21.8 C
Yogyakarta
Minggu, Juli 21, 2024

Deratan Mobil LMPV dan LSUV Terbaik, Ini Daftar MPV Terlaris Awal 2023

MPV Merupakan mobil yang paling digemari di Indonesia, selain mobil keluarga yang bisa mengangkut semua anggota keluarga, sekmen mobil yang paling diminati lagi adalah sekmen Low MPV yang dimana harganya lebih terjangkau.

Maka dari itu BlogOtive memberikan teman-teman Deretan LMPV terbaik di awal tahun 2023 sebagai referensi untuk membeli, selain pilihan membeli tentu saja preferensi pilihan tergantung selera masing-masing sesuai kebutuhan dan fitur apa yang paling dicari karena tentu saja beberapa mobil dibawah ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Dan surprise, semua deretan mobil MPV berikut ini sudah berpenggerak depan semua. Yap, setelah Manufactur Astra Group Toyota-Daihatsu yang memutuskan menyuntik mati mobil RWD-nya beberapa tahun lalu dan menggantikanya dengan sasis baru, kini tidak ada lagi mobil berpenggerak belakang dalam sekman Low-MPV. Sementara di sekmen LSUV, Rush dan Terios menjadi satu satunya mobil yang masih menggunakan penggerak belakang.

Oke, mari kita mulai. eh tapi disklaimer dulu ya

  1. Terbaik yang dimaksud artikel ini adalah terkait penjualan / sales (wholesale), terbaik arti sesungguhnya tentu saja ialah yang paling sesuai dengan kebutuhan kita.. hehe
  2. Data dibawah dalam artikel ini adalah data wholesale yang artinya terdistribusi dari pabrik ke jaringan dealer
  3. Meski bukan data ke konsumen langsung, namun data wholesale ini bisa menggambarkan serapan pasar terhadap produk (demand)
Baca juga:  Battle of LSUV : Penjualan Rush, Xpander Cross, BRV, Terios dan XL7 di Februari

Daftar LMPV Terlaris 2023

All New Avanza

Avanza

Mengawali debut di akhir 2021, All New Toyota Avanza di awal tahun 2023 sudah terdistribusikan ke jaringan penjualan sebanyak 5.770 unit. Mobil titipan Toyota yang dirakit di pabrik Daihatsu ini berhasil meraih kembali best selling setelah tahun lalu di gembosi Xpander.

Avanza terbaru selain berpenggerak depan juga menggendong beberapa teknologi baru seperti Toyota Safety Sense (TSS) dan wireless charging, menurut saya mobil ini memang layak meraih penjualan banyak karena memang menurut BlogOtive memiliki fitur yang lengkap dan futuristik.

Varian paling larisnya dalah Avanza 1.5 tipe G dengan transmisi manual dan 1.3 E bertransmisi manual.

New Rush

New Rush LSUV Terbaik

Ketika di akhir tahun 2017 Toyota mengumumkan Low SUV generasi keduanya, New Rush memang menjadi lompatan signifikan daripada Rush lama, body-nya yang lebih besar, ground clearance lebih tinggi, ruang kabin yang lebih luas menjadikan mobil ini layak diduluki versi kecilnya Fortuner.

Eksistensi Rush bertumbuh perlahan dan hingga kini sudah 5 tahun berhasil mencatatkan penjualan yang fantastis, New Rush bulan ini tembus 5.140 unit dan bahkan menurut BlogOtive kehadiran Rush menggeser selera pasar ke Low-SUV dari LMPV. Lihat saja di MPV Toyota tahun ini seperti tidak bisa dibedakan karena MPV-nya tampil ke crossover’an, seperti contohnya Innova Zenix dengan lampu belakang yang sangat mirip Rush.

Baca juga:  [Foto] Bocoran All New Avanza Veloz Hitam tipe Q 2022 Interior-Exterior, Fitur Naik Kelas

Produk paling larisnya adalah varian Sportnya, New Rush 1.5 GR Sport transmisi manual dam 1.5 GR Sport bertansmisi AT.

