Beranda Honda Honda CBR600RR akan di Stop Produksi lantaran Emisi

Honda CBR600RR akan di Stop Produksi lantaran Emisi

0
BERBAGI

Honda CBR600RR sang super sport Honda di kelas 600 cc akan di suntuk mati atau di Stop Produksi mulai beberapa waktu kedepan lantaran regulasi Standar Emisi gas Buang di negara-negara maju Eropa yang sudah menerapkan Standar Euro 4.

Kalau di negara kita, di Indonesia sudah menerapkan aturan Standar Emisi wajib Euro 3, di Eropa sana sudah gencar memasuki era Euro 4, maklum masdab, tuntutan jaman yang semakin modern juga harus diimbangi dengan pemeliharaan lingkungan yang juga ditingkatkan demi kelangsungan hidup anak cucu nanti, weleh malah sampai sini..

Yup, intinya pabrikan pasti bakalan berbondong-bondong untuk merombak motor agar lolos Standarisasi Emisi gas buang Euro 4, kalau enggak siap merombak ya jalan lain adalah di Stop Produksi seperti yang akan dilakukan Honda untuk CBR600RR ini sob. Motor tersebut dikabarkan tidak mendapat jatah pembaruan engine yang lebih friendly.

  Disinyalir rilis Oktober, Yamaha R6 2017 tidak mungkin masuk Indonesia tahun ini
Honda CBR600RR
Honda CBR600RR (MotorcycleUSA)

Tidak hanya Honda saja kok yang bakalan menyuntik mati produknya untuk agar lolos Emisi Euro 4, namun Yamaha Eropa juga akan menyuntik mati dua motornya yakni XT 660Z dan XJR1300 serta melakukan beberapa revisi untuk motor sport yang lain seperti Yamaha R6 yang dikabarkan bakalan di revisi pada bagian Knalpot agar lolos emisi suara Euro 4.

Memang disayangkan kompetitor Yamaha YZF-R6 ini di suntik mati, tapi Honda memang sudah memiliki CBR650F sebagai motor super sport fairing dengan mesin 4 silinder segarisnya, jadi mungkin ini juga yang menyebabkan Honda tidak menyediakan stock engine untuk CBR600RR karena disana sudah ada CBR650F yang sudah dirancang untuk Euro 4 dan populasinya juga sudah masuk Bigwing Honda di Indonesia.

  Yamaha R6 2017 tidak jadi rilis di Intermot, mundur ke EICMA 2016
Honda CBR650F alternatif CBR600RR
Honda CBR650F, sosok alternatif CBR600RR

Karena basis mesin Honda CBR600RR digunakan juga sebagai supplier balap Moto2 maka Honda sendiri sudah angkat tangan kepada Federasi Balap Motor Dunia, FIM untuk setidaknya mencari supplier mesin lain mulai 2019 nanti.
Berikut adalah Pemberitahuan resmi yang dilayangkan FIM yang di publikasikan oleh Motomatter (versi Indonesia).

“Pengumuman datang sebagai hasil dari Honda CBR600 powerplant, yang telah diberdayakan sepeda Moto2 sejak awal kelas, kini mencapai akhir kehidupan pelayanannya. Mesin yang hampir tidak berubah sejak diperkenalkan pada tahun 2010, dan Honda tidak dapat menjamin pasokan suku cadang untuk mesin di luar kontrak saat ini, yang berakhir setelah musim 2018.”

Honda CBR600RR akan di Produksi lantaran Emisi, Yamaha XT660Z dan XJR1300 juga bakalan disuntik mati di Eropa. Mungkin di kawasan lain yang belum menginjak Standarisasi Euro 4 motor ini masih akan tetap di produksi, tapi kita musti menunggu kabar official-nya.

BERBAGI
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Motolovers!

Tinggalkan sebuah balasan

Mohon ketikkan komentar
Mohon masukan nama kamu disini