Byson FI emblem shroud
Byson FI lama, posisi emblem di shroud.

Kemana Yamaha Byson FI? Akankah di suntik mati atau masih mau diperbarui?

Diposting pada

BLOGOTIVE.COM – Kemana Yamaha Byson? Ya itu adalah pertanyaan saya mengenai motor 150 cc yang merupakan rival CB150 Verza yang baru saja di perbarui oleh AHM. Ya, meskipun dari garis desain Verza dan Byson sangat berbeda tetapi karena main di sekmen dan range harga yang hampir sama.. dibawah Rp 20 juta dan kubikasinya 150 cc, SOHC maka bisa lah ya kita anggap sebagai rival. Sekarang ini Byson seperti hilang dari peredaran masdab..

Yamaha Byson diperbarui dengan sistem pembakaran Fuel Injection (FI) pada 2015 lalu dan otomatis menggantikan Byson karburator.. tapi meskipun berubah sistem bakar namun basis Byson masih tetaplah sama dengan desain kekar.. “The Most Agressive Muscular Design” ya saya masih ingat selogan itu.. secara filosofi memang hewan Byson dengan punuknya sebagai tanki..

Filosofi Yamaha Byson FI
Filosofi Yamaha Byson FI

Tahun demi tahun, kok Byson FI malah semakin menghilang, padahal Honda Verza masih tetap eksis dengan mencatatkan 50.000 penjualan di tahun lalu, lalu kenapa Byson Fi .. segi sekmen, meskipun orang lebih memilih naked keren seperti Vixion atau CB150R yang punya power besar.. nyatanya dengan melihat angka penjualan Verza, kelas 150 cc entry-level masih bisa dikatakan lumayan..

Kabar terakhir mengenai Byson.. motor ini hanya laku 2 biji saja di bulan Januari 2018, wah.. edyan, se-Indonesia yang luas ini hanya didistribusikan dua buah saja? hmm… nampaknya Yamaha berusaha mengurangi distribusi untuk motor ini.. Kebanyakan stock di dealer? Ya betul sekali, ini sudah dikonfirmasi oleh salah satu petinggi PT YIMM.

Kemana Yamaha Byson FI, Suntik Mati atau diperbarui?

Hmm.. biasanya, kalau distribusi dikurangi itu ada dua penyebab masdab.. yang pertama karena di dealer sudah menumpuk alias tidak memerlukan suplai unit dari pabrikan atau yang kedua bakalan ada versi baru yang hadir alias diperbarui.. nah kasus Byson FI ini masuk ke kategori yang pertama.. yakni “stock menumpuk”

Yamaha Byson FI
Shroud Yamaha Byson FI (Otosia)

Sepertinya Yamaha lebih memprioritaskan matic.. terbukti terakhir perusahaan berlogo garpu tala ini memperkenalkan Yamaha Lexi 125 yang masuk keluarga Maxi , Ya di kondisi lalu lintas yang mulai ramai ini, Motor Matic lebih berkembang.. bahkan masuk ke sekmen premium.. 250 cc, coba deh bandingkan dengan distribusi Yamaha XMax.. meski harganya mendekati 50 jutaan, motor matic dengan Traction Control itu lebih laris daripada Byson FI.

Ditambah lagi, di sekmen naked 150 cc Yamaha juga sudah punya Vixion yang dari dulu stabil, toh sekarang dicercah menjadi dua varian yakni standar dan R-version.. kayaknya “mumet” nih Yamaha ngurusin banyak produk. Artinya apa masdab?

Sorry to say, Yamaha Byson sudah terabaikan.. terutama untuk lifecycle dimasa mendatang.. untuk sekarang ini kita jangan terlalu berharap jauh dengan update-an untuk Byson meskipun sang rival sudah di update.

Last lalu kemana Byson? Disuntik mati? entahlah, yang jelas belum ada rencana diperbarui.. menurut analisa BlogOtive. (Hendri)

Gambar Gravatar
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!