Beranda Yamaha Yamaha Indonesia Akan Memproduksi Mesin Moge dan ATV

Yamaha Indonesia Akan Memproduksi Mesin Moge dan ATV

0
BERBAGI
Pabrik Yamaha Indonesia

Seperti yang kita kenal, Yamaha Motor Co Ltd merupakan perusahaan multinasional yang bergerak memproduksi sepeda motor yang telah memiliki banyak cabang di seluruh dunia, tidak terkecuali di Indonesia yang merupakan salah satu pabrik besar garpu tala.

Kabar yang cukup menarik datang dari pabrikan asal Jepang ini, seperti dilansir dari Nikkei, informasinya Yamaha Indonesia akan didaulat untuk memproduksi mesin motor besar (Moge) dan juga sepeda ATV atau roda empat untuk diproduksi dan diekspor ke Negara-negara Barat (Eropa).

Di Jepang sendiri di Pabrik Iwata sana, Yamaha sudah berhasil membuat mesin motor baru sekitar 200.000 mesin per tahun dan sekitar 50.000 mesin per tahun untuk kendaraaan ATV.

Nah, rencananya. Yamaha Co. Ltd akan menggeser sebagian produksi mesin ke pabrik yang ada di Indonesia untuk memanfaatkan fasilitas plant yang ada di pabrik Yamaha Indonesia, Perusahaan Jepang akan menginvestasikan miliaran yen atau puluhan juta dolar agar tercapai target pembuatan mesin 10.000 hingga 20.000 mesin per tahun di Pabrik Indonesia.

Mesin Motor yang akan diproduksi di Indonesia adalah motor yang memiliki kapasitas 700 cc keatas. Tahun ini Yamaha baru mulai membuat suku cadang untuk ATV dan selanjutnya diharapkan akan mulai beroperasi untuk merakit mesin motor dan ATV secara penuh pada tahun 2019 nanti.

Yamaha R1 2017
Yamaha R1, motor berkapasitas mesin 1.000 cc

Rencana ini adalah untuk meningkatkan produktifitas, ditambah lagi rencananya Yamaha akan membuat banyak model dengan mesin yang sama, jadi satu mesin digunakan untuk beberapa merek contohnya seperti MT10 dan R1 yang pakai basis mesin yang sama.

Sementara untuk mesin ATV juga bisa diperluas lagi, supaya 60%-70% mesin ATV juga bisa dipakai untuk mobil salju dan mesin perahu.

Motor ATV Yamaha
Raptor 700R, Salah satu Motor ATV Yamaha

Last, Yamaha sepertinya cukup percaya dengan fasilitas yang ada di pabrik Indonesia, otomatis percaya dengan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang dimilikinya karena pastinya yang akan menangani perakitan mesin ini adalah putera-puteri bangsa. Menarik nih masdab.. jadi sejarah

BERBAGI
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!

Tinggalkan sebuah balasan

Mohon ketikkan komentar
Mohon masukan nama kamu disini