Data dan Fakta MotoGP Jerez 2018
Data dan Fakta jelang MotoGP Jerez 2018 (Credit photo: Twitter/Mark Hylands)

Data dan Fakta jelang MotoGP Jerez Spanyol 2018, No.8 tentang Rossi

Diposting pada

BLOGOTIVE.COM – Jelang MotoGP Spanyol 2018, saya telah menyiapkan Data dan Fakta MotoGP Jerez yang sudah terukir puluhan tahun lamanya.

Ya, seri Jerez adalah seri ke-4 musim kompetisi MotoGP 2018 masdab dan seri ini adalah salah satu seri terlama di di semua kelas bahkan sejak belum lahir kelas 1.000 cc yang menjadi kelas utama saat ini.

Ada banyak catatan menarik mengenai MotoGP Jerez 2018 ini, salah satunya adalah prestasi Valentino Rossi sebagai pembalap yang yang banyak memenangi seri Jerez.. Menarik dan bikin penasaran, yuk baca!

Valentino Rossi di MotoGP Jerez
Valentino Rossi di MotoGP Jerez (sumber foto: Twitter/Valentino Rossi official)

Data dan Fakta MotoGP Spanyol 2018

  1. Agostini Giamoco paling banyak menang di semua kelas balap sebanyak 122 kali
    Pembalap dengan 15 gelar juara semua kelas ini sudah mengantongi 122 kemenangan di Jerez, 35 posisi kedua, 2 kali posisi ke-9 dan 9 kali Pole Position.
  2. Lorenzo dan Rossi paling banyak Pole Position 5x
    Pembalap asal Spanyol ini paling banyak memimpin balapan dengan 5x Pole Position menyamai rekor Pole Rossi yang juga 5x, bedanya laptime terbaik ada di tangan Lorenzo dengan catatan 1 menit 37,9 detik.
  3. Rekor Fastest Lap, Circuit Record dan Best Pole masih dalam genggaman Lorenzo sejauh ini
    Puncak kejayaan Jorge Lorenzo selama membalap di Sirkuit Jerez terjadi pada tahun 2015 saat masih membalap bersama Yamaha. Semua raihan rekor Lorenzo diraih pada tahun 2015 saat juarai GP Spanyol.
  4. Rekor Top Speed masih ditangan Andrea Iannone
    Untuk rekor Top Speed masih disandang Andrea Iannone dengan kecepatan maksimal 295,9 Kmpj saat masih bersama Ducati di tahun 2015.
  5. Lorenzo hanya absen podium 1x selama 5 tahun terakhir
    Selama 5 tahun terakhir di Jerez, Lorenzo selalu naik podium dengan sekali menang, sekali posisi ke-2 dan dua kali posisi ke-3. Lorenzo melewatkan podium di tahun 2014.
  6. Dani Pedrosa paling banyak memenangi Jerez selama 5 tahun terakhir
    Selama 5 tahun terakhir, Dani Pedrosa adalah pembalap yang paling sering memenangi seri Jerez. Dani dua kali juara pada tahun 2013 dan pada tahun lalu, 2017.
  7. Marc Marquez hanya sekali menjuarai GP Jerez
    Juara dunia MotoGP 5x, Marquez hanya sekali menjuarai MotoGP Jerez. Marquez memang menjadi raja Amerika dengan catatan 6x cleansheet selalu meraih juara dan Pole, namun Marquez hanya sekali saja menjuarai seri kandangnya sendiri yaitu Jerez di tahun 2014.
  8. Valentino Rossi paling banyak menang di kelas MotoGP
    Pembalap Italia, Valentino Rossi adalah pembalap yang paling sering menang di MotoGP Spanyol sebanyak 7 kali diikuti Lorenzo 3 kali dan Pedrosa 3 kali. Rossi adalah pembalap kedua setelah Agostini yang paling banyak menangi GP Jerez di semua kelas sebanyak 114 victories.
  9. Pembalap Spanyol tetap paling dominan di kelas MotoGP
    Meski Rossi paling banyak menangi kelas utama namun pembalap tuan rumah paling dominan menjadi juara MotoGP Jerez, pembalap asal Spanyol sudah 10 kali meraih gelar juara di kelas utama MotoGP. Prestasi semua kelas juga masih didominasi Spanyol dengan 28 juara dan total 579 poin, diikuti pembalap Italia dengan 24 gelar juara dan 526 total poin sepanjang masa.
Dani Pedrosa pimpin balapan di MotoGP Jerez
Dani Pedrosa pimpin balapan di MotoGP Jerez tahun lalu (Foto: Twitter/Kimena)

Itulah dia 9 Data dan Fakta jelang MotoGP Spanyol 2018, untuk Jadwal GP Spanyol 2018 sendiri akan berlangsung pada Minggu pukul 19:00 WIB, menarik untuk melihat siapa yang akan menang di seri Jerez ini nanti. (Hendri)

Gambar Gravatar
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!