Yamaha R15 v3 tahun 2017 pakai mesin DOHC atau tetap SOHC? , BlogOtive – Penasaran dengan pembaruan motor baru Yamaha YZF-R15 yang baru nanti masdab, terutama pada mesin karena sejauh ini bocoran sektor engine yang belum diketahui, sementara untuk Lampu sudah dikabarkan bakalan pakai LED dan design setidaknya berubah dan mirip R125.

Yamaha R15
Bocoran disinyalir R15 v3, dicompare mirip R125 dan perpaduan R15 lama

Tapi bagaimana dengan sektor mesin? Entahlah masdab, didunia blogosphere sedang ramai membahas antara DOHC dan SOHC dengan segala perbandingan keduanya untuk diambil yang mana yang superior, tapi yang jelas, kompetitornya, CBR150R sudah pakai mesin dengan double cam (DOHC) dan dari segi marketing, hal inilah yang sering digembor-gemborkan Honda selama ini untuk di compare head-to-head dengan R15. Tidak bisa dipungkiri, mesin DOHC memang lebih mendukung untuk karakter motorsport dalam memberikan suplay tenaga di putaran atas, meskipun SOHC memang kenyataanya bisa membuat motor lebih irit.

  Konsumsi BBM All New CBR150R dan Rekomendasi Bahan Bakar

Bocoran yang beredar saat ini, Yamaha R15 yang disinyalir memiliki kode project BK6 bakalan menggunakan mesin dengan kubikasi yang dinaikkan, menjadi 155 cc dengan teknologi VVA (Variable Valve Actuator) seperti yang dimiliki NMax saat ini. Kalau NMax saat ini sih mesinya SOHC sob, tapi apakah Yamaha mengembangkan juga untuk versi DOHC?

Nah terus apakah R15 nanti akan pakai mesin DOHC? Tuntutan konsumen dan himpitan campaign marketing dari kompetitor, mestinya Yamaha mengembangkan mesin yang sudah pakai dual cam deh, menurut BlogOtive, Yamahaa R15 lebih cocok mengadopsi mesin tersebut, untuk SOHC diaplikasikan untuk Vixion gak papa lah.. secara motor tersebut lebih untuk motor harian yang lebih mengutamakan mesin yang lebih irit.

  Honda Sonic sudah bisa dipesan Juli 2015

Seharusnya sih begitu, itu kalau opini BlogOtive sob, tapi kalau Yamaha nantinya memang tetap masih SOHC namun secara kubikasi sudah naik sepertinya cukup aman juga untuk bersaing dengan kompetitor, tapi kalau mau aman sih harusnya sudah pakai mesin DOHC, ketambah lagi nanti kalau kompetor baru Suzuki GSX-R150 mengaspal, R15 akan menjadi satu-satunya motor sport fairing 150 cc yang masih pakai mesin SOHC. Kalau mau sempurnya ya.. 155 cc, with VVA, DOHC. Mantap!

BAGIKAN
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Motolovers!

LEAVE A REPLY

Harap tulis sebuah komentar
Harap masukan nama kamu