22.1 C
Yogyakarta
Minggu, Mei 9, 2021

Cara Menghitung Pajak Motor Tahunan dan Ganti Plat, Ini Biaya yang perlu disiapkan!

BLOGOTIVE.COM – Jika sebelumnya kita membahas tentang Cara Menghitung Pajak Motor dengan hanya melihat STNK dengan pembahasan lengkap, saat ini saya ingin mengajak teman-teman semua untuk menghitung pajak lebih ringkas.

Pada artikel BlogOtive sebelumnya itu kita sudah membahas lengkap bagaimana cara menghitung pajak motor mulai dari mekanisme pajak, pajak progresif sampai rumus mencari NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor), untuk kesempatan kali ini kita akan membahasnya lebih spesifik.

Untuk teman-teman yang hendak membayar pajak ke samsat dan ingin mengetahui estimasi biayanya, informasi ini mungkin sedikit berguna. Yuk langsung saja.

STNK Pajak Sepeda Motor
STNK. Catatan Pajak Sepeda Motor

Cara Menghitung Pajak Motor

Seperti diketahui, sebagai pemilik kendaraan kita diwajibkan untuk membayar pajak setiap tahun dan memperbarui plat nomor (TNKB) setiap lima tahun sekali atau istilah ganti plat.

Baca juga:  Perpanjang STNK 5 Tahunan Plat AB bisa dilakukan di Samsat se-DIY

Pada dasarnya, untuk menghitung Pajak Kendaraan bermotor kita hanyalah berpatok pada PKB yang masuk pendapatan daerah, kemudian ditambah biaya lain-lain seperti Administrasi STNK (pengesahan) dan asuransi Jasa Raharja (SWDKLLJ).

Nah, sedangkan jika memperpanjang TNKB (plat nomor) 5 tahun sekali maka kita tidak hanya membayar pajak dan asuransi saja, namun kita juga membayar biaya administrasi penerbitan STNK dan TNKB baru.

Menghitung Pajak Tahunan

Untuk menghitung pajak tahunan, maka siapkan STNK kamu pada lembar Surat Ketetapan Pajak Daerah (SKPD) dan lihat kolom PKB. Selain di STNK kamu juga bisa Cek Pajak Motor Online via Website.

Baca juga:  STNK Motor Mati lebih dari 2 Tahun Telat, Awas Di Hapus!

Jumlahkan nominal pada kolom PKB (lihat STNK) + SW Jasa Raharja (Rp 35.000) + Biaya Administrasi STNK (Rp 25.000) lalu jumlahkan sendiri karena setiap motor memiliki pajak yang berbeda-beda.

Baca juga:  SAMSAT Desa, Pertama di Yogyakarta dan tersedia di Seluruh Indonesia

Contoh, catatan pajak pertama motor saya:

PKB (271.500 di STNK) + SW JR (35.000) + Adm. STNK (25.000) = Rp 331.500 , maka pajak yang harus saya bayarkan di samsat nanti adalah Rp 331,5 ribu.

Contoh Hitungan Pajak Tahunan Sepeda Motor
Contoh Hitungan Pajak Tahunan Sepeda Motor

Atau simpelnya, lihat kolom Jumlah pada SKPD. Tapi, khusus untuk motor baru yang baru pertama kali membayar pajak, bisa menghitung manual seperti contoh diatas.

Menghitung Pajak 5 Tahunan Ganti Plat

Untuk menghitung pajak lima tahunan sedikit berbeda, karena ada perbedaan biaya Administrasi STNK dan tambahan Biaya Administrasi TNKB (plat nomor baru).

Jumlahkan nominal PKB (lihat STNK) + SW Jasa Raharja (Rp 35.000) + Biaya Administrasi STNK (Rp 100.000) + Biaya Administrasi TNKB (Rp 60.000).

Contoh, pajak lima tahunan untuk motor saya.

