Motor Matic Irit bensin 2019

Nih 3 Motor Matic Irit Bensin 2019 dari Pabrikan Jepang

Diposting pada

BLOGOTIVE.COM – Motor Matic menjadi sahabat terbaik untuk commuter menemani aktifitas sehari-hari untuk kerja, sekolah atau hanya sekedar jalan-jalan saja. Bentuk body yang ramping, bisa menyimpan barang bawaan, transmisi otomatis yang tidak bikin repot ketika digunakan di kemacetan menjadi keunggulan motor matic daripada motor dengan transmisi manual.

Tapi bukan itu saja kelebihan motor matic, motor dengan penggerak v-belt ini dikenal Irit Bensin karena body-nya yang compact, tidak berat serta kapasitas mesin yang rata-rata masih kecil, apalagi pabrikan terus berlomba-lomba menciptakan teknologi supaya penggunaan bahan bakar lebih irit dan semakin irit.

Ya, semenjak sistem pembakaran Fuel Injection (FI) datang menggantikan karburator, semenjak itu pula para pabrikan terus melakukan research teknologi sehingga kita kenal dengan istilah-istilah penemuan mereka seperti PGMFI, Bluecore sampai SuperFI, istilahnya sih beda tapi intinya sama yakni menghemat bahan bakar supaya irit bensin.

Bluecore dan PGMFI Injeksi Irit bensin
Bluecore dan PGMFI

Pada tahun 2019 ini keiritan masih menjadi perhatian, meskipun sudah banyak berkembang matic bongsor yang volume mesinya 150 cc keatas namun yang namanya irit siapa sih yang enggak mau irit alias hemat. Ya, untuk sebagian orang mungkin ra urusan bab irit, tapi buat sebagian orang ada yang punya pemikiran daripada dialokasikan ke bensin mending buat ngemil atau keperluan lain misalnya.. hehe.

Nah makanya kali ini BlogOtive akan mengajak teman-teman semuanya untuk nyari tahu motor matic yang irit bensin itu merek apa saja, kriterianya gimana. Setidaknya saya mengamati motor full fokus sudah sejak 2015 ketika BlogOtive meluncur, jadi dikit-dikit tau lah tentang motor baru yang irit.

Kriteria Motor Irit Bensin

Dari manapun, urusan apa saja yang namanya kriteria itu relatif, tapi dominan itu yang dipilih.. berikut kriteria motor matic irit bensin

  • Volume mesin / kapasitas mesin.. makin besar, power besar, makin boros!
  • Bobot, kalau sama-sama 110 cc misalnya.. yang bobotnya lebih ringan kemungkinan besar lebih irit.
  • Teknologi yang dipakai. Salah satu contoh, Bluecore dan YMJET kencengan YMJET tapi iritan Bluecore, ada mapping disana itu pabrikan yang lebih paham.

Selebihnya tergantung kondisi jalan dan karakter si pengemudi… perilaku pengemudi juga berpengaruh pada iritnya motor.. bisa jadi saat naik motor A serasa lebih boros karena medan yang dilalui beda dan gaya naiknya beda.. dipakai pas santai sama pas kesusu (keburu-buru) ya jelas beda, makanya baru-baru ini pabrikan menyematkan ECO Indikator.

Semakin kreatif mencari lubang semut, semakin gatel tangan kanan, semakin boros!

Medan nanjak, bawa berat juga semakin boros daripada kebalikanya. jadi banyak indikatornya bro!

Yo wis itu sedikit teknisnya saja beberapa hal yang mempengaruhi boros atau irit motor.. sekarang ini saya akan membagikan 3 motor matic irit bensin dari masing-masing pabrikan Jepang ya.. dari kriteria diatas bisa dipilih mana yang irit. Yuk mulai..

Motor Matic Irit Bensin

Honda BeAT

Honda BeAT Matic Irit
Honda BeAT

Honda BeAT adalah motor paling irit dari semua motor matic Honda seperti Vario 110 dan Scoopy atau yang lainya. Motor ini bobotnya hanya 92 kg untuk tipe standarnya (non ISS).

Menurut Klaim Honda yang sudah melakukan pengujian dengan metode ECE R40 didapati konsumsi bensin 55 km/liter Euro3 dan 57 km/liter Euro2.

Keiritan Honda BeAT bersama skutik lain juga sudah di tes oleh Lembaga Afiliasi Penelitian dan Industri (LAPI) Institut Teknologi Bandung (ITB), hasilnya konsumsi bensin mencapai 84,14 km/liter.

Kalau kamu ngetes, dijamin juga hasilnya akan beda masbro.. tapi pada intinya, motor ini irit wis.

Yamaha Mio series

Motor Irit Mio dari Yamaha
Yamaha Mio M3

Yamaha Mio motor matic Yamaha paling irit , motor ini punya berat hanya 94 kilogram saja dan bobot ini sama untuk semua skutik Mio series seperti Mio S dan Mio Z, dan mesinya juga sama.

Dari beberapa event uji irit yang dilakukan Yamaha, Konsumsi bensin ketika di tes hasilkan angka berbeda-beda tergantung riding style.. tapi paling tinggi hasilkan 72,3 km/liter dan yang paling rendah 42,2 kmpl. Irit gak tuh, catatan juga ini kapasitas mesinya 125 cc bro!

Suzuki Nex II

Suzuki Nex Irit Bensin
Suzuki Nex II

Suzuki Nex II adalah motor paling irit dari Suzuki bro sis semua, motor ini bobotnya paling ringan daripada Address yang 95 kg, ini hanya 93 kilogram saja.

Soal irit, motor matic Suzuki ini tidak kalah juga dibanding Honda dan Yamaha. Bahkan pernah sebet Rekor MURI sebagai motor matic paling irit dengan konsumsi BBM hingga 109,8 kilometer per liter. Wow gak tuh.

Nah kalau kamu baca artikel review dari beberapa media, konsumsi BBM Nex II ini ,rata-rata bisa melewati angka 45 kilometer per liter loh.

Last itu dia 3 deretan Motor Matic Irit Bensin, pada kesimpulanya motor-motor diatas itu hampir sama loh iritnya dan justru yang paling menentukan adalah pengendara dan kondisi pendukung pengendara itu sendiri, coba deh tips dari BlogOtive naik motor matic atau motor apapun itu kalau mau irit gasnya yang konsisten dan di rpm menengah.. jangan bejek-bejek dan keseringan stop and go. Kalau soal irit hampir sama, Monggo mau pilih mana? (Hendri)

Gambar Gravatar
Tinggal di Yogyakara, penghobi motor sejak kecil, seorang Testrider, Reviewer dan penikmat balap MotoGP. Mulai aktif berbagi seputar motor pada tahun 2015, menulis lebih dari seribu kata setiap hari.. :)