Jorge Lorenzo tidak berprestasi di Ducati
Jorge Lorenzo tidak berprestasi di Ducati (sumber gambar: Twitter/ Forum Jorge Lorenzo)

Lorenzo pindah ke Suzuki di 2019? Ini 3 Kemungkinanya

Diposting pada

BLOGOTIVE.COM – Menurut beberapa rumor Jorge Lorenzo dikabarkan sedang dilirik oleh Suzuki untuk menggantikan Andrea Iannone di MotoGP 2019.

Prestasi Lorenzo di awal-awal musim 2018 semakin menaikkan issue ini dan ada kabar pula bahwa gaji Lorenzo akan di pangkas jika tidak berprestasi.

Maklum saja masdab, gaji Lorenzo di Ducati kabarnya adalah sebesar 15 juta Euro, jauh melebihi gaji Andrea Dovizioso, padahal prestasi Dovi lebih mentereng di Ducati sejauh ini.

Masalah penyesuaian memang menjadi kendala Lorenzo untuk menaklukkan Desmosedici yang punya konfigurasi mesin V4, berbeda dengan Yamaha M1 yang pakai konfigurasi inline, 9 tahun pakai M1 dan beralih pakai Desmo memang butuh penyesuaian.

Namun Lorenzo sudah melewati itu selama 1 musim di 2017, setidaknya cukuplah untuk seorang yang sudah mengantongi 3 kali juara dunia MotoGP untuk menyesuaikan motor.

Lorenzo keluar dari pit
Lorenzo keluar dari pit (sumber gambar: Twitter/Forum Jorge Lorenzo)

Kemungkinan Jorge Lorenzo pindah ke Suzuki di 2019

Awal musim ini, pembalap yang memiliki julukan Por Fuera dilanda masalah yang tidak ringan, sebab dari dua seri MotoGP 2018, Lorenzo hanya mengantongi 1 poin saja yang didapatkan di Argentina.

Kondisi ini jelas dimanfatkan oleh Suzuki untuk terus merayu Jorge berlabuh ke pabrikan asal Jepang, kebetulan Suzuki sedang gedeg sama pembalapnya, Andrea Iannone yang tak juga bersinar meski sudah semusim menaiki GSX-RR, sepertinya nasib Lorenzo dan Iannone sama deh.. soal penyesuaian

Iannone tak juga raih hasil maksimal, padahal terakhir di Argentina rekanya yang justru lebih muda, Alex Rins berhasil naik podium diposisi ke-2.. secara performa Suzuki GSX-RR telah meningkat dan tidak bisa diragukan musim ini.

Sementara itu untuk Lorenzo, jika ingin terus melanjutkan karir gemilanyanya, mau tidak mau harus meninggalkan Ducati di 2019 bila memang sudah mentok, gagal penyesuaian.

Berlabuh kembali ke Yamaha tidak ada pilihan, 2019 masih ada Rossi dan Vinales menghuni tim dengan status masih dalam kontrak, Suzuki adalah alternatif lain yang paling tepat.

Suzuki GSX-RR memiliki karakter mesin yang sama seperti Yamaha M1, setidaknya Lorenzo sudah familiar dengan karakter motor seperti itu, disisi lain Suzuki memang sudah mengincar Lorenzo untuk mengganti Iannone.

Masalah Lorenzo untuk tidak ke Ducati hanyalah soal gaji, Suzuki bukanlah tim balap yang punya banyak uang seperti Ducati, Yamaha atau Honda.

Saat mengikat Maverick Vinales supaya tidak pergi ke Yamaha, Suzuki menyiapkan 5 juta sampai 6 juta Euro namun pada akhirnya sang bintang penyabet Rookie of The Year saat itu pergi membela Yamaha.

Jorge Lorenzo harus memaklumi hal ini, kemungkinan gaji yang dia dapatkan tidak lebih dari gaji di Ducati namun jaminan prestasi setidaknya lebih mungkin daripada stay di Ducati dengan status “Pangkas gaji” pula.

Lorenzo mengendarai Desmosedici
Lorenzo mengendarai Desmosedici (sumber gambar: Twitter/Jorge Lorenzo)

Berikut adalah segala kemungkinan yang menyebabkan seorang Jorge Lorenzo pindah Suzuki di 2019.

  1. Jorge Lorenzo memiliki prestasi buruk sampai akhir musim 2018
  2. Gaji Lorenzo benar-benar dipangkas oleh Ducati di 2019
  3. Suzuki menawarkan penawaran spesial, termasuk gaji yang mungkin sedikit lebih banyak ketimbang tawaran gaji pengikat Vinales

Jika tiga hal tersebut maka tidak menutup kemungkinan seorang Jorge Lorenzo pindah ke Ducati di 2019 menemani Alex Rins. (Hendri)

Gambar Gravatar
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!