21.9 C
Yogyakarta
Rabu, April 21, 2021

Prediksi MotoGP Spanyol 2018, Pedrosa atau Rossi?

BLOGOTIVE.COM – Prediksi MotoGP Spanyol 2018 di Sirkuit Jerez setidaknya memiliki 3 kandidat calon juara yakni pembalap tuan rumah, Dani Pedrosa dan Marc Marquez atau Valentino Rossi.

Di artikel sebelumnya BlogOtive sudah merilis Data dan Fakta jelang GP Spanyol dan kali ini kita akan sedikit beropini siapa yang berpotensi memenangkan seri ke-4 MotoGP musim 2018 ini.

Masdab, Jerez adalah sirkuit melegenda yang tentu saja bukan seri yang baru lagi, pembalap-pembalap senior pasti tahu betul seluk beluk track 4,4 kilometer ini.

Tak heran kalau Valentino Rossi sudah kantongi 114 kemenangan dari semua kelas dimana tujuh diantaranya adalah kelas MotoGP. Rossi adalah pembalap paling sering menang di kelas 1.000 cc untuk saat ini di Jerez.

Karakter Sirkuit Jerez, favorit Rossi dan Lorenzo

Sebelum ngomongin lebih banyak tentang Rossi, terlebih dahulu kita ketahui karakter sirkuit Jerez yang akan digunakan nanti.

Baca juga:  Starting Grid MotoGP Malaysia 2018, Marquez Pole Position

Sitkuit Jerez memiliki karakter yang lumayan tricky, layoutnya patah-patah dengan total 13 tikungan yang dimana 5 ke kiri dan 8 sisanya ka kanan. Longest straight hanya setengah kilometer lebih (607 meter).

Sirkuit Jerez dalam MotoGP Spanyol
Sirkuit Jerez (Sumber Foto: MotoGP)

Menurut BlogOtive, sirkuit ini adalah favorit Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi, Dani Pedrosa juga sih.. mereka biasanya kencang di sirkuit tricky, untuk Marquez tidak terlalu diunggulkan, masih kalah dengan 3 kandidat pembalap tadi.

Marquez biasanya ahli di sirkuit yang banyak akselerasi namun bukan stop and go contohnya seperti sirkuit Americas.. alasanya, keberanian menabrak limit adalah kelebihanya.

Baca juga:  Prediksi MotoGP Amerika 2018, Marquez punya peluang besar

Rekor Kemenangan terbanyak di GP Spanyol ada di tangan Rossi

Kemudian secara statistik, Valentino Rossi adalah pembalap yang paling sering menang di Jerez dalam karirnya di kelas MotoGP.

Untuk semua kelas masih kalah dengan Agostini, namun untuk kelas 1.000 cc, pembalap berjuluk the Doctor ini paling banyak menang dengan 7 kali gelar juara dan 3 kali podium dalam 5 tahun terakhir.

Baca juga:  Menghindari Cuaca Buruk, Jadwal MotoGP Inggris 2018 dirubah Maju Lebih Awal

Daftar Kemenangan terbanyak

  • Valentino Rossi 7x
  • Jorge Lorenzo 3x
  • Dani Pedrosa 3x

Rossi juga menjadi pembalap dengan Pole terbanyak di Jerez sebanyak 5 kali Pole Position, menyamai rekor Jorge Lorenzo, namun Rossi masih kalah dari Lorenzo soal laptime terbaik saat meraih Pole.

Pole Position paling sering

  • Jorge Lorenzo 5x
  • Valentino Rossi 5x
  • Dani Pedrosa 3x

Untuk rekor Sirkuit, Jorge Lorenzo borong Fastest Lap, Circuit Record dan Best Pole dan semuanya dilakukan di tahun 2015 saat masih bersama Yamaha.

Bersama Ducati, Lorenzo masih bisa naik podium diposisi 3 tahun kemarin, padahal saat itu performa Lorenzo masih bisa dikatakan “memble”, artinya Lorenzo begitu baik di sirkuit ini.

Pembalap yang berpeluang Juarai MotoGP Spanyol 2018

Kalau menurut BlogOtive, Valentino Rossi dan Dani Pedrosa adalah dua pembalap yang paling punya peluang untuk menang di Sirkuit Jerez.

