Beranda Moto GP Data dan Fakta MotoGP Misano 2017, Prestasi Lorenzo dan Absenya Rossi

Data dan Fakta MotoGP Misano 2017, Prestasi Lorenzo dan Absenya Rossi

0
BERBAGI
MotoGP Misano tahun 2016
MotoGP Misano tahun 2016, Duel Pedrosa dan Rossi

MotoGP 2017 sudah menginjak Race Day ke 10 dari 18 total race di musim ini, setelah kemarin Dovizioso keluar sebagai juara Silverstone kini kita akan kembali menengok siapa calon pemenang di seri Misano Italia ini, di Misano banyak sekali sejarah terpampang yang bisa diulas kembali sembari menanti-nanti akan ada kejadian apa esok hari.

Di Italia, Misano merupakan sirkuit yang menyelenggarakan MotoGP selain Mugello, sirkuit ini sudah masuk ke kalender GP sejak tahun 2007 silam. Untuk para rider jelasnya ini merupakan kandang beberapa pembalap seperti Valentino Rossi, Andrea Dovizioso, Andrea Iannone, Danilo Petrucci dan Michele Pirro, sirkuit ini juga terdapat monumen untuk memperingati almarhum Marco Simoncelli.

Sirkuit Misano Italia
Sirkuit Misano Italia

Data dan Fakta MotoGP Misano Italia 2017

Valentino Rossi harus absen di kandang sendiri
Salah satu pembalap tuan rumah, Valentino Rossi terpaksa melewatkan Grand-Prix di kampung halamanya sendiri karena menjalani pemulihan operasi akibat mengalami patah tulang kaki dikarenakan latihan motor enduro. (Artikel sebelumnya: Pemulihan Operasi pasca Kecelakaan, Rossi tidak bisa ikut balapan Misano).

Data Trek Sirkuit Misano, banyak tikungan
Misano memiliki trek sepanjang 4,2 Kilometer setiap lapnya serta punya lebar aspal 14 meter. Jumlah tikungan Misano cukup banyak dengan total 16 tikungan dimana kanan lebih dominan dengan 10 tikungan sementara 6 sisanya ke kiri. Lintasan terpanjang Misano hanyalah setengah kilometer (530 m) tidak panjang. Untuk kelas MotoGP diselenggarakan 28 laps.

Rekor Misano sepanjang Masa
Raihan Top Speed masih dipegang Andrea Dovizioso dengan Desmocedici GP-15 di tahun 2015 lalu saat masih pakai ECU pabrikan dengan kecepatan maksimal 299,5 kilometer per jam. Catatan Pole Position masih ditangan Jorge Lorenzo dengan laptime 1 menit 31,86 detik, Lorenzo juga masih belum tertandingi soal raihan Laptime tercepat 1 menit 31,868 detik di musim lalu. Sementara Circuit Record dipegang Dani Pedrosa dengan waktu 1 menit 32,979 detik.

Dani Pedrosa, Pemenang Seri Misano tahun lalu yang naik Podium
Dani Pedrosa berhasil mendapatkan 25 poin pada musim lalu, diikuti pembalap tuan rumah Valentino Rossi diposisi kedua kemudian diikuti Jorge Lorenzo di pos ketiga dengan Yamaha M1 saat itu.

Jorge Lorenzo dalalah Peraih Pole Position terbanyak
Pembalap Spanyol, Jorge Lorenzo merupakan pembalap paling banyak Pole di Misano sebanyak 3 kali, diikuti Dani Pedrosa dan Casey Stoner masing-masing 2x.

Rossi dan Lorenzo pembalap yang paling sering Juara di Misano
Valentino Rossi adalah pembalap yang paling banyak memenangi seri Misano menyamai raihan Lorenzo dengan masing-masing 3 kali juara sementara berikutnya Dani Pedrosa dengan dua kali juara.

Statistik 5 Tahun terakhir
Jorge Lorenzo adalah pembalap paling bersinar di Misano, selama 5 tahun terakhir Lornezo sudah berhasil menjadi juara 2 kali di tahun 2012 dan 2013 plus dengan 4 kali podium, artinya Lorenzo hanya absen podium satu kali, Valentino Rossi adalah pembalap nomor dua setelah Lorenzo yang bersinar di Misano dengan 1 kali juara di tahun 2014 dan 3x podium, Dani Pedrosa juga sudah raih juara 1x tahun 2016 dan 2 kali podium sedangkan Marc Marquez juga sudah sekali juara di tahun 2015.

Itulah dia beberapa deretan Data dan Fakta jelang MotoGP Misano 2017 versi BlogOtive, jangan lupa ya Jadwal GP Misano tanggal 10 September nanti. Salam gaspol!

BERBAGI
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!

Tinggalkan sebuah balasan

Mohon ketikkan komentar
Mohon masukan nama kamu disini