27 C
Yogyakarta
Kamis, Mei 6, 2021

Toyota Indonesia Recall 10 Model Mobil untuk Ganti Fuel Pump

BLOGOTIVE.COMToyota Astra Motor (TAM) selaku APM memberitahukan recall untuk 10 Model mobilnya, Toyota Indonesia menginformasikan konsumen untuk pergantian pompa bahan bakar atau fuel pump pada model dengan tahun tertentu.

Setelah sebelumnya beberapa model Toyota di Malaysia terkena recall termasuk Grand Avanza, kini pemberitahuan Recall juga dilakukan Toyota Indonesia. (Sebelumnya: Grand Avanza di Recall secara Global, Toyota Indonesia sedang mendata)

Diketahui, Recall ini dikarenakan komponen fuel pump tidak bekerja semestinya. Salah satu bagian pompa bahan bakar bisa mengembang lebih cepat daripada kondisi standar.

Melalui keterangan tertulisnya, Kamis (18/3/2021) Toyota secara resmi memanggil ulang beberapa model mobilnya untuk dilakukan pergantian komponen pompa bahan bakar (fuel pump).

Baca juga:  Estimasi Harga Innova Bensin dan Diesel setelah Diskon PPnBM

Dikatakan Vice President Director PTA TAM Henry Tanonto, Recall ini dilakukan sebagai komitmen untuk mengutamakan keamanan dan keselamatan konsumen.

“Sejalan dengan initiative principal Toyota Motor Corp, aktivitas recall pada produk tertentu telah dilakukan TAM sejak bertahun-tahun sebagai wujud komitmen kami dalam mengutamakan keamanan dan keselamatan pelanggan,” ujar Henry.

Ada 10 Mobil Toyota yang terkena Recall

Toyota Grand New Avanza
Toyota Grand New Avanza, Mobil yang di Recall

Kasus ini merupakan kasus lanjutan pada Juli 2021 yang ditemukan pada mobil-mobil Toyota, termasuk model yang juga di produksi oleh Daihatsu seperti Avanza dan Rush.

Baca juga:  Spesifikasi Lengkap Avanza Veloz 2019 Terbaru

Adapun Komponen yang bermasalah untuk semua modelnya sama yakni pompa bahan bakar. Kesepuluh mobil tersebut adalah Avanza, Rush, Kijang Innova, Fortuner, C-HR, Corolla, Camry, Voxy, Alphard sampai Hilux.

  • Avanza (2017-2019)
  • Rush (2017-2019)
  • Kijang Innova (2018-2019)
  • Fortuner (2018-2019)
  • Corolla (2019)
  • Camry (2019)
  • Voxy (2018-2019)
  • Alphard (2017-2019)
  • Hilux (2019)
  • C-HR (2018-2019)
Baca juga:  Fortuner Medan Paling Recommended!

Untuk konsumen Hilux, TAM menghimbau pemilik Hilux produksi Juni-Desember 2020 untuk pengecekan brake booster, bahkan jika diperlukan akan dilakukan pergantian.

Toyota Hilux
Toyota Hilux

“TAM mengajak kembali para pemilik beberapa model kendaraan Toyota dengan produksi tahun yang dimaksud di atas untuk segera melakukan pengecekan dan jika diperlukan maka melakukan penggantian fuel pump kendaraannya. Pengerjaan pengecekan dan penggantian fuel pump ini berlangsung sekitar 2-4 jam,”

Sedangkan untuk pengecekan atau penggantian brake booster memerlukan waktu 0,5 jam hingga 3,5 jam.

“Sebagai kelanjutan dari upaya untuk menjamin keselamatan pelanggan, Toyota terus melakukan monitor di lapangan dan melakukan pengecekan apakah model-model lainnya juga mengalami hal serupa,”

Mekanisme Recall

Untuk proses pengecekan atau penggantian jika diperlukan, bagi pemilik kendaraan yang masuk dalam program recall ini diharapkan untuk menghubungi bengkel resmi Toyota terdekat.

Baca juga:  Grand Avanza di Recall secara Global, Toyota Indonesia sedang mendata

Pemilik disarankan melakukan booking service dahulu ke bengkel resmi agar bengkel tersebut dapat mempersiapkan stall, teknisi dan part yang akan diganti.

Baca juga:  Daftar Harga Fortuner April 2021 Setelah Diskon PPnBM 50%

Seluruh Proses recall baik pengecekan sampai penggantian parts, Bengkel Toyota tidak memungut biaya atau gratis.

Hendri Widananto
Tinggal di Yogyakara, penghobi motor sejak kecil, seorang Testrider, Reviewer dan penikmat balap MotoGP. Mulai aktif berbagi seputar motor pada tahun 2015 hingga kini.

Baca Juga

Daftar Harga Honda HRV Per April 2021 setelah Diskon PPnBM, Turun 25 juta

BLOGOTIVE.COM - Harga Honda HRV turun hingga Rp 36 juta setelah mendapatkan relaksasi diskon Pajak Barang Mewah (PPnBM). Salah satu...

Daftar Harga Honda CRV Per April 2021 Setelah Diskon PPnBM

BLOGOTIVE.COM - Harga Honda CRV turun hingga Rp 36 juta setelah mendapatkan relaksasi diskon Pajak Barang Mewah (PPnBM). Salah satu...

Fortuner Ikut Diskon PPnBM, Pajero Sport Tidak Dapat Rekaksasi Karena terkendala TKDN

BLOGOTIVE.COM - Relaksasi Diskon Pajak Barang Mewah (PPnBM) yang diperluas untuk mobil 1,5L sampai 2,5L sudah dinikmati beberapa merek seperti Toyota Fortuner dan...

Tetap Terhubung

2,717FansSuka
1,505PengikutMengikuti
92,093PelangganBerlangganan

Terbaru

7 Fitur Baru All New CB150R Facelift, Suspensi Berubah!

BLOGOTIVE.COM - All New Honda CB150R sudah update facelif lagi bro, pertama kali motor ini mengaspal dengan mesin baru pada 2015 kemudian...

All New Honda CB150R facelift 2021 resmi di Launching

All New Honda CB150R Streetfire facelift 2021 resmi diluncurkan PT Astra Honda Motor (AHM) pada hari ini, Rabu (05/05/2021) melalui virtual press...

24 Nama Pembalap MotoGP 2021 beserta Foto Motornya

BLOGOTIVE.COM - Ada 24 Nama Pembalap MotoGP 2021 yang akan mulai bertarung untuk berkompetisi di musim ini, banyak jebolan dari Moto2 sedang...

Starting Grid MotoGP Jerez 2021, Quartararo Pole Position

BLOGOTIVE.COM - Posisi Start pertama MotoGP Jerez 2021 menempatkan pembalap Pabrikan Yamaha, Fabio Quartararo berhasil meraih Pole Position dengan catatan waktu 1...

Prediksi MotoGP Jerez 2021, Yamaha vs Marquez

BLOGOTIVE.COM - Prediksi MotoGP Jerez 2021 kembali menguntungkan Yamaha yang memiliki track record sangat baik di Andalusia, Spanyol. Selain itu, kembalinya Marquez...