Beranda Motor Matic Perbedaan Mio S, Mio Z dan Mio M3 (termasuk AKS SSS)

Perbedaan Mio S, Mio Z dan Mio M3 (termasuk AKS SSS)

0
BERBAGI
Yamaha Mio series 2018
Yamaha Mio series

Yamaha Mio series ada banyak banget varianya, setelah Mio M3 yang dihadirkan dengan trio keunggulanya kemudian selanjutnya hadir Mio Z dengan basis sama namun kaki-kaki yang lebih besar, lanjut kemudian Mio M3 dengan fitur kunci AKS (Advance Key System) dan teknologi mati otomatis SSS (Stop Start System) sekarang tambah lagi satu varian terbaru yang kata Yamaha ini ditargetkan untuk kaum perempuan yakni Mio S.

Kali ini Mio S datang dengan keistimewaan design yang lebih membulat dan dibekali dengan penerangan bagian depan (headlamp) yang sudah LED dimana lampu tersebut terkenal hemat daya namun lebih terang. Praktis Yamaha punya 4 varian yang diantaranya Mio M3, Mio Z, Mio M3 AKS SSS dan Mio S.

Tentu kita sebagai konsumen kadang bingung ya karena saking banyaknya, mau pilih yang mana, kemudian bertanya-tanya. Apa sih bedanya, perbedaan spesifikasinya apa, persamaanya apa? hah, pastinya. Saya sendiri juga sering bingung dan kebanyakan tertukar meskipun sebenarnya sudah tahu perbedaan-nya. Nah, mungkin BlogOtive akan membuat list perbedaanya saja ya disini untuk referensi masdab dan mbakyu semua jika hendak memilih satu diantara ke-4 motor yang pernah berjaya di eranya ini.

Sebelumnya, kita lihat dulu Persamaan pada ke-4 Mio series ini

Sebelum kita membahas perbedaanya, perlu kita tahu nih kalau keempat motor ini memiliki mesin yang sama, tidak ada bedanya sama sekali yakni menggendong engine berkubikasi 125 cc dengan teknologi Bluecore. Secara dimensi dan design juga tidak ada perbedaan berarti, hanya saja untuk desain yang paling berbeda disini adalah Mio S yang lebih membulat dan lebar pada bagian headlamp LED-nya, selebihnya hampir sama apalagi untuk Mio M3 dan Mio Z (sama persis).

  • Dimensi dan berat hampir sama
  • Mesin 125 cc Bluecore teknologi dengan berpendingin Udara
  • Forged Piston dan Diasil Cylinder
  • Kapasitas Bagasi 10,1 Liter
  • Kapasitas Bahan Bakar Minyak 4,2 Liter
  • Kunci berpengaman Magnet
  • Speedometer Analog dengan ECO Indikator
  • Fitur keselamatan Stand Side Switch, mesin mati ketika standar lupa diangkat

Itu dia persamaanya, Yuk langsung bahas perbedaanya.

Perbedaan Yamaha Mio S, Mio Z dan Mio M3 (termasuk AKS SSS)

Desain
Untuk urusan design, Mio M3 hadir dengan struktur yang banyak sudut runcingnya, apalagi bagian depan di lampunya, kalau Mio Z jelas sama dengan Mio M3 karena motor ini hanya beda pada bagian kaki-kaki yang lebih lebar. Yang berbeda adalah Mio S, selain bagian depan membulat dan kelihatan paling beda, dimana bagian kokpit lebih melengkung sehingga memberikan ruang yang lebih lega (increase free space) daripada Mio M3.

Tampilan Lampu LED Yamaha Mio S
Tampilan depanĀ  Yamaha Mio S serba membulat

Warna dan Striping
Kalau kita perhatikan warnanya, Mio M3 punya tampilan warna yang serba mencolok didukung grafis yang mentereng banyak warna, Yamaha menyebutnya “Grafis Trendi”, sementara beda dengan Mio Z yang punya warna Doff atau Matte dengan striping yang simpel. Sementara kalau Warna Mio S karakternya kalem, soft dan lembut enak dipandang, pilihan warnanya juga tidak mencolok, kalaupun merah memilih merah marun, hijau muda, grafisnya juga enggak macam-macam. Dengan banyaknya varian Mio, mungkin kelebihanya ada disini, konsumen punya banyak pilihan.

Perbedaan Design Mio M3 dan Mio S
Perbedaan Design Mio M3 dan Mio S

Design Jok Mio M3 SSS AKS paling beda
Design Jok Mio series tertinggi dengan full fitur ini punya design jok berbeda dengan Mio M3, Mio Z dan Mio S yang dimana yang lain hanya warna Hitam biasa saja, kalau punya M3 SSS AKS ini berwarna cokelat yang kalau dilihat memberi kesan “mahal”.

Jok Warna Cokelat Mio M3 SSS AKS
Jok Warna Cokelat Mio M3 SSS AKS

Fitur Mio S, Mio Z dan Mio M3 berbeda-beda
Simpelnya, Mio M3 adalah varian paling standar, Mio Z adalah Mio M3 dengan ban lebar sementara Mio M3 SSS AKS adalah varian tertinggi yang menerapkan full teknologi Yamaha seperti mati otomatis dan kunci berpengaman magnet yang lebih canggih, nah sedangkan Mio S adalah seri Mio yang pakai Lampu LED, Lampu Hazard dan komponen kekinian Yamaha. Simak deh infografis dibawah ini

Perbedaan Fitur Mio M3, Mio Z, Mio S dan Mio M3 AKS SSS
Infografis Perbedaan Fitur Mio M3, Mio Z, Mio S dan Mio M3 AKS SSS

Harga keempat Mio series ini juga beragam, berikut daftarnya

  • Yamaha Mio M3 125 = Rp. 15,200.000
  • Yamaha Mio Z 125 = Rp. 15,600.000
  • Yamaha Mio S 125 = Rp. 15,750,000
  • Yamaha Mio M3 SSS AKS 125 = Rp. 16.100.000

Itulah dia Perbedaan Mio M3, Mio Z, Mio S dan Mio M3 AKS SSS, selamat membaca info menarik lainya dan jangan lupa share ya, Terimakasih sudah membaca!

BERBAGI
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!

Tinggalkan sebuah balasan

Mohon ketikkan komentar
Mohon masukan nama kamu disini