Beranda Yamaha Mesin MOGE Yamaha seperti MT-07 berlabel Made In Indonesia

Mesin MOGE Yamaha seperti MT-07 berlabel Made In Indonesia

0
BERBAGI
Yamaha MT-07
Yamaha MT-07, mesin motornya mulai akan dirakit di Indonesia

Halo masdab, kemarin muncul berita dari sebuah situs yang membahas tentang perusahaan-perusahaan gitu yakni Nikkei, mengabarkan bahwa katanya Yamaha Co. Ltd (Pusat/Jepang) akan memberi daulat anak perusahaanya yang ada di Indonesia untuk menjadi basis perakitan mesin motor besarnya, selain mesin motor besar alias MoGe (motor gedhe) dikatakan juga akan memproduksi motor off road roda empat (ATV).

Itu Masih “katanya” soalnya itu dari Nikkei belum official dari yang bersangkutan, nah Beberapa hari yang lalu Yamaha Indonesia mengonfirmasi hal tersebut dan memang benar Yamaha Indonesia akan mulai memproduksi mesin motor Moge.. hanya mesin saja. Nah tetapi selain mesin moge Yamaha juga akan memproduksi mesin motor roda empat tetapi bukan ATV seperti yang dikabarkan, melainkan ROV (Recreational Off-highway Vechile).. motor yang sering ada di tempat-tempat wisata.

Motor ROV Yamaha
Wujud Motor Rekreasi Yamaha yang dimana mesinya akan digarap di Indonesia

Yamaha Indonesia akan memproduksi Mesin Moge dan ROV

Menurut pemberitahuan resmi Yamaha yang tertuang dalam press-release, Yamaha Indonesia (PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing) YIMM akan mulai memproduksi mesin motor tahun 2017 ini masdab.. sementara untuk motor ROV baru akan dilaksanakan pada tahun 2019 nanti, mungkin baru persiapan.. ancang-ancang dulu.. IMO.

Kemudian, Tujuan export untuk mesin ini adalah Benua Eropa untuk mesin Moge dan Amerika Serikat untuk ROV.

Kata Pak Abidin, sosok internal Yamaha yang cukup welcome dengan Blogger biasa saja seperti saya dan memang profesi beliau adalah seorang PR.. hehe, beliau mengatakan bahwa YIMM mendapati mandat Yamaha pusat untuk hal ini karena produk yang dihasilkan perusahaan yang punya basis produksi di Pulogadung ini memiliki kualitas yang tinggi dan hasilnya terpercaya, berikut kutipanya
“YIMM ditunjuk YMC (Yamaha Motor Company) Jepang untuk memproduksi mesin motor besar dan ROV karena kualitasnya yang tinggi dan hasil produksinya yang sudah terpercaya, terbukti dari ekspor sepeda motor yang diterima dengan sangat baik di pasar global,” jelas M.Abidin, GM After Sales & Public Relation PT YIMM.

Seperti kita ketahui masdab.. Yamaha Indonesia sendiri sudah mengeksport ribuan motor (motor loh ya bukan mesinya saja) ke luar negeri khususnya Asia dan juga Eropa, motor-motor Yamaha kelas menengah diantaranya seperti NMax, R-25, R3, XMax 300 dll sudah tembus ke benua Eropa.. mungkin ini semacam training dari Yamaha Pusat.. IMHO atau memang karena sudah export dan berhasil jadi YMC pikir-pikir untuk menjadikan Yamaha Indonesia membantu pabrik Jepang handling soal mesin motor.

Mesin Motor apa saja yang akan di produksi Yamaha Indonesia?
Kepo nih soal mesin motornya, apakah kategori 1.000cc (R1) masuk? nah infonya Yamaha MT-07 menjadi salah satu mesin yang akan diproduksi.. sayangnya untuk mesin R1 masih tanda tanya, mungkin esok kita akan gali lagi.

Mesin Motor Yamaha MT-07
Ini dia Mesin Motor Yamaha MT-07

Dengan Yamaha Indonesia yang menjadi basis produksi mesin motor besar (Moge) ini jelas merupakan sejarah baru untuk industri otomotif di Indonesia yang semakin melambungkan nama negara kita tercinta ini, cukup membanggakan bagi saya.

Last, sayang sekali meskipun Yamaha Indonesia adalah perakit mesin Moge namun bukan berarti Indonesia juga merakit motornya.. YIMM hanya membuat mesinya saja kemudian di export ke Eropa dan AS untuk kemdudian diolah menjadi produk utuh disana. Kemudian dari sanalah moge-moge akan di export ke seluruh dunia termasuk Indonesia lagi.. jadi untuk moge Yamaha sloganya adalah “Dari Indonesia untuk Indonesia” haha..

Yamaha Indonesia sendiri dikakan tidak memiliki rencana untuk memproduksi unit moge utuh (bukan hanya mesinya saja).
“Tidak ada rencana memproduksi unit motor besar dan unit ROV di Indonesia. Impor motor besar juga akan terus kami lakukan,” tegas M.Abidin.

Mesin Motor Yamaha akan berlabel Made in Indonesia. Salam gaspol!

BERBAGI
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!

Tinggalkan sebuah balasan

Mohon ketikkan komentar
Mohon masukan nama kamu disini