29.3 C
Yogyakarta
Kamis, Oktober 14, 2021

Bedah Panel Speedometer Digital Yamaha Lexi 125, Ini Fungsinya!

BLOGOTIVE.COM – Yamaha Lexi 125 punya Speedometer full Digital yang punya fitur MID (Multi-Information Display) yang artinya banyak informasi bisa dirangkum dalam sebuah panel LCD.

Selain full Digital, Spido Yamaha Lexi ini juga sudah memiliki tampilan negatif (negative display) dimana backlight spido lebih terang namun tidak mengalahkan tampilan informasinya. Berbeda seperti Yamaha NMax keluaran pertama.

Tahukah teman-teman semua kalau panel informasi yang ditampilkan oleh speedometer Yamaha Lexi 125 ini lengkap sekali? Nah, buat yang belum tahu, saya akan membagikan beberapa fitur yang ada di speedometer Lexi. Apa saja? Yuk simak.

Lampu Indikator Speedometer Lexi

Sebelum mengulas ke tampilan LCD-nya, kita cari tahu dulu bagian lampu indikator dalam speedometernya ini.

Baca juga:  Spesifikasi Mesin Yamaha Lexi 125 Pakai Basis NMax Eropa, Ini Tenaganya

Kita bisa lihat di bagian warna hijau (1) logo anak panah kanan kiri adalah indikator lampu hazard dan lampu sein.

Sedangkan sebelah kiri, ada logo kunci (2), itu adalah indikator Keyless ya (untuk Lexi tipe S), artinya remot sedang terkoneksi dengan sistem keyless.

Lampu Indikator Speedometer Yamaha Lexi 125
Lampu Indikator Speedometer Yamaha Lexi 125

Logo mesin yang warna oren (3) adalah indikator ECU/Malfuction, indikator ini akan berkedip apabila terjadi kerusakan atau kesalahan pada sistem elektronik (ECU).

Terus yang warna merah di tengah (4) adalah indikator suhu, kalau mesin motor terlalu panas (overheat) logo seperti bara api itu akan hidup.

Baca juga:  Yamaha Lexi S ABS Muncul di Website, Harga lebih mahal 2,8 juta saja!

Nah sementara logo “A” (5) adalah tanda bahwa Stop Start System (SSS) sedang aktif, ini adalah fitur mati otomatis ketika mesin berhenti sesaat dan bisa dioperasikan/hidup lagi dengan menarik tuas throttle (gas).

Baca juga:  7 Pilihan Warna Yamaha Lexi dan Lexi S, Doff yang Menggoda

Panel Instrumen Speedo Yamaha Lexi 125

Sebelum masuk ke MID, kita bahas dulu tampilan dasar speedometer Lexi 125.

Panel Instrumen Speedometer Yamaha Lexi 125
Panel Instrumen Speedometer Yamaha Lexi 125

  1. Fuelmeter : Indikator Bensin / Bahan Bakar (BBM), (E) untuk Empty atau habis dan (f) untuk Full atau penuh.
  2. Tachometer : Indikator Putaran mesin (rpm), angka indikator dikalikan seribu.
  3. Speedometer : Indikator Kecepatan (dalam kilometer per jam).
  4. Jam : Jam dengan format 12 jam.
  5. MID : Panel informasi MID.

Panel Informasi MID (Multi-Information Display)

MID ini dapat menampilkan banyak data dalam sebuah panel, untuk merubahnya dapat dengan menekan tombol bulat di bawah tulisan Lexi.

