24.3 C
Yogyakarta
Jumat, Desember 3, 2021

Review Singkat Suzuki Ertiga, MPV Penantang Toyota Avanza

Review singkat Suzuki Ertiga yang akan kita bahas kali ini menjadi topik yang menarik bagi pecinta otomotif Indonesia.

Mobil yang masuk segmen Low MPV ini memang mendapat sambutan hangat saat diluncurkan pertama kali dan langsung disebut sebagai penantang serius Toyota Avanza.

Suzuki Ertiga merupakan mobil MPV yang pertama kali diluncurkan dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) yang digelar pada tahun 2010 sebagai mobil konsep. Mobil ini kemudian mulai diproduksi dan dipasarkan pada tahun 2012.

Seiring berjalannya waktu, Suzuki Ertiga kemudian mendapatkan facelift. Generasi terbarunya hadir dengan berbagai pembaruan.

Desain bodi Ertiga tampak modern dan elegan. Bagian wajahnya tampak agresif dengan penggunaan lampu depan berdesain tajam.

Perubahan pada generasi terbaru Ertiga juga terlihat pada varian terendahnya, Ertiga GL, yang kini mendapatkan lampu kabut. Sedangkan pada Ertiga GX sebagai varian tertingginya mendapatkan pelek baru berupa pelek 2 Tone Black Polished Alloy Wheels.

Baca juga:  Spesifikasi Lengkap Avanza Veloz 2019 Terbaru

Sementara itu pada bagian interiornya, Suzuki Ertiga mendapatkan sentuhan mewah dengan adanya aksen kayu pada dasbornya. Selain itu, kabinnya pun terasa cukup leluasa.

Tetapi bukan itu saja yang ditawarkan mobil ini untuk para konsumennya. Melalui review singkat Suzuki Ertiga ini, kita akan melihat dengan lebih detail tentang mobil yang satu ini.

Dimensi Bodi Suzuki Ertiga

Untuk memulai review singkat Suzuki Ertiga ini kita akan membahas tentang dimensi mobil ini. MPV pabrikan Suzuki ini memiliki panjang 4.395 mm, lebar 1.735 mm, dan tinggi 1.690 mm.

Baca juga:  Harga Suzuki Ertiga dan XL7 Turun 14 Juta setelah kena Diskon PPnBM 100%, Ini Daftarnya
Suzuki Ertiga

Wheelbase atau jarak sumbu rodanya berukuran 2.740 mm. Hal ini memungkinkan mobil ini menawarkan kabin yang lebih leluasa.

Sebagai mobil perkotaan, ground clearance Ertiga memang tidak terlalu tinggi, yakni 180 mm. Sedangkan radius putarnya berukuran 5.200 mm.

Sementara itu, untuk bannya sendiri, mobil ini menggunakan ban berukuran 185/65 dengan pelek berukuran 15 inci. Sayangnya, pelek Alloy hanya tersedia untuk varian tertinggi, sementara varian lainnya masih menggunakan pelek kaleng.

Baca juga:  Toyota Indonesia Recall 10 Model Mobil untuk Ganti Fuel Pump

Spesifikasi Mesin dan Konsumsi BBM Suzuki Ertiga

Sekarang kita masuk ke pembahasan mesin pada review singkat Suzuki Ertiga ini. Dari segi mesinnya, Ertiga memang masih menggunakan mesin yang sama dengan versi sebelumnya.

Suzuki Ertiga menggendong mesin tangguh

Mesin yang digendong Ertiga ini merupakan mesin berkode K15B 4 silinder dengan kapasitas 1.462 cc atau setara dengan sekitar 1.5 liter. Mesin ini dikawinkan dengan dua jenis transmisi, yaitu transmisi manual 5 percepatan dan transmisi otomatis 4 percepatan.

Mesin yang dilengkapi dengan teknologi DOHC dan VVT ini diketahui bisa menghasilkan tenaga sebesar 103 HP pada putaran mesin 6.000 rpm. Sedangkan torsinya bisa mencapai 138 Nm pada putaran 4.400 rpm.

Mobil ini juga sudah dilengkapi dengan sistem pembakaran Multi Point Injection. Teknologi ini diklaim bisa membuat mesin Ertiga lebih irit bahan bakar.

Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat spesifikasi mesin Ertiga pada tabel berikut.

KETERANGANSPESIFIKASI MESIN
MesinK15B 4 silinder dengan DOHC dan VVT
Kapasitas1.5 L (1.462 cc)
TransmisiManual 5 Percepatan / Otomatis 4 Percepatan
Tenaga103 HP @ 6.000 rpm
Torsi138 Nm @ 4.400 rpm
Konsumsi BBM Dalam Kota14,4 km/liter
Konsumsi BBM Luar Kota19,2 km/liter

Fitur Suzuki Ertiga

Bicara soal fitur, Suzuki Ertiga disebut sudah memiliki berbagai fitur yang mumpuni. Sebagai fitur hiburannya, mobil ini mengandalkan head unit layar sentuh berukuran 6,8 inci dengan smartphone and bluetooth connection, serta sistem navigasi.

