23.4 C
Yogyakarta
Jumat, Februari 3, 2023

8 Perbedaan Honda Vario 160 ABS dan CBS, Bukan Hanya Rem Cakram saja!

All New Honda Vario 160 ABS dan CBS memiliki beberapa Perbedaan, ternyata bukan hanya rem cakramnya saja yang membedakan keduanya. Tapi total ada 8 ini.. mari kita simak..

Honda Vario 160 hadir dengan dua varian yakni versi ABS dan CBS, keduanya memiliki beberapa pembeda diantaranya yang paling ketara adalah sistem pengeremanya yang dimana untuk versi ABS sudah dilengkapi rem cakram pada bagian belakangnya.

Dengan adanya pilihan sistem pengereman disc brake / cakram cukup positif untuk Vario 160, mengingat dengan kapasitas mesin badak dan tenaga yang dihasilkanya membuat motor ini juga butuh pengereman yang kuat. Pilihan rem cakram ini ada pada versi ABS.

Perbedaan Honda Vario 160 ABS & CBS

Tentu saja versi ABS yang menjadi varian tertingginya dibandrol lebih mahal selisih 3 jutaan tapi kedua varian ini bisa menjadi opsi yang membingungkan karena ada plus dan minusnya tersendiri, untuk kelebihan dan kekurangan masing-masing varian akan saya bahas di akhir artikel sebagai kesimpulan.. tapi sebelum itu, saya akan bahas apa saja bedanya

Bedanya Vario 160 ABS dan Vario 160 CBS
  • Sistem Pengereman ABS & CBS

Vario 160 ABS (Anti-Lock Braking System) merupakan teknologi baru yang sudah wajib diterapkan di motor-motor Eropa beberapa tahun lalu, seperti namanya, tujuan-nya adalah untuk menghindari rem ngancing ketika dipakai rem mendadak.

Baca juga:  Nasib Honda Vario 125 dan Vario 150 setelah lahir Vario 160, Discontinued?

Vario 160 CBS (Combi Brake System) merupakan teknologi motor Honda yang dimana ketika rem depan di tarik, rem belakang yang masih tromol itu juga sedikit memberikan bantuan pengereman, jadi lebih optimal untuk memperlambat atau menghentikan laju kendaraan.

  • Vario 160 ABS sudah pakai Cakram di roda belakang, Vario 160 CBS belum

Seperti yang saya tulis diatas, Honda Vario 160 CBS masih menggunakan rem tromol / drum brake untuk rem belakangnya, jadi masih seperti Vario 150 yang lama dan Aerox yang lama.

Sedangkan Vario 160 ABS selain sudah menggunakan teknologi anti ngancing, rem belakang varian ABS ini juga sudah menggunakan rem cakram / disc brake seperti halnya Honda PCX 160. Sayangnya, cakram belakangnya ini masih belum berteknologi ABS, hanya cakram depanya saja.

All New Vario 160 ABS sudah punya rem cakram belakang
  • Vendor & Ukuran Disc Brake

Meski sama-sama rem depan sudah cakram 1 piston, namun kedua varian ini memiliki merek dan ukuran piringan cakram yang berbeda.

Vario 160 ABS menggunakan merek Nissin dengan diameter disc 220 mm, sedangkan Vario 160 CBS pakai merek Tokico dengan diameter yang masih sama dengan Vario 150 terdahulu yakni 190 mm.

  • Pilihan Warna
Baca juga:  Intip yang baru dari Honda Vario 160 New 2022, Rilis Sebentar Lagi?

Untuk tipe ABS pilihan warnanya adalah Putih Glossy, Hitam Glossy dan Hitam Doff sedangkan tipe CBS ada pilihan warna Merah Doff, Hitam Glossy dan Hitam Doff.

Warna hitam ada di semua varian tapi untuk putih dan merah tidak. Bedanya, untuk warna velg Vario ABS dibalut dengan painting warna cokelat kehitaman sedangkan versi CBS hanya hitam biasa.

Vario 160 ABS Warna Velg Cokelat
  • Emblem 3D untuk Vario 160 ABS

Untuk Vario ABS, AHM menawarkan tampilan dengan kesan elegant dengan menempatkan emblem timbul sebagai identitas, dan tanpa sentuhan striping sama sekali.

Sedangkan Vario CBS memiliki tampilan yang lebih umum dan menggunakan striping sebagai identitas mereka seperti tulisan Honda, 160 dan Vario 160 itu sendiri.

  • Bobot, Vario ABS lebih berat daripada Vario 160 CBS

Vario 160 CBS memang terkesan memiliki fitur yang tidak sebanyak versi ABS-nya, namun hal ini berdampak positif pada bobot keduanya.

Vario tipe ABS memiliki berat kosong 117 kg sedangkan versi CBS-nya lebih ringan 2 kg dengan bobot 115 kg saja. Tidak ada Rem cakram belakang membuat Vario CBS lebih enteng.

  • Vario 160 ABS tidak ada Parking Brake Lock

Karena sistem pengereman Vario 160 CBS masih menggunakan tromol jadi masih memungkinkan untuk disematkan parking brake lock atau rem tangan kalau pada mobil. Vario CBS terdapat tuas rem parkir di setang sebelah kiri.

Baca juga:  6 Warna Vario 160 [year] Varian ABS dan CBS, Hitam Doff Keren Banget

Sedangkan untuk Vario 160 ABS tidak ada parking brake lock karena alasan keamanan dan regulasi. Wah jadi repot pas parkir dengan medan yang enggak rata nih, perlu di ganjel.

  • Harga Vario CBS lebih murah 3 jutaan

Honda Vario ABS dibandrol lebih mahal dengan harga Rp 28,5 juta on the road, sedangkan Vario CBS dibandol lebih murah Rp 2,7 juta dengan harga Rp 25,8 juta saja.

Itulah tadi sederet Perbedaan Vario 160 yang mungkin bisa teman-teman menjadi pertimbangan. Kendati banyak bedanya, kedua varian Vario 160 yang kita compare diatas memiliki fitur yang sama seperti Power Charger, Kunci Keyless dan yang lainya.

Sebagai penutup, Vario 160 ABS dan CBS seridaknya memiliki 8 perbedaan. Nah, dengan selisih 3 jutaan, Vario 160 CBS punya kelebihan bobot yang ringan sehingga memiliki power to weight ratio yang lebih baik daripada Vario ABS. Sedangkan kelebihan Vario CBS memang memiliki kemampuan pengereman yang lebih baik dan lebih safety. Mau pilih yang mana?

Hendri Widananto
Tinggal di Yogyakara, penghobi motor sejak kecil, seorang Testrider, Reviewer dan penikmat balap MotoGP. Mulai aktif berbagi seputar motor pada tahun 2015 hingga kini.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Tetap Terhubung

2,717FansSuka
1,505PengikutMengikuti
2,295PelangganBerlangganan

Terbaru