22.6 C
Yogyakarta
Jumat, Juli 19, 2024

Intip yang baru dari Honda Vario 160 New 2022, Rilis Sebentar Lagi?

Beberapa yang baru dari Honda Vario 160 generasi baru, Kapan akan rilis? disinyalir akan launching sebentar lagi di awal tahun 2022. Disclaimer: artikel ini bersifat rumor, yang masih perlu dikonfirmasi kebenaranya.

BLOGOTIVE.COM – Honda punya mesin baru dengan kubikasi 160 cc yang lebih superior, tentu saja sayang kalau mesin 4 klep yang sudah di cangkokkan pada PCX dengan tenaga tembus 16 PS ini tidak dipakai juga buat Vario.

Kalau Vario 150 upgrade mesin menjadi 160 cc berarti kemungkinan nantinya Yamaha Aerox bukan lagi matic dikelas ini yang punya power to weight ratio terbaik.

Vario 160 digadang-gadang bakalan menjadi generasi skutik kencang Honda berikutnya, di artikel ini BlogOtive bakalan mengajak teman-teman semuanya mengintip apa saja yang baru dari motor ini. jreng.. jreng..

Vario 160 New 2022

Menurut kabar “burung”, Vario berkubikasi 156,9 cc ini beberapa vendor partnya sudah di stock di pabrik Honda untuk dilakukan produksi massal, untuk rentang waktu rilisnya kalau tidak akhir Januari bisa jadi awal Februari 2022. Kalau waktu dekat ini apakah AHM mau matahin pemberitaan Yamaha Fazzio 125 yang sedang hype banget ini? hehe

Baca juga:  11 Perbedaan New Vario 150 terbaru dengan Vario lama, Apa saja bedanya?

Yang baru dari Honda Vario 160

  • Revisi Desain, menjadi lebih sporty

Poin pertama adalah, Honda bakalan membuat Vario 160 ini memiliki desain yang lebih atraktif dan sporty, lebih gambot dan mewah daripada versi sebelumnya.

Revisi yang paling ketara adalah pada bagian winger dan juga lampu depan. Lampu depan bakalan pakai DLR (Daytime Running Light) dengan sein yang dirubah dari atas ke bawah headlamp menjadi seperti Aerox.

Headlamp Honda Vario 160 MY 2022

Foto ini BlogOtive dari situs Vietnam bernama Motosaigon, disana kebetulan Vario itu namanya Click.

  • Ganti Sasis e-SAF

enhanced Smart Architecture Frame merupakan konstruksi sasis baru Honda yang terdiri dari berlapis-lapis plat yang tersusun untuk membentuk sebuah rangka. Tujuanya untuk menciptakan bobot motor menjadi lebih ringan dan lebih stabil, bobotnya bisa reduksi hingga 8%.

Baca juga:  All New Vario 160 dengan 4 Katup, Kapan Rilis?
Frame eSAF Honda Genio

Sasis jenis ini sudah diterapkan di Honda BeAT dan Genio dan next Vario disinyalir juga bakalan menggunakan sasis ini.

  • Mesin baru 160 cc 4 klep

Mesin Honda Vario 160 kemungkinan besar akan menggunakan mesin yang juga dipakai Honda PCX160, kalau berpaku pada PCX, tenaga yang mampu dihasilkan sebesar 11,8 kW (berselisih 2,1 kW daripada engine lamanya) pada 8.500 rpm dan torsi maksimal sebesar 14,7 Nm pada 6.500 (berselisih 1,3 Nm daripada engine lamanya).

Mesin baru Honda Vario 160 cc

Meski pakai mesin sama tapi biasanya Honda bakalan me remmaping ECU untuk menyesuaikan bobot dan karakter masing-masing motor.

Jika dibandingkan dengan kompetitor, diketahui Yamaha Aerox punya tenaga sebesar 11,3 kW pada 8.000 rpm dan torsi maksimum sebesar 13.9 Nm pada 6.500 rpm. Perbedaan kubikasi 0,5 cc lebih besar membuat peluang next Vario 160 punya mesin yang lebih menjanjikan.

  • Fitur baru: Power Socket Charger

Power charger menjadi piranti wajib motor matic saat ini dan Honda Vario yang sekarang belum punya itu, makanya dengan body Vario 160 yang kelihatanya membengkak di bagian sayap.. BlogOtive berspekulasi, sepertinya ini dibuat untuk membuat sebuah console box yang bisa muat HP dan sistem pengecasan-nya.

Baca juga:  Ukuran Ban dan Velg Honda Vario 110, 125 dan 150 serta Rekomendasi Upgrade
Winger Vario 160 Power Socket
  • Upgrade Ban, Tapak lebih Lebar

Ban Depan disinyalir bakalan naik setingkat menjadi lebar 110/80 atau 110/70, sedangkan untuk ukuran ban belakangnya naik signifikan menjadi 120/80 (dulu 100/80). Dengan tapak ban lebar ini positifnya membuat motor lebih stabil di kecepatan tinggi.

Bentuk Body belakang Vario 160

Well.. Gimana dengan pembaruan-pembaruan diatas teman-teman, apakah sudah cukup puas? Desain baru sporty, Mesin baru lebih bertenaga, ban gambot lebih anteng dipakai ngebut serta fitur tambah lengkap.

Kalau menurut saya, dengan upgrade mesin ini menjadi sebuah perubahan positif untuk Vario, karena memang motor ini punya botot yang lumayan berat.. dengan mesin yang sekarang, rasa-rasanya masih harus meraung lebih lantang untuk bisa ngacir di jalanan. Kita tunggu kabar validnya di launchingnya nanti.. salam..

Hendri Widananto
Hendri Widananto
Tinggal di Yogyakara, penghobi motor sejak kecil, seorang Testrider, Reviewer dan penikmat balap MotoGP. Mulai aktif berbagi seputar motor pada tahun 2015 hingga kini.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Tetap Terhubung

2,717FansSuka
1,505PengikutMengikuti
2,295PelangganBerlangganan

Terbaru