Hallo masdab.. selamat datang di artikel opini, disini bukanlah berita resmi atau bocoran melainkan hanyalah opini dari admin BlogOtive sebagai pemerhati gerak-gerik motor baru dan sekedar komenters dari sisi konsumen, kita akan membahasnya secara lebih ringan.

Jadi yang akan kita bahas kali ini adalah Yamaha NMax, skutik bongsor yang sejatinya untuk melawan Honda PCX.. di Indonesia PCX sudah tidak berdaya karena rendah dari sisi value-for-money. Yamaha NMax mulai punya masalah setelah Yamaha mengeluarkan skutik serupa.. ya sebenarnya tidak serupa sih, dari design, riding position, dll tetapi karena mainya di kelas mesin yang sama, jadi bisa disimpulkan saja serupa, dia adalah Yamaha Aerox 155.. kenapa bermasalah? karena Aerox punya segudang kelebihan masdab.. menurut BlogOtive kelebihanya adalah ban yang lebih gambot dan punya beberapa fitur penting..

Yamaha NMax
Yamaha NMax

Yamaha Aerox 155
Yamaha Aerox 155

Electric Power Socket (EPS) untuk men-charge gadget atau smartphone yang posisinya di bagasi depan, kunci Keyless atau Smart Key System (SSS) yang juga plus Immobilizer layaknya mobil kemudian satu lagi yakni fitur mati otomatis atau Stop & Start System (SSS).. itu yang disebutkan tidak ada pada skutik NMax masdab.. makanya, dari fitur saja kalah.. padahal Aerox ini placement atau positioning berada di bawahnya NMax.. sebagai pemberhenti laju Honda Vario 150. Loh kok dibawah NMax tapi lebih futuristik? nah masalahnya itu ada disini..

Padahal untuk Kunci Keyless sendiri, di keluarga Max series seperti XMax 250, Smart Key System (SKS) ini sudah diterapkan dan sama dengan milik Aerox.. makanya jadi aneh kalau NMax 150 tidak punya fitur seperti itu.. kalau istilahnya itu timpa sebelah, tidak seimbang.. makanya timbulah opini bahwa Yamaha NMax harus hadirkan fitur SKS dan SSS.

Kalau Aerox SSS plus SKS hadir pada S-version atau varian tertingginya yang ketambahan fitur ABS (Anti-Lock Braking System).. maka setidaknya NMax ABS juga harus punya dua fitur tersebut.. kalau engga dan apalagi harganya sama atau mendekati.. NMax ABS jadi enggak punya value.. iya donk, harga sama tapi engga dapat fitur SSS dan SKS.

Yamaha Aerox punya fitur SKS SSS
Yamaha Aerox punya fitur SKS SSS

Nah, semoga saja Yamaha memang tengah menghadirkan NMax dengan SKS ya.. atau malah mendengar melalui tulisan ini (wkwk.. ini postingan apa juga). Dan ini adalah opini dari user atau konsumen masdab.. mungkin pabrikan punya pertimbangan sendiri, seperti contohnya NMax ini kan produk global dan bukan hanya kebutuhan market Indonesia.. nah kalau Eropa risetnya engga butuh SKS gimana? terus contohnya lagi di pandangan pabrikan, kalau NMax tambah fitur SKS pada versi ABS-nya, nanti konsumen yang sudah terlanjur beli NMax ABS lama kecewa donk apalagi jika harganya sama.. nah loh.. tapi ini kan pandangan pabrikan ya kan, memang kalau dari pandangan konsumen (tepatnya calon/konsumen baru) kurang lebih opininya mungkin sama dengan BlogOtive. konsumen terkadang engga peduli kerumitan yang dipikirkan pabrikan.. tapi ya namanya konsumen, “enggak peduli,” .. “wes pikiren dhewe,” (pikir saja sendiri).

Sekarang bagaimana.. sejatinya Aerox 155 itu skutik biasa dengan gaya racing, gambot di kaki-kaki.. kalau NMax itu maxi scooteer, gambot di depan jadi riding kaya duduk pakai mobil disana ada visor juga yang engga ada pada Aerox.. intinya generasi Max series itu maxi scooter mulai dari yang tertinggi TMax, XMax, SMax sampai NMax senidiri.. engine boleh sama, tapi feelnya bisa jadi beda.. iya gak?

Tapi intinya.. Yamaha juga harus hadirkan NMax SKS SSS seperti halnya Aerox, biar gak timpa sebelah. Mungkin itu saja.. (diclaimer: ini artikel Opini loh, opinimu atau orang lain bisa berbeda). Semoga bermanfaat!

BAGIKAN
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!

LEAVE A REPLY

Harap tulis sebuah komentar
Harap masukan nama kamu