Pemerintah mengeluarkan kebijakan baru untuk biaya pengurusan kendaraan bermotor baik roda dua, tiga, empat atau lebih melalui Perauran Pemerintah (PP) No. 60 Tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak di Lingkungan Polri sebagai pengganti PP No. 50 tahun 2010. Realisasi aturan ini belaku mulai tanggal 6 Januari 2017.

Aturan ini membuat Tarif baru Biaya Pengurusan STNK, BPKB, Mutasi dan TNKB menjadi naik dua kali-lipat hingga tiga kali lipat daripada tarif sebelumnya dan bahkan pengesahan STNK yang dulunya Gratis, sekarang harus membayar Rp 25 ribu untuk kendaraan roda dua atau Sepeda Motor. Kenaikan Tarif ini tentunya untuk peningkatan infrastruktur utama dalam Road Safety dan meningkatkan penerimaan negara, ya bukan masalah sih ya kalau untuk upgrade kualitas dan infrastruktur, pengurusan lebih cepat dll, asal jangan disalahgunakan itu aja.. ya enggak dab?.

Dengan alasan juga meningkatnya daya beli Masyarakat terhadap kendaraan bermotor sih, BlogOtive tidak mempermasalahkan hal itu.. toh aturanya juga sejak 6 tahun silam, sekarang daya beli meningkat dan yang terjadi kebanyakan orang beli motor yang rata-rata harganya Rp 15 juta saja mampu, untuk mengurus surat-suratnya pasti juga lebih mampu lagi. Berikut adalah Tarif barunya

Biaya Pengurusan STNK dan BPKB Tarif baru 2017

Penerbitan STNK *baru/perpanjangan

  • Roda 2/3: Rp 100.000
  • Roda 4/lebih: Rp 200.000

Pengesahan STNK

  • Roda 2: Rp 25.000
  • Roda 4: Rp 50.000

Penerbitan STCK (Surat Coba Kendaraan)

  • Roda 2: Rp 25.000
  • Roda 4: Rp 50.000

Penerbitan Plat Nomor

  • Roda 2: Rp 60.000
  • Roda 4: Rp 100.000

Penerbitan BPKB *ganti/baru

  • Roda 2: Rp 225.000
  • Roda 4: Rp 375.000

Untuk biaya Pengurusan yang lain yang lebih lengkap bisa lihat Infografik resmi dibawah ini.

Biaya Pengurusan STNK dan BPKB Tarif baru 2017
Infografis resmi Biaya Pengurusan STNK dan BPKB Tarif baru 2017

Nah masdab, Dampak kenaikan ini selain lebih mahal kita dalam pengurusan perpanjangan STNK juga membuat harga motor On The Road (OTR) juga akan ikut-ikutan naik. Paling enggak untuk mengurus Off-road saja dengan tarif baru kita mengeluarkan uang sebesar Rp 125 ribu dari yang mulanya Rp 50 ribu saja untuk biaya Penerbitan dan Pengesahan STNK, belum untuk BPKB dan Plat Nomor. Total bisa jadi Rp 175 ribu (non-pajak) untuk motor baru, lebih mahal Rp 95 ribu.

Akhir sebagai penutup, itulah dia Daftar Biaya Pengurusan STNK dan BPKB Tarif terbaru 2017. Harapan kita semoga meski tarif naik, pelayanan juga harus naik termasuk semakin cepat dalam proses pembuatan STNK dan jangan biarkan pungli merajalela seperti dulu. Jadi naik juga kualitas pelayananya!

BAGIKAN
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!

15 KOMENTAR

    • tinggal di jumlahkan saja bro Biaya Mutasi ke Luar daerah dan yang lain-lain.. mungkin estimasi Rp700 ribuan untuk roda dua.. mungkin tapi ya, lebih baik coba dijumlahkan saja sesuai infographic tarif baru.

    • kalau beli motor baru mau didaftarkan sendiri bisa beli off the road, kalau on the road didaftarkan dealer.. kalau kisaran harganya, off the road yang jelas kalau dikalkulasi total lebih murah daripada beli harga on the road (otr) karena harga otr biasanya buat bayar biro jasa dll.

  1. pa kalo bikin STNK baru lagi brapa ya
    stnk hilang karena kecopetan
    terus stnk nya telat 1 thn..
    kira2 brapa ya pa

    mohon balas ya pa

    • tinggal itung aja
      pembuatan stbk (pembuatan baru + pengesahan)
      bayar pajak (relatif tergantung motornya apa)
      denda telat bayar pajak

LEAVE A REPLY

Harap tulis sebuah komentar
Harap masukan nama kamu