25.6 C
Yogyakarta
Jumat, Juli 23, 2021

Generasi Honda BeAT dari Tahun ke tahun, Masa ke masa

BLOGOTIVE.COM – Halo masdab dimanapun anda berada, sekarang ini kita akan membahas tentang matic yang sangat populer dengan jutaan pengguna di seluruh Indonesia, Ya kita akan mengupas Generasi Honda BeAT dari tahun ke tahun, dari generasi pertama sampai sekarang ini.

Honda BeAT merupakan matic paling terjangkau yang dijual Honda untuk saat ini, peminatnya sungguh luar biasa. Data dari wholesale yang merupakan angka distribusi dari pabrik ke dealer di seluruh Indonesia, BeAT mencatatkan ratusan ribu unit setiap bulan-nya.

Penggunanya sangat beragam, mulai kaum hawa sampai adam menggunakanya, dari yang tua “emak-emak” sampai kebanyakan yang muda, memang motor ini sepertinya ditargetkan untuk kaum muda.

Menarik untuk BlogOtive membahas generasi Honda BeAT dari masa ke masa, mengetahui bagaimana upaya pabrikan untuk menciptakan life-cycle motor ini sehingga masih bisa bertahan sampai saat ini, berikut adalah..

Generasi Honda BeAT dari tahun ke-tahun

Era motor matic mulai tumbuh, membuat pabrikan berlomba-lomba untuk menciptakan yang terbaik. Bermula saat kubu rival, Yamaha memperkenalkan Mio generasi pertana pada tahun 2003 dan menuai sukses beberapa tahun setelahnya, Honda-pun pada akhirnya membuat tandingan melalui Honda BeAt.

Baca juga:  Motor Sejuta Umat Honda BeAT Punya Warna Baru di Awal 2019

2008 – BeAT Karburator Generasi pertama

Honda BeAT tahun 2008 Generasi Pertama
Honda BeAT 2008

Sejarah Lahir BeAT di mulai tahun 2008, Honda BeAT diperkenalkan di Indonesia secara perdana oleh PT Astra Honda Motor (AHM) di tahun 2008, meskipun ini bukan pertama kali di dunia.

Honda Thailand sudah terlebih dahulu memperkenalkan skutik model seperti ini, namun dengan nama Icon.

Motor ini menggunakan mesin 110 cc, SOHC dengan sistem pembakaran yang masih karburator. Untuk mengenali motor ini, ciri khas BeAT keluaran pertama memiliki spakbor yang posisinya di bawah, menatu bersama suspensi teleskopik layaknya motor sport.

Baca juga:  10 Motor Terlaris dengan distribusi terbanyak Februari 2017, Ada new CB150!
Mesin 108cc, SOHC, Pendingin udara, Karburator
Bore x Stroke 50 x 55 mm
Kompresi mesin 9.2 :1
Tenaga Maksimal 8,22 PS @ 8000 rpm
Torsi Maksimal 8,32 Nm @ 5500 rpm
Kapasitas tangki BBM 3,5 Liter

2010 – BeAT Karbu Update Facelift

Honda BeAT tahun 2010
Honda BeAT 2010

Pada akhirnya, Honda memberikan update dua tahun setelah motor ini pertama kali rilis. Update-nya cukup minor change, rubahan kecil saja atau biasa kita sebut sebagai facelift.

Honda BeAT disempurnakan dengan tapak pembonceng yang lebih lebar dan perubahan posisi spakbor depan dari yang menempel di bawah menjadi menggantung dibawah segitiga, kendati demikian untuk mesin masih sama pakai sistem karburator.

2012 – BeAT Injeksi PGMFI

Honda BeAT tahun 2012
Honda BeAT 2012

Pada tahun 2012, Honda membenamkan mesin baru dengan merubah sistem pembakaran dari Karburator menjadi Fuel Injection, hasil pengembangan insinyur Honda yang disebut PGM-FI.

Baca juga:  Ini Harga All New BeAT di Jogja, Selisih Rp 600 ribuan dari Jakarta

Dalam hal ini, mereka berani mengklaim mesin barunya bisa menghemat BBM 30% lebih irit daripada BeAT karburator.

Mesin 108cc, SOHC, Pendingin udara, Injeksi
Bore x Stroke 50 x 55 mm
Kompresi mesin 9.2 : 1
Tenaga Maksimal 8,52 PS @ 8000 rpm
Torsi Maksimal 8,68 Nm @ 6500 rpm
Kapasitas tangki BBM 3,7 Liter

2014 – BeAT Injeksi PGMFI + eSP

Honda BeAT tahun 2014
Honda BeAT 2014

Sistem Injeksi PGMFI di Honda BeAT mendapat fitur tambahan eSP pada tahun 2014, Honda kembali merombak BeAT dengan membenamkan teknologi baru untuk dapur pacunya, fiturnya ini dinamakan dengan ESP (Enhanced Smart power).

Teknologi eSP mencakup penerapan roller rocker arm dan offset cylinder serta memiliki fitur unggulan seperti Mati Otomatis atau Idling Stop System (ISS) dengan ACG Starter yang minim suara atau bersuara halus ketika di starter serta pengereman kombinasi Combi Brake System (CBS).

