Kapan BeAT pakai LED?
Lampu Honda BeAT basih bohlam

Kapan Ya BeAT Pakai Lampu LED, Apakah 2018?

Diposting pada

Honda BeAT Pakai Lampu LED sepertinya mulai dilirik orang, motor paling matic paling terjangkau yang diproduksi AHM ini memiliki daya tarik yang luar biasa, selain harganya, tapilan motor ini bisa dikatakan kekinian banget, tahu selera anak muda (meskipun ibu-ibu juga pakai sih). Tapi sayangnya lampunya tidak kekinian, masih bohlam belum pakai LED. Loh kok?

Ya betul masdab, sudah 3 generasi Honda BeAT eSP lahir namun untuk update facelift yang terakhir tahun lalu masih juga belum mengaplikasikan lampu dengan diode, Light Emiting Diode (LED) yang terkenal hemat daya dan lebih terang daripada Bohlam.

Padahal skutik Honda lain seperti Scoopy dan Vario 110 sampai yang bongsor ke PCX Lokal sudah pakai lampu LED, jadi hanya Honda BeAT saja yang masih setia pakai bohlam, padahal brand lain-pun sudah mulai mengaplikasikan LED.

Eits, tapi bukan tanpa sebab PT Astra Honda Motor (AHM) sebagai produsen masih mempertahankan lampu bohlam untuk Honda BeAT ini.

Pengguna BeAT yang menyebar sampai pelosok menjadi alasan utamanya, karena masih jauh dari bengkel resmi (AHASS) dan perawatan LED yang butuh peralatan terkini.

Maka kemudahan konsumen itu sendiri yang diperhatikan supaya tidak kesulitan jika mengalami masalah pada sektor penerangan.

Saat awal launching, Presiden Direktur PT AHM, Toshiyuki Inuma mengungkapkan bahwa sebenarnya sudah ada pertimbangan dari AHM untuk menerapkan lampu LED, namun soal perawatan menjadi pertimbanganya.

Pertimbangan lain adalah karena harga komponen LED yang mahal, bisa dibayangkan harga lampu depan Vario dibandrol Rp 750 ribu lengkap dengan mika dan reflektornya.

Padahal kalau diperhatikan lampu Vario dan BeAT kurang lebih sama dimensinya, sama-sama runcing dan melebar.

Jadi itu dua alasan penting Honda tidak menggunakan lampu LED untuk BeAT eSP, soal perawatan (maintenance) dan harga.

Kapan Honda BeAT pakai Lampu LED?

Lampu depan Honda BeAT
Lampu depan Honda BeAT

Kalau kata Honda alasan maintenance dan pricing menjadi kendala, menurut BlogOtive Honda kurang pede bersaing saja dengan rival Yamaha dengan si Mio 125 yang juga pernah menyandang status “best seller” skutik tanah air.

Kurang pedenya, nanti BeAT bisa lebih mahal daripada Mio 125 dan menjadi pertimbangan konsumen. Bisa jadi mereka pilih bohlam dengan harga yang standar saja.

Tetapi BlogOtive yakin, next BeAT generasi selanjutnya bakalan langsung pakai LED, soalnya trend sudah mengarah ke sini, sembari daya beli meningkat, sepertinya banyak orang perlahan bisa menerima LED karena ya memang meskipun mahal asalkan tidak dipakai jatuh dan pecah, lampu ini masih bisa bertahan bertahun-tahun, jadi jatuhnya awet dan lebih irit (untuk jangka panjang) daripada bohlam.

Tapi untuk sementara ini, sepertinya Honda masih memilih main aman dengan hanya mengganti striping atau grafis untuk model terbarunya, bisa dibilang juga “wait and see” sambil menunggu pergerakan rival, akan ada saatnya punya Mio juga akan pakai LED.

Lampu Bohlam Honda BeAT
Honda BeAT

Untuk 2018 sih sepertinya masih belum ada pergerakan, untuk tahun-tahun selanjutnya bisa diprediksi bakalan punya kemungkinan cukup besar. Honda BeAT LED? Sabar! Sementara siasati dahulu..

Gambar Gravatar
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!