PKB (271.500 di STNK) + SW JR (35.000) + Adm. STNK (100.000) + Adm. TNKB (60.000) = Rp 466.500 , jadi total pajak yang harus saya bayar ketika ganti plat nanti Rp 466,5 ribu.

Baca juga:  Cara Menghitung Pajak Motor hanya dengan melihat STNK

Silahkan teman-teman ganti biaya PKB dengan tarif PKB motormu dan tinggal jumlahkan saja.

Hitung-hitungan dan tarif diatas sesuai dengan tatif yang berlaku saat ini yakni Peraturan Pemerintah (PP) No. 60 Tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak di Lingkungan Polri sebagai pengganti PP No. 50 tahun 2010. (Baca selengkapnya : Biaya Pengurusan STNK dan BPKB tarif baru)

Oh, iya sebelumnya kita juga sudah membahas tentang Cara Menghitung Denda Pajak Motor, silahkan di klik untuk membaca selengkapnya.

Baca juga:  Perpanjang STNK 5 Tahunan Plat AB bisa dilakukan di Samsat se-DIY

Itulah dia Cara Menghitung Pajak Motor tahunan dan lima tahunan atau Ganti Plat Nomor. Kalau ada yang perlu ditanyakan silahkan tulis komentarmu atau hubungi sosmed BlogOtive. (Hendri)

Hendri Widananto
Tinggal di Yogyakara, penghobi motor sejak kecil, seorang Testrider, Reviewer dan penikmat balap MotoGP. Mulai aktif berbagi seputar motor pada tahun 2015 hingga kini.

Baca Juga

Arti Kedipan Indikator Mesin Menyala Kuning (MIL) di Spidometer Motor Honda

BLOGOTIVE.COM - Saat ini semua sepeda motor Honda telah menggunakan sistem PGM-FI, dimana salah satu kelebihan dari sistem ini dapat mendiagnosa permasalahan...

Ngecas HP di Motor Tidak Membuat Aki Soak, Ini Penjelasanya

BLOGOTIVE.COM – Fitur pengisian daya / power charger menjadi salah satu fitur yang ditawarkan oleh sepeda motor tipe skutik keluaran terbaru seperti Honda BeAT,...

Wajib Uji Emisi Kendaraan Bermotor Termasuk Roda Dua, Yamaha Beri Dukungan

BLOGOTIVE.COM - Dinas lingkungan hidup DKI Jakarta saat ini tengah menjalankan sosialisasi program wajib uji emisi untuk sepeda motor.  Dalam mendukung program tersebut,...

Tetap Terhubung

2,717FansSuka
1,505PengikutMengikuti
92,093PelangganBerlangganan

Terbaru

7 Fitur Baru All New CB150R Facelift, Suspensi Berubah!

BLOGOTIVE.COM - All New Honda CB150R sudah update facelif lagi bro, pertama kali motor ini mengaspal dengan mesin baru pada 2015 kemudian...

All New Honda CB150R facelift 2021 resmi di Launching

All New Honda CB150R Streetfire facelift 2021 resmi diluncurkan PT Astra Honda Motor (AHM) pada hari ini, Rabu (05/05/2021) melalui virtual press...

24 Nama Pembalap MotoGP 2021 beserta Foto Motornya

BLOGOTIVE.COM - Ada 24 Nama Pembalap MotoGP 2021 yang akan mulai bertarung untuk berkompetisi di musim ini, banyak jebolan dari Moto2 sedang...

Starting Grid MotoGP Jerez 2021, Quartararo Pole Position

BLOGOTIVE.COM - Posisi Start pertama MotoGP Jerez 2021 menempatkan pembalap Pabrikan Yamaha, Fabio Quartararo berhasil meraih Pole Position dengan catatan waktu 1...

Prediksi MotoGP Jerez 2021, Yamaha vs Marquez

BLOGOTIVE.COM - Prediksi MotoGP Jerez 2021 kembali menguntungkan Yamaha yang memiliki track record sangat baik di Andalusia, Spanyol. Selain itu, kembalinya Marquez...