Baca juga:  Harga Suzuki Ertiga dan XL7 Turun 14 Juta setelah kena Diskon PPnBM 100%, Ini Daftarnya
Suzuki Ertiga mobil MPV kaya fitur

Fitur keamanan yang dimiliki mobil ini juga sudah cukup baik. Mobil ini dilengkapi dengan Anti Theft Alarm System dan Engine Immobilizer.

Baca juga:  Ekspor Suzuki Naik 108% di Februari 2021, Didominasi XL7 dan Ertiga

Sebagai fitur keselamatan pasifnya, mobil ini sudah dilengkapi dengan Airbags System dan sabuk pengaman. Selain itu, ada pula fitur Child Safety Locks dan pengaturan kursi ISOFIX untuk menjamin keselamatan penumpang anak-anak.

Beralih ke fitur keselamatan aktifnya, mobil ini dilengkapi dengan sistem pengereman Anti-lock Braking System dan Electronic Brake Distribution. Untuk memudahkan proses parkir, mobil ini juga dibekali fitur rear view camera dan Parking Sensor.

Varian dan Harga Suzuki Ertiga

Terakhir di review singkat ini, kita akan membahas tentang varian dan harga dari Suzuki Ertiga. Untuk pasar Tanah Air, mobil ini ditawarkan dalam 7 varian yang dibanderol dengan kisaran harga mulai dari Rp201,9 jutaan hingga Rp255,15 jutaan.

Suzuki Ertiga

Untuk harga yang lebih rinci, mari kita lihat pada tabel berikut.

VARIANHARGA
All New Suzuki Ertiga GA MTRp 201.900.000
All New Suzuki Ertiga GL MTRp 220.700.000
All New Suzuki Ertiga GL ATRp 230.500.000
All New Suzuki Ertiga GX MTRp 234.000.000
All New Suzuki Ertiga GX ATRp 243.850.000
All New Suzuki Ertiga Sport MTRp 245.350.000
All New Suzuki Ertiga Sport ATRp 255.150.000
Hendri Widananto
Tinggal di Yogyakara, penghobi motor sejak kecil, seorang Testrider, Reviewer dan penikmat balap MotoGP. Mulai aktif berbagi seputar motor pada tahun 2015 hingga kini.

Baca Juga

Mobil Bekas dengan Harga Terjangkau di Balai Lelang IBID

Beli mobil bekas dengan metode lelang mulai digemari masyarakat. Salah satu balai lelang yang paling sering digunakan adalah IBID. Tidak hanya kendaraan...

Alasan Mengapa Toyota Avanza Sangat Cocok untuk Jadi Mobil Keluarga

Toyota Avanza sudah cukup lama menaungi segmen mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) yang sangat diminati di pasar Indonesia. Dengan tingkat efisiensi bahan...

Tinggalkan Balasan

Tetap Terhubung

2,717FansSuka
1,505PengikutMengikuti
92,093PelangganBerlangganan

Terbaru

Jual Beli Mobil Bekas Aman dan Berkualitas hanya lewat Online

Jual mobil di masa pandemic ini bisa dengan mudah asalkan tetap dan masih menggunakan protocol kesehatan selama beraktivitas diluar rumah. Untuk mengakomodir...

Mobil Bekas dengan Harga Terjangkau di Balai Lelang IBID

Beli mobil bekas dengan metode lelang mulai digemari masyarakat. Salah satu balai lelang yang paling sering digunakan adalah IBID. Tidak hanya kendaraan...

Kelebihan & Kelemahan Avanza FWD / Penggerak Roda Depan, Bukan Pelibas Tanjakan Lagi?

BLOGOTIVE.COM - Toyota Avanza baru-baru ini ramai diperbincangkan di kalangan netizen, pasalnya mobil sejuta umat di Indonesia ini sudah ketahuan wujud versi...

Review Singkat Suzuki Ertiga, MPV Penantang Toyota Avanza

Review singkat Suzuki Ertiga yang akan kita bahas kali ini menjadi topik yang menarik bagi pecinta otomotif Indonesia. Mobil...

[Foto] Bocoran All New Avanza Veloz Hitam tipe Q 2022 Interior-Exterior, Fitur Naik Kelas

BLOGOTIVE.COM - Sudah bukan rahasia lagi, Bocoran All New Avanza Veloz tipe Q terlanjur menyebar di jagat maya.. di artikel ini saya...