Prediksi MotoGP Perancis 2018
Prediksi MotoGP Perancis 2018

Prediksi MotoGP Perancis 2018, Yamaha Punya Kans besar

Diposting pada

BLOGOTIVE.COM – Prediksi MotoGP Perancis 2018 memihak kepada Yamaha karena sejauh ini prestasi pabrikan berlogo garpu tala sangat bagus dan mendominasi sejauh ini, terakhir di Le Mans, Maverick Vinales berhasil tempati podium tertinggi pada musim 2017 lalu. Bagaimana tahun ini? Yuk baca selengkapnya

MotoGP Perancis bakalan semakin seru masdab, lantaran banyak pembalap berambisi untuk memenangkan balapan terutama untuk duo Yamaha yang kian termotivasi lantaran prestasi YZF-M1 yang sangat baik di Le Mans menurut statistik. Marquez yang sedang leading klasemen juga tak mau begitu saja mengalah meski Honda tidak diuunggulkan disini.

Dari Data Statistik, Yamaha berpotensi menang di MotoGP Perancis

Dari daftar pemenang MotoGP Perancis, Jorge Lorenzo saat bersama Yamaha adalah pembalap yang paling sering memenangkan GP Perancis, sudah 5x pembalap yang kini bersama Ducati tersebut memenangkan seri Le Mans, pembalap Honda seperti Marquez dan Dani Pedrosaa hanya pernah juara sekali saja.

Dari statistik 5 tahun terakhir, Jorge Lorenzo adalah pembalap yang paling sering menang dengan dua kali kemenangan di tahun 2015 dan 2014, kedua adalah Vinales, Marquez dan Pedrosa sama-sama pernah sekali menang.

Valentino Rossi merupakan pembalap yang paling banyak podium sebanyak 3 kali dan The Doctor selalu finish diurutan ke-2, Lorenzo 2 kali selalu menjadi juara dan Vinales juga selalu podium (2x) saat bersama Yamaha (setelah pindah dari Suzuki) di tahun 2016 (posisi ke-3) dan 2017 sebagai juara.

Performa motor Yamaha tidak begitu bagus sampai ke seri ke-4 lalu, namun secara statistik seharusnya Yamaha paling punya potensi untuk memenangkan balapan ketimbang Honda maupun Ducati.

Bagaiamana dengan karakter sirkuit Le Mans?

Hal ini tidak jauh dari faktor trek yang ada di Le Mans yang begitu memihak pada motor Yamaha, Le Mans hampir mirip seperti Jerez. Sejauh ini 6 kemenangan sudah dicetak oleh para pembalap Yamaha yang begitu dominan.

Sirkuit Le Mans memiliki tikungan yang juga lumayan tricky, tikunganya total ada 14 dengan didominasi 9 ke kanan dan sisanya 5 ke kiri.. punya lebar jalan yang lumayan lebar 13 meter dan Longest Straight yang tidak terlalu panjang, hanya 674 meter saja.

Layout Sirkuit Le Mans GP Perancis
Layout Sirkuit Le Mans GP Perancis (gambar: MotoGP Official site)

Jika kondisi motor Valentino Rossi dan Maverick Vinales dalam keadaan bagus bukan tidak mungkin mereka akan keluar sebagai juara, namun Honda dan Ducati juga punya performa yang lebih konsisten sampai di seri ke-4 ini, bukan tidak mungkin jika Yamaha tidak dalam kondisi terbaiknya, Ducati atau Honda bisa saja memutus sejarah bagus Yamaha di Le Mans.

Prediksi MotoGP Perancis 2018, siapa yang akan menang?

Menurut ulasan-ulasan diatas, menurut versi BlogOtive pembalap Yamaha yakni Valentino Rossi atau Maverick Vinales atau bahkan Zarco akan memenangkan race ini.

Maverick Vinales punya kans menang di MotoGP Perancis 2018
Maverick Vinales di Le Mans (gambar: Twitter/Giulia Meregalli)

Jorge Lorenzo punya statsistik bagus, namun sekarang ini dia adalah pembalap Ducati dan yang tahu saja Ducati masih belum bisa menunjukkan sejarah manis di Le Mans. Lorenzo bisa mengancam namun tidak mudah untuk menjadi juara.

Marc Marquez juga sedang dalam kepercayaan tinggi, meski tak diunggulkan namun dia adalah pembalap yang paling ‘Enjoy’ diantara pembalap lainya.

Last, itu dia Prediksi MotoGP Perancis 2018 versi BlogOtive.. tentu saya berharap race akan berjalan semenarik mungkin tanpa ada satu dua yang dominan dan ini hanyalah prediksi semata, apapun bisa terjadi dalam balapan. Jangan lupa Jadwal MotoGP Perancis 2018 akan disiarkan secara langsung pada Minggu, 20 Mei 2018 pukul 19:00 WIB di Trans7. (Hendri)

Gambar Gravatar
Tinggal di Yogyakara, penghobi motor sejak kecil, seorang Testrider, Reviewer dan penikmat balap MotoGP. Mulai aktif berbagi seputar motor pada tahun 2015 hingga kini.