All New Veloz

New Veloz

Kedua adalah versi crossover dari Avanza, New Veloz yang punya penjualan sebanyak 2.555 unit di bulan Januari 2023. Veloz merupakan versi mewah dari Avanza yang kini menggunakan branding sendiri tanpa embel-embel Avanza, dan memang mobil ini diproduksi di plant milik Toyota bukan Daihatsu lagi.

All New Veloz memiliki satu varian mesin 1.5 Liter dan varian tertingginya sudah mengadopsi fitur keselamatan Toyota Safety Sense, ukuran layar dashboard 7 inch dan wireless charging.

Varian terlarisnya adalah tipe Veloz 1.5 Q dengan transmisi CVT.

Mitsubishi Xpander

Semenjak diakuisisi Nissan sebagian besar sahamnya, Mitsubishi kini memiliki inovasi yang bikin pabrikan lain ketar ketir, terbukti dengan Xpander yang sangat kompetitif dan bahkan sempat bisa mematahkan bahkan bisa menggeser dominasi Avanza. Terbukti di tahun 2023 awal Xpander berhasil terdistribusikan sebanyak 2.412 unit.

Debut Xpander di 2017 dengan desain-nya yang gagah dan sekarang diikuti rival-rivalnya yang menurut saya menjadi daya tarik dari mobil ini, selain itu Xpander juga dikenal memiliki kenyamanan dan kestabilan yang baik. Ini tak lain tak bukan berkat teknologi suspensinya yang mengadopsi punya sedan sport Mitsubishi Lancer X.

Baca juga:  Alasan Mengapa Toyota Avanza Sangat Cocok untuk Jadi Mobil Keluarga

Hingga tahun ini Xpander masih menggunakan base desain lamanya namun di permak seiring berjalan waktu menjadi lebih kekinian. Produk terlarisnya Xpander tipe Ultimate dengan transmisi CVT.

Hyundai Stargazer

Hyundai Stargazer

Setelah membanun pabrik di tanah air, pabrikan Korea yang satu ini juga menjadi ancaman berat para manufacurer Jepang, bahkan brandingnya menurut BlogOtive tedengar lebih menjual daripada brand China seperti Wuling atau DFSK. Dan Hyundai Stargazer mengejutkan saya ketika mobil ini terjual sebanyak 2.374 dan menjadi top 5 mobil terlaris bulan Januari.

Desain yang unik menjadi daya tarik orang untuk membeli Stargazer ini, lampu LED berpadu dengan velg 16 inchinya membuat mobil ini terlihat garang. Fitur yang banyak dan juga piranti keselamatan 6 airbag juga membikin orang berhenti untuk melirik brand lain.

Peoduk terlarisnya yakni Stargazer Prome 6 seater bertransmisi IVT dan Prome 6 seater two tone IVT.

Top 11 LMPV / LSUV Januari 2023 (wholesales)

  1. All New Avanza : 5.770 unit
  2. New Rush : 5.140 unit
  3. All New Veloz : 2.555 unit
  4. Xpander : 2.412 unit
  5. Hyundai Stargazer : 2.374 unit
  6. Xpander Cross : 2.164 unit
  7. Honda BR-V : 1.727 unit
  8. All New Xenia : 1.341 unit
  9. All New Terios : 1.338 unit
  10. Suzuki Ertiga : 1.095 unit
  11. Suzuki XL-7 : 1.060 unit

Statistik Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAKINDO).

Hendri Widananto
Hendri Widananto
Tinggal di Yogyakara, penghobi motor sejak kecil, seorang Testrider, Reviewer dan penikmat balap MotoGP. Mulai aktif berbagi seputar motor pada tahun 2015 hingga kini.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Tetap Terhubung

2,717FansSuka
1,505PengikutMengikuti
2,295PelangganBerlangganan

Terbaru