Fungsi dan Cara Kerja ECO Indikator pada Honda All New Honda BeAT eSP 2016 , BlogOtive – Seperti kita ketahui New BeAT facelift tahun ini diperbarui dengan pergantian design body dan penambahan beberapa fitur seperti bagasi yang lebih luas dan ECO Indikator. Nah, disini kita akan mengajak Otivers semua untuk mengetahui untuk apa sih fungsinya dan bagaimana Cara Kerja dari Indikator tersebut.

Jadi setelah All New BeAT eSP 2016 diperbarui dengan speedometer baru jenis Analog dengan perpaduan Digital, ada indikator baru yang namanya ECO Indicator, posisinya ada disebelah kanan bawah bagaian indikator kecepatan atau speedometer, disana ada tulisan ECO.

Eco sendiri merupakan kependekan dari Economic, kalau dijabarkan adalah Economic Riding Mode (Mode Berkendara Ekonomis) yang artinya mode menghemat bensin atau Bahan Bakar Minyak, jadi itu dia fungsinya yakni untuk membuat BBM menjadi Irit.

Fungsi dan Cara Kerja Indikator Honda BeAT eSP 2016
Fungsi dan Cara Kerja Indikator Honda BeAT eSP 2016

Bagaimana Cara BBM menjadi irit? Caranya adalah memberikan signal atau indikasi kepada pengendara bahwa si pengendara sedang berjalan dengan mode ekonomis atau bukan. karena kita tahu mas/mbak semua kalau irit atau tidaknya kendaraan itu selain teknologi motor, muatan dan kondisi jalan itu dikarenakan oleh gaya pengendara kita (bagaimana kita menarik gas), semakin “arogan” dalam maksud keseringan tarik ulur gas atau berkendara dalam kecepatan tinggi maka semakin tinggi pula konsumsi Bahan Bakar yang diperlukan. Jadi si Indikator Ekonomis ini akan memberitahu pengendara.

Nah, di Honda BeAT, Indikator Ekonomis ada tiga tingkatan yakni Tidak/kurang Irit dibuktikan dengan lampu mati, Irit apabila lampu redup dan sangat irit apabila lampu terang. berikut adalah Cara Kerja atau penggambaranya

ECO Indikator menunjukkan Belum/Tidak irit

ECO indikator mati
ECO indikator mati

Eco Indikator mati, itu berarti kendaraan belum/tidak irit, lampu mati biasanya disaat kendaraan belum berjalan atau digeber dikecepatan tinggi (diaatas 70 km/jaman).

ECO Indikator menunjukkan Irit

ECO indikator redup
ECO indikator redup

Eco Indikator redup, itu berarti kendaraan irit namun belum begitu irit, masih ditengah-tengahnya. Biasanya lampu redup kalau berjalan diantara 0-20 km/jaman.

ECO Indikator menunjukkan Sangat irit

Eco Indikator terang
Eco Indikator terang

Eco Indikator menyala terang, itu berarti kendaraan dalam mode ekonomis atau irit sekali. Biasanya lampu terang kalau motor berjalan dikisaran kecepatan sedang. (diantara 20-70 km/jaman).

Itulah dia Fungsi dan Cara Kerja ECO Indikator pada All New Honda BeAT eSP 2016 , fitur seperti ini juga ada di beberapa skutik yang ada saat ini seperti Yamaha Mio series.

BAGIKAN
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Motolovers!

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Harap tulis sebuah komentar
Harap masukan nama kamu