Lorenzo juga punya prestasi begitu bagus di Jerez namun awal musim yang buruk membuat kepercayaan terhadap kemenangan Lorenzo masih sulit.. hehe

Baca juga:  Starting Grid MotoGP Jerez Spanyol 2018, Crutchlow Pole Position

Sementara Marc Marquez tidak diunggulkan namun harus diakui menang motivasi untuk mengambil alih klasemen yang hanya berselisih 1 poin dengan Andrea Dovizioso.

Baca juga:  Starting Grid MotoGP Jerez Spanyol 2018, Crutchlow Pole Position

Pembalap spanyol lainya seperti Maverick Vinales sebenarnya juga cukup bagus, hanya saja masih belum memiliki sejarah yang baik menurut statistik.

Prediksi versi BlogOtive, Valentino Rossi akan keluar sebagai juara.. kedua mungkin Pedrosa dan Jorge Lorenzo atau Marquez setelahnya. Perlu dicatat bahwa ini hanyalah prediksi ngawur versi saya dan kebanyakan sifatnya opini, untuk melihat data silahkan lihat artikel sebelumnya mengenai Data dan Fakta MotoGP Spanyol 2018, yak.. tentu saja saya juga berharap semuanya akan berjalan semenarik mungkin tanpa ada satu dua yang dominan..

Last, Jadwal MotoGP Spanyol 2018 di Sirkuit Jerez akan berlangsung pada hari Minggu pukul 19:00 WIB, masdab juga bisa download jadwal lengkapnya melalui link tersebut. Terimakasih sudah membaca.. (Hendri)

Hendri Widananto
Tinggal di Yogyakara, penghobi motor sejak kecil, seorang Testrider, Reviewer dan penikmat balap MotoGP. Mulai aktif berbagi seputar motor pada tahun 2015 hingga kini.

Baca Juga

Starting Grid MotoGP Portugal 2021, Quartararo Start Posisi Pertama

BLOGOTIVE.COM - Starting Grid MotoGP Portugal 2021 menempatkan pembalap Pabrikan Yamaha, Fabio Quartararo meraih Pole Position dengan laptime 1 menit 38,8 detik...

Jam Tayang MotoGP Portugal 2021 Minggu Malam di Trans7

BLOGOTIVE.COM - Jam Tayang MotoGP Portugal akan di siarkan secara Langsung di Trans7 malam nanti, 18 April 2021 mulai pukul 18:00 WIB...

Tinggalkan Balasan

Tetap Terhubung

2,717FansSuka
1,505PengikutMengikuti
92,093PelangganBerlangganan

Terbaru

Honda PCX160 Raffle Semarakkan Pameran Virtual FIFGROUP FEST

BLOGOTIVE.COM - Astra Motor Yogyakarta selaku Main Dealer sepeda motor Honda wilayah DIY, Kedu, dan Banyumas menggelar program Honda PCX Raffle. Program...

Starting Grid MotoGP Portugal 2021, Quartararo Start Posisi Pertama

BLOGOTIVE.COM - Starting Grid MotoGP Portugal 2021 menempatkan pembalap Pabrikan Yamaha, Fabio Quartararo meraih Pole Position dengan laptime 1 menit 38,8 detik...

Jam Tayang MotoGP Portugal 2021 Minggu Malam di Trans7

BLOGOTIVE.COM - Jam Tayang MotoGP Portugal akan di siarkan secara Langsung di Trans7 malam nanti, 18 April 2021 mulai pukul 18:00 WIB...

Arti Kedipan Indikator Mesin Menyala Kuning (MIL) di Spidometer Motor Honda

BLOGOTIVE.COM - Saat ini semua sepeda motor Honda telah menggunakan sistem PGM-FI, dimana salah satu kelebihan dari sistem ini dapat mendiagnosa permasalahan...

Prediksi MotoGP Portugal 2021, Revans Yamaha-Ducati Part 3

BLOGOTIVE.COM - MotoGP Portugal 2021 diprediksi akan kembali memanas, Pembalap tuan rumah tim pabrikan KTM, Miguel Oliveira memiliki sejarah manis di Sirkuit...