Beranda Masyarakat Otomotif Cara Membaca Kode Ban Sepeda Motor

Cara Membaca Kode Ban Sepeda Motor

0
BERBAGI

Dalam Ban tentu kita menjumpai beberapa tulisan berupa indikasi yang mau tidak mau harus kita pahami agar kita tau karakteristik ban dan tidak salah untuk mengganti ban Sepeda Motor kita, tidak kegedean ataupun kekecilan. Lah, disini BlogOtive akan membagikan bagaimana Cara Membaca Kode Ban pada Sepeda Motor.

Jenis indikasi pada ban itu ada dua jenis sob, yakni Kode Ban Imperal dan kode ban Metric, pada dasarnya yang di-informasikan sama hanya saja cara penyampaian keduanya untuk bisa kita baca itu beda-beda.

Cara Membaca Ukuran Ban
Ban

Contoh:

  • Imperal: 4.60-H-18 4PR
  • Metric: 130/80-17 58P

Pada kebiasaanya atau yang paling umum, untuk merek ban sepeda motor sering menggunakan kode Metric masdab, tapi yang pasti kita akan mempelajari keduanya.

Cara Membaca Kode Ban Sepeda Motor

Imperal
Semua kode baik Imperal ataupun Metric sesungguhnya menyajikan informasi yang sama yakni ukuran ban, diamter velg, batas beban dan batas kecepatan, mengacu pada contoh diatas;
4.60-H-18 4PR

  • 4.60 menunjukkan ukuran lebar ban dalam satuan inchi, dibaca 4,6 inch.
  • H mendandakan ambang batas kecepatan, kode H berarti limit maksimal 210 km/jam.
  • 18 menunjukkan ukuran diameter velg/rim dalam satuan inchi, dibaca ring 18 inch.
  • 4PR menandakan kekuatan ban atau jenis bahan yang dipakai, dibaca 4 lapisan bahan kain yang terbuat dari bahan nilon dalam sebuah carcass.

Dibaca ban dengan lebar 4,6 inchi untuk velg ring 18 inch, menggunakan bahan kain 4 lapisan terbuat dari nilon dalam carcass dengan kecepatan maksimal 210 km/jam.

Metric
Kode ini sering digunakan di hampir semua produsen ban, pada intinya sama juga dengan Imperal hanya saja memang ada sedikit perbedaan penyampaian.
130/80-17 52P

  • 130 menunjukkan ukuran lebar ban dalam satuan milimeter, dibaca 130 mm.
  • 80 menunjukan perbandingan (Aspec Ratio) antara tinggi dan lebar ban, dibaca 80% dari 130 atau bila dikalkulasi menjadi 80/100 x 130 yang hasilnya adalah 104 mm.
  • 17 menunjukkan ukuran diameter velg/rim dalam satuan inchi, dibaca ring 17 inch.
  • 52P menandakan beban muatan maksimal (load index) dan kecepatan maksimal (speed rating) yang mampu di tanggung oleh ban, dibaca 200 Kg (52) dan 150 Km/jam (P).

Dibaca ban dengan lebar 130 mm dan tinggi 104 mm untuk velg ring 17 inch dengan kapasitas muat beban maksimal 200 kg dan kecepatan laju maksimal 150 Km/jam.

Jadi itulah dia sob Cara Membaca Kode ban Sepeda Motor, selanjutnya mungkin BlogOtive perlu menampilkan tabel Speed Rating dan Load Index di laman ini, namun untuk sementara mungkin ini dulu masdab. Semoga bermanfaat!

BERBAGI
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Motolovers!

Tinggalkan sebuah balasan

Mohon ketikkan komentar
Mohon masukan nama kamu disini