MID Speedo Yamaha Lexi
MID Speedo Yamaha Lexi

  1. BATT (Baterai) : Untuk mengetahui tegangan aki dalam satuan Voltase, dibaca 12,5 Volt.
  2. BL (Backlight) : Untuk mengatur kecerahan latar/backlick, ada tiga tingkatan 01-02-03, BL-03 artinya paling cerah.
  3. ODO (Odometer) : Jarak tempuh total.
  4. F/ECO (Fuel Consumction/Economic riding) : Penggunaan bahan bakar secara realtime/nyata, akan berganti-ganti ketika dipakai jalan.
  5. Trip (Tripmeter) : Jarak tempuh perjalanan, bisa di reset dengan menekan tombol yang lama ketika hendak menuju perjalanan baru untuk ketahui berapa jarak tempuhnya.
  6. AVE F/ECO (Average Fuel Consumction/Economic riding) : Penggunaan bahan bakar rata-rata, hasil dari penggunaan bahan bakar secara realtime yang diakumulasi.
Baca juga:  Rilis Yamaha Lexi 125 di Yogyakarta, Via Vallen maneh dab!
Baca juga:  Spesifikasi dan Fitur Yamaha Lexi 125, Banyak Lebihnya!

Nah, Itu dia masdab panel instrumen Speedometer Digital Yamaha Lexi 125.. sumpah ini lengkap banget, sangat berguna banget. Dalam penggunaanya, BlogOtive suka indikator bahan bakarnya.. kita bisa pantau apakah sedang dalam metode berkendara boros atau irit alias Eco ride.. simak artikel sebelumnya tentang Tes Konsumsi BBM Yamaha Lexi 125 Eco Ride 70 Kpj, Ini Hasilnya! untuk lebih jelas review konsumsi BBM Yamaha Lexi. (Hendiri)

Hendri Widananto
Tinggal di Yogyakara, penghobi motor sejak kecil, seorang Testrider, Reviewer dan penikmat balap MotoGP. Mulai aktif berbagi seputar motor pada tahun 2015 hingga kini.

Baca Juga

9 Pilihan Warna Honda BeAT 2021, Dibagi Dua Varian

BLOGOTIVE.COM - Untuk kamu yang pengen meminang Honda BeAT, tidak tanggung-tanggung ada 9 pilihan warna keren yang disediakan PT Astra Honda Motor...

Modifikator: Yamaha NMax 155 Motor yang Mudah di Modifikasi

BLOGOTIVE.COM - Berkembangluasnya modifikasi sepeda motor di Tanah Air juga marak pada kategori MAXI Yamaha. Ubahannya menjadi sebuah karya seni yang tidak...

All New Vario 160 dengan 4 Katup, Kapan Rilis?

BLOGOTIVE.COM - Generasi penerus All New Vario disinyalir akan menggunakan mesin yang sama seperti halnya PCX, mengusung mesin 156 cc (dibulatkan 160 cc...

Tetap Terhubung

2,717FansSuka
1,505PengikutMengikuti
92,093PelangganBerlangganan

Terbaru

Pajak Innova Reborn 2016-2021 Bensin dan Diesel, Catat Sebelum Membeli!

BLOGOTIVE.COM - Siapa yang tidak tahu Toyota Kijang Innova, mobil MPV 7 seater yang sudah sejak lama menjadi favorit masyarakat Indonesia karena...

9 Pilihan Warna Honda BeAT 2021, Dibagi Dua Varian

BLOGOTIVE.COM - Untuk kamu yang pengen meminang Honda BeAT, tidak tanggung-tanggung ada 9 pilihan warna keren yang disediakan PT Astra Honda Motor...

Biaya Biro Jasa STNK Perpanjangan Tanpa KTP, Ini Tarifnya

BLOGOTIVE.COM - Perpajakan masih menjadi kendala bagi beberapa orang yang membeli kendaraan bekas atau second, jika hendak perpanjangan tahunan si pemilik STNK...

All New CB150R facelift 2021 Resmi Launching di Yogyakarta, Kedu dan Banyumas

BLOGOTIVE.COM - Astra Motor Yogyakarta selaku Main Dealer sepeda motor Honda wilayah DIY, Kedu, dan Banyumas secara resmi telah memperkenalkan motor sport...

Starting Grid MotoGP Perancis 2021, Quartararo Pole Position

BLOGOTIVE.COM - Starting Grid MotoGP Perancis 2021 di Sirkuit Le Mans menempatkan pembalap pabrikan Yamaha, Quartararo start dari posisi pertama, Fabio meraih...