Honda PCX 150 Elektrik ini punya baterai Li-Ion yang bisa dilepas atau mereka menyebutnya Honda Mobile Power Pack.

Baterai Motor Listrik Honda, Honda Mobile Power Pack
Baterai Motor Listrik Honda, Honda Mobile Power Pack

Tenaga maksimal yang bisa dikeluarkan oleh motor listrik ini diklaim mencapai 4,2 kW (pada 5.500 rpm) atau setara 5,6 tenaga kuda, sedangkan torsinya 18 Nm pada 500 rpm.

Kalau dibandingkan dengan motor 110 cc bahan bakar minyak memang masih setengah tenaganya, tapi lumayan lah ya untuk sekelas motor listrik yang bisa di isi ulang.

Bro, bicara soal motor Listrik, beberapa produsen sudah menawarkan motor Listriknya di tanah air, beberapa motor yang sudah tidak asing lagi kita dengar adalah Sepeda motor karya anak bangsa bernama Gesits.

Motor Listrik Rakitan Garasindo Group ini rencananya juga akan digeber tahun 2019, Garasindo sendiri sudah percaya diri motor ini bakalan mampu bersaing di industri sepeda motor berdaya baterai.

Bukan cuma Gesits, Viar bahkan sudah memproduksi dan menjual motor listrik andalanya, Viar Q1 yang beberapa waktu lalu STNK-nya dianggap janggal. Maklum lah ya, regulasinya belum ada.

Pemerintah sendiri masih berupaya menyusun regulasi motor Listrik ini, kalau selesai pasti bakalan ramai lagi pabrikan yang akan menawarkan motor listriknya disini. (Baca selengkapnya di: Regulasi STNK Motor Listrik sedang dirumuskan Korlantas Polri, Harapan 2019 Selesai).

Motor Listrik memang menjadi kenadaraan masa depan bro, motor ini menawarkan alternatif lain penggunaan daya yang lebih hemat dan gas buang yang lebih bersahabat dengan lingkungan. Kita tunggu perkembangan selanjutnya.. (Hendri)

Gambar Gravatar
Tinggal di Yogyakara, penghobi motor sejak kecil, seorang Testrider, Reviewer dan penikmat balap MotoGP. Mulai aktif berbagi seputar motor pada tahun 2015, menulis lebih dari seribu kata setiap hari.. :)