Tes Konsumsi BBM Aerox 155 tipe S
Tes Konsumsi BBM Aerox 155 tipe S

Konsumsi BBM Yamaha Aerox 155 tipe S ABS, Irit atau Boros?

Diposting pada

BLOGOTIVE.COM – Yamaha Aerox tipe tertinggi (S-version) punya mesin 155 cc Bluecore + Stop Start System (SSS) yang akan bekerja mematikan otomatis ketika berhenti. Apakah Konsumsi BBM Aerox ini termasuk Irit ataukah Boros? Yuk simak!

Kita bakalan membahas matic Yamaha lagi masdab, kalau kemarin adalah Yamaha Lexi 125 yang juga sudah kita tes Konsumsi BBM si Lexi 125, sekarang kita bakalan membahas konsumsi Bahan Bakar Minyak dari Aerox 155..

Punya power mesin maksimal 11,0 kW dan Torsi 13,8 Nm tentu motor ini punya tarikan yang mantap betul, apalagi bobotnya 116 kilogram (tapi untuk tipe S ini 118 kg) jadi PWR motor ini masih gede 0,6 kg/kw, ya setidaknya lebih tinggi daripada NMax.. meskipun power dan torsinya sedikit lebih kecil.

Nah tentu dengan power segitu butuh suplai bahan bakar yang super dong? ya tentu saja, makanya muncul pertanyaan apakah motor matic gambot dengan ban profil lebar 110 depan 140 belakang ini punya konsumsi BBM yang boros?

Konsumsi BBM Yamaha Aerox 155 tipe S

Pengetesan yang saya lakukan berdasarkan pemantauan di Speedometer, berjalan 70 kilogram Jogja – Gunungkidul bolak-balik dengan dua metode berkendara yakni memaksimalkan performa dan riding santai..

Tes pertama tes performa, BlogOtive penasaran dengan mesin 155 cc Aerox ini yang ternyata kencang sekali, sangat mudah meraih high-speed (100 kpj), nah yang pertama dilakukan adalah mereset speedometer Aerox pada MID AVE/FUEL langsung geber.. jika ada kesempatan pasti motor selalu digeber.. beberapa momen melaju dengan kecepatan 103 kmpj dan 107 kmpj.

Hasil konsumsi BBM metode performance ini saya mencatatkan konsumsi BBM 42-an sekian Kmpl masdab.. sayang enggak sempat kejepret kamera waktu itu (lupa foto) dan keburu dengan gaya berkendara yang lain yakni santai.. gak mau campur aduk, jadi ya di ingat-ingat sendiri saja.

Dengan tipe tertinggi (tipe S) yang pakai fitur mati otomatis ini lumayan berguna untuk sedikit membantu menghemat BBM di lampu merah, mendinginkan mesin dan mendinginkan rider itu sendiri.. hehe karena minus getaran dan tidak ada suara..

Kemudian bagaimana dengan mode kenyamanan? ya, disini pas balik saya tes dengan metode Economic Riding mode (ECO ride) ala BlogOtive, yakni berkendara santai.. kecepatan konsisten dan urut gas perlahan.. sambil memantau kondisi irit terbaik di spedometer.. berapa hasilnya?

Konsumsi BBM Yamaha Aerox 155
Hasil tes Konsumsi BBM Yamaha Aerox 155

Hasilnya adalah 52,4 Kmpl, seperti foto lampiran di atas.. sebenernya masih bisa di ajak lebih irit lagi loh..

Kesimpulanya, mau seberapa irit pakai Aerox 155 ini tergantung cara berkendara.. tapi untuk mengejar performance-pun Aerox ini tidaklah bisa dikatakan boros lah wong masih bisa catatkan 42 kmpj. Bisa dikatakan irit untuk motor 150 cc untuk power 11 kW.. tapi sayangnya kapasitas Tanki BBM hanya 4,6 liter ya, itu minusnya,.. jadi sering-sering mampir SPBU. (Hendri)

Gambar Gravatar
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!