Spesifikasi Yamaha Vixion Advance

Diposting pada

Yamaha Vixion Advance datang memberikan pembaruan segar bagi pengguna V-ixion, setelah versi sebelumnya meledak di pasaran (NVL/Vixion Lightning) kini si garpu tala Indonesia menghadirkan lagi nekedbike andalanya.

Pembaruan yang dilakukan Vixion memang tidaklah begitu besar bro, namun sangat berbeda sekali apabila di amati lebih detail, nah di artikel ini BlogOtive akan menyajikan Spesifikasi motor ini mulai dari mesin, design dan thethek mbengeknya.

Di Indonesia, Vixion Advance sudah datang pesaing baru yakni All New Honda CB150R StreetFire yang diluncurkan 5 agustus lalu, apakah selanjutnya dominasi si-V akan terhenti kita akan lihat perkembanganya dan apakah Yamaha juga sudah menyiapkan model baru, eits.. jangan kemana-mana dulu, mari intip dulu yang satu ini.

Spesifikasi Yamaha Vixion Advance

Yamaha Vixion Advance
Yamaha Vixion Advance livery MotoGP.

Dimensi & Design
Dari segi dimensi, Vixion Advance ini mendapatkan pembaruan di ban yang lebih gembot, otomatis akan menambah ketinggian motor ini yakni 1.030 mm, dengan lebar yang juga cukup tebal yakni 720 mm dan panjangnya mencapai 1.925 mm. Sementara itu untuk tinggi tempat duduk adalah 790 mm, cukup tinggi !

Bicara lagi soal tinggi, dari isi tanki Vixion Advance yang menjulang itu muat hingga 12 Liter, jadi cukup longgar untuk penyimpanan bahan bakar dan terakhir untuk berat Vixion Advance sendiri mencapai 131 kg (berat isi).

Jika kita tengok ke bagian design, si Advance sudah terlihat tampan apalagi new headlamp dengan model berbentu “V”nya yang seakan mencerminkan sebuah identitas. dibagian mesin bagian bawah juga dilengkapi undercowl, yakin berasa isi banget motor ini.

Mesin & Performa
Selanjutnya kita akan mengulas tentang sektor dapur pacu Yamaha Vixion Advance, seperti kebiasaan Yamaha, kelas 150cc masih menggunakan Camshalft single (SOHC) dan tetap mempertahankan 5-speed percepatan, namun tetap saja performa yang dihasilkan tidak kalah dengan mesin DOHC.

Dengan kubikasi mesin 149,7 cc, New Vixion Advance mampu menghasilkan performa mesin yang powerfull. lihat saja, diatas kertas Vixion baru ini mampu menghasilkan Daya maksimal 12,2 kilowatt atau sebesar 16,59 Tenaga kuda dalam putaran 8.500 rpm, sementara itu Maximum Torque yang dihasilkan adalah 14,5 Newton-meter didalam putaran 7.500 rpm.

Dengan spesifikasi mesin seperti ini, umumnya Vixion Advance berkarakter lincah dan bertenaga.
Oke, dan soal pendingin mesin, Vixion sudah mengadopsi Liquid Cooled atau pendingin cairan (radiator), namun dengan spesifikasi yang terbilang tinggi kompresi mesin malah terbilang rendah, wah ini dikasih Pertalite saja sudah oke.

Rangka, Rem & Ukuran ban
Menggunakan tipe rangka yang mirip seperti Diamond, Deltabox rasanya sasis ini cukup stabil, tak heran kalau freestyler Wawan Tembong kebanyakan menggunakan Vixion untuk aksi free-style, salah satu alasanya karena Sasisnya yang begitu stabil.

Disektor pengereman, Vixion Advance sudah menggunakan dual-disk brake, berbeda dengan generasi Vixion sebelum NVL yang masih menggunakan Drum Brake atau Tromol, mesin 150cc wajarnya pakai Cakram sih!

Ukuran ban Vixion, seperti yang BlogOtive sampaikan diatas cukuplah gembot di size 90/80 (46P) ring 17 untuk depan dan 120/70 (58P) untuk ban belakang.

Harga
Harga New Vixion Adcance tidak begitu jauh dengan old-Vixion yakni dijual seharga Rp 24,25 juta rupiah untuk Jalanan Jakarta (On the Road Jakarta/OTR), beberapa yang diperbarui berupa ban, air shroud dan gold crankcase.

Yup, dan nampaknya itu dia Spesifikasi dari Yamaha New Vixion Advance 2015, untuk melihat secara lebih detail silahkan lihat tabel dibawah ini.

.judul {
color: #FFF;
}

Identitas
Tanggal Rilis 20/Mei/2015
Dibuat di Indonesia
Manufactur PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing
Dimensi
P x L x T 1.925 x 720 x 1030 mm
Tinggi Jok 790 mm
Jarak terendah ke tanah 169 mm
Berat isi 131 Kg
Kapasitas Tanki 12 Liter
Mesin
Kapasitas 149,7 cc
Jumlah Silinder Tunggal
Jumlah Camshalft Single (SOHC)
Sistem Bahan Bakar Injeksi
Sistem Pendingin Cairan
Sistem Starter Pedal & Elektrik
Sistem Pelumasan Basah
Daya Maksimum 12,2 kW (16,59 PS) / 8.500 rpm
Torsi Maksimum 14,5 Nm (1,48 kgf.m) / 7.500 rpm
Perbandingan Kompresi 10,4 : 1
Diameter x Langkah 57,3 x 58,7 mm
Transmisi Manual, 5-percepatan
Tipe Kopling Multiplate
Sasis
Tipe Deltabox
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Lengan Ayun
Ukuran Ban Depan 90/80-17 M/C (46P) Tubeless
Ukuran Ban Belakang 120/70-17 M/C (58P) Tubeless
Tipe Rem Depan Cakram
Tipe Rem Belakang Cakram
Kelistrikan
Baterai GTZ4V / YTZ4V
Tipe Busi NGK / CR8E & U24ESR-N
Harga
Baru, standar Rp 24.250.000
Baru, Livery MotoGP Movistar Rp 24.640.000

Gambar Gravatar
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!