Keyless Ignition merupakan teknologi baru keamanan kendaraan yang cukup membuat maling pikir 2×24 kali sebelum mencuri kendaraan, sekarang kunci bahkan sudah mau di hilangkan berkat teknologi yang semakin canggih.. ya namanya keyless, sekarang mungkin masih pakai remot, tidak menutup kemungkinan seiring perkembangan zaman, beberapa tahun kedepan mungkin bisa jadi finger scan, keren!

Kunci Keyless disandang pertama kali oleh Suzuki untuk sport 150 cc lewat GSX-R150, karena kunci jenis ini tergolong baru maka tidak semua orang tahu dan diperlukan sosialisasi atau pemahaman, nah pada akhirnya Suzuki memberikan pencerahan dengan sebuah FAQ (Frequently Answer Question) atau Tanya Jawab perihal Remote dan Kunci Keyless itu sendiri untuk sebuah Solusi seputar masalah dan ke-kepoan yang dialami, yuk simak masdab..

Keyless Ignition Suzuki GSX-R150
Keyless Ignition Suzuki GSX-R150

Solusi seputar masalah Remote Kunci Keyless Suzuki GSX-R150

Ketika beli GSX-R150, Apakah konsumen mendapat berapa remote dan kunci cadangan juga? Berapa?

Konsumen mendapatkan 1 buah remote dan 1 buah anak kunci.
Di dalam remot tersebut terdapat nomor ID rahasia yang perlu dicatat atau diingat oleh pemilik, pemilik bisa membeli remote tambahan di Dealer Suzuki dan memasukkan nomor ID yang baru ke dalam sistem GSX-R150, dalam hal ini pemilik perlu ke dealer Suzuki untuk mengeset nomor ID yang baru.

Jadi dalam hal ini konsumen hanya dapat 1 remot, tidak ada cadangan, dan jika remot hilang cukup ke dealer untuk mengganti remot untuk dilakukan kalibrasi ke sistem, jadi sistem yang akan menyesuaikan remote dengan nomor ID baru juga.

Untuk penggantian baterai remote, apakah bisa dilakukan sendiri atau sebaiknya di bawa ke bengkel Suzuki?

Penggantian baterai sangatlah mudah dan bisa dilakukan sendiri, cukup membuka tutup remote menggunakan obeng minus, setelah tutup remote terlepas maka terlihat baterai, ganti baterai dengan bbatterai tipe Button Battery CR2032.

Jadi jika baterai remote habis, bisa diganti sendiri dengan tipe Button Baterai CR2032.

Nah, bagaimana pengoperasian Suzuki GSX-R150 untuk menghidupkan mesin ketika remote hilang atau tidak berfungsi?

Suzuki GSX-R150 bisa dioperasikan dengan memasukkan kode rahasia nomor ID pemilik dengan menekan knop, alam hal ini perlu menghubungi Dealer atau Halo Suzuki agar dipandu langkah-langkahnya. Halo Suzuki akan memverifikasi terlebih dahulu pemilik GSX-R150 tersebut.

Jadi Ketika remote hilang, GSX-R150 masih bisa berfungsi tanpa remot, caraya dengan memasukkan kode rahasia nomor ID. Jika tidak bisa bisa ke dealer atau hubungi Halo Suzuki, tapi diverifikasi pemiliknya, mungkin antisipasi penggantian akibat dicuri (bukan atas pemiliknya).

Remote Kunci Keyless Suzuki GSX-R150
Remote Kunci Keyless Suzuki GSX-R150

Jika remote hilang atau dicuri, pemilik khawatir remote dipakai untuk mencuri motornya. Bisakah remot ini dinon-aktifkan? bagaimana caranya?

Bila remote hilang, nomor ID remote bisa dihapus dari sistem Suzuki GSX-R150. Dalam hal ini pemilik perlu menghubungi dealer atau Halo Suzuki dan dipastikan memverifikasi pemilik terlebih dahulu.

Nah, jadi remote ini nomor IDnya bisa diblokir masdab. Kalau tercuri motor bisa tidak bisa berfungsi.

Keyless Ignition ini hanya untuk pengaman dan menghidupkan mesin. Apakah juga terhubung ke kabel listrik di aki dan massa?

Selain pengaman juga kepraktisan pemilik dalam mengoprasian motor. Ya, terhubung ke baterai atau aki. Bila koneksi ke baterai terputus amaka knop switch otomatis akan terkunci dan motor tida akan bisa di gunakan, hal ini sebagai penaman bila ada pencuri yang ingin memotong kabel.

Dijamin Puyeng deh kalau maling mau membobol kunci keyless.

Keyless Iginition mencocokkan gelombang di switch utama dan remote. Dalam membaca gelombang ini apakah menggunakan antena. Jika ada dimana posisinya?

Ya, menggunakan antena. Posisi terdapat di bawah jok. Radius antena ini 1 menter, sedangkan radius answer-back 20 meter.

Keyless ini apakah di jual? biasanya ada yang suka modifikasi dan pasang fitur ini ke motor yang masih pakai kunci konvensional. Bila dijual berapa harganya?

Ya dijual. Tetapi karena hanya dirancang untuk GSX-R150 maka Suzuki tidak menyarankan untuk diaplikasikan ke tipe lain. Harga akan diinformasikan.

Kunci Keyless
Kunci Keyless

Jadi seperti itu masdab, Pemecahan Masalah seputar Kunci Keyless Suzuki GSX-R150.. Setelah membaca FAQ ini ternyata Keyless sangatlah canggih dan memang sulit untuk dibobol.

BAGIKAN
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Motolovers!

LEAVE A REPLY

Harap tulis sebuah komentar
Harap masukan nama kamu