Tenaga mesin naik, fitur baru namun konsumsi BBM lebih irit lagi. Di tahun 2014, Honda juga menambah satu varian BeAT lagi menjadi BeAT eSP dan BeAT POP eSP yang punya tampilan lebih terlihat membulat dan ramping.

Baca juga:  Motor Sejuta Umat Honda BeAT Punya Warna Baru di Awal 2019

2016 – BeAT Update Facelift All New (sampai saat ini)

Honda BeAT tahun 2016
Honda BeAT 2016

Dua tahun berikutnya, di tahun 2016 PT Astra Honda Motor (AHM) selaku ATPM memberikan update lagi perubahan facelift yang lebih signifikan berstatus All New.

Masih menggunakan mesin yang sama yang mulai dipakai sejak tahun 2014, Honda BeAT memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih longgar; bagasi lebih luas dan tanki BBM lebih besar menjadi 4 liter.

Baca juga:  Sama-sama Pakai Eco Indicator, Ini Perbedaan pada BeAT dan Mio

Selain itu, Speedometer di rubah dengan perpaduan Analog dan Digital plus penambahan ECO Indicator dan Headlamp serta Casting Wheel (velg) desain baru yang lebih sporty.

Di tahun 2016, Honda juga menambah 1 varian BeAT lagi yang lebih bernuansa “lebih laki-laki” yakni BeAT Street dengan stang semi-flat terbuka (tanpa cover) seperti halnya motor naked.

Mesin 108,2 cc, SOHC, Pendingin udara, Injeksi
Bore x Stroke 50,0 x 55,1 mm
Kompresi mesin 9.5 : 1
Tenaga Maksimal 8,68 PS @ 7500 rpm
Torsi Maksimal 9,01 Nm @ 6500 rpm
Kapasitas tangki BBM 4,0 Liter

 

Jadi itulah dia masdab Generasi Honda BeAT eSP dari masa ke masa menurut catatan BlogOtive, berikut saya sudah dingkas kesimpulanya.

Ringkasan Singkat:

  • 2008 – BeAT Lahir dengan pembakaran Karburator
  • 2010 – BeAT Karbu mendapat update facelift, pijakan kaki lebih longgar dan perubahan posisi spakbor depan
  • 2012 – BeAT berganti sistem pembakaran dari karburator menjadi Fuel Injection (PGMFI).
  • 2014 – BeAT PGMFI mendapat update eSP dengan konstruksi mesin baru dan fitur pendukungnya seperti ISS+ACG. Hadir juga BeAT POP.
  • 2016 – BeAT PGMFI eSP mendapat update facelift, desain keseluruhan baru, All New. Hadir juga BeAT Street.

Hendri Widananto
Tinggal di Yogyakara, penghobi motor sejak kecil, seorang Testrider, Reviewer dan penikmat balap MotoGP. Mulai aktif berbagi seputar motor pada tahun 2015 hingga kini.

Baca Juga

All New CB150R facelift 2021 Resmi Launching di Yogyakarta, Kedu dan Banyumas

BLOGOTIVE.COM - Astra Motor Yogyakarta selaku Main Dealer sepeda motor Honda wilayah DIY, Kedu, dan Banyumas secara resmi telah memperkenalkan motor sport...

7 Fitur Baru All New CB150R Facelift, Suspensi Berubah!

BLOGOTIVE.COM - All New Honda CB150R sudah update facelif lagi bro, pertama kali motor ini mengaspal dengan mesin baru pada 2015 kemudian...

Tinggalkan Balasan

Tetap Terhubung

2,717FansSuka
1,505PengikutMengikuti
92,093PelangganBerlangganan

Terbaru

Pajak Innova Reborn 2016-2021 Bensin dan Diesel, Catat Sebelum Membeli!

BLOGOTIVE.COM - Siapa yang tidak tahu Toyota Kijang Innova, mobil MPV 7 seater yang sudah sejak lama menjadi favorit masyarakat Indonesia karena...

9 Pilihan Warna Honda BeAT 2021, Dibagi Dua Varian

BLOGOTIVE.COM - Untuk kamu yang pengen meminang Honda BeAT, tidak tanggung-tanggung ada 9 pilihan warna keren yang disediakan PT Astra Honda Motor...

Biaya Biro Jasa STNK Perpanjangan Tanpa KTP, Ini Tarifnya

BLOGOTIVE.COM - Perpajakan masih menjadi kendala bagi beberapa orang yang membeli kendaraan bekas atau second, jika hendak perpanjangan tahunan si pemilik STNK...

All New CB150R facelift 2021 Resmi Launching di Yogyakarta, Kedu dan Banyumas

BLOGOTIVE.COM - Astra Motor Yogyakarta selaku Main Dealer sepeda motor Honda wilayah DIY, Kedu, dan Banyumas secara resmi telah memperkenalkan motor sport...

Starting Grid MotoGP Perancis 2021, Quartararo Pole Position

BLOGOTIVE.COM - Starting Grid MotoGP Perancis 2021 di Sirkuit Le Mans menempatkan pembalap pabrikan Yamaha, Quartararo start dari posisi pertama, Fabio meraih...