Suspensi Up-Side Down (USD) sekarang sudah menjamur dipakai untuk berbagai model motor, umumnya untuk sport dari kelas mesin tinggi hingga 150 cc seperti yang diterapkan Yamaha untuk Xabre yang pakai shockbreaker USD milik Kayaba.

Yamaha R15
Yamaha R15 v2 (lama/sekarang)

Update berita tentang Yamaha YZF-R15 yang diduga kuat bakalan meluncur tahun depan (semester pertama) 2017, Yamaha R15 v3 2017 disinyalir menggunakan suspensi atau shock jenis Up-Side Down (USD).

Sinyalemen ini datang dari vendor yang berhasil diubek-ubek lik IWB, faktanya kode project BK6 punya keterkaitan atau indikasi menggunakan supensi USD, katanya sih ukuranya sama seperti milik Xabre 150. Cukup masuk akal!

Yamaha Xabre 150
Yamaha Xabre 150 saat diperkenalkan lalu

Yamaha Xabre 150 punya basis mesin yang sama dengan YZF-R15 v2 tapi menggunakan Suspensi USD merk Kayaba, jikalau Yamaha R15 v3 juga mau pakai suspensi USD juga sepertinya itu cukup masuk akal masdab.. memang tidak bisa dipungkiri, pakai shock USD lebih ganteng daripada pakai teleskopik kalau untuk motor fairing seperti R15.. IMO.

Kalau ini nanti benar terjadi, maka Yamaha bakalan jadi first-mover untuk Motorsport/Motor Fairing 150 cc yang menggunakan suspensi jenis Up-Side Down (USD).

Kelemahan pada Suspensi Up-Side Down untuk sebuah sepeda motor kalau menurut BlogOtive adalah soal harga, harga USD lebih mahal daripada Teleskopik.. artinya cost-produksi dan Harga motor juga bakalan ikut naik.. jika sekarang Yamaha R15 berada di kisaran harga Rp 30 jutaan, dengan vendor Kayaba maka kemungkinan bisa naik jadi Rp 32-34 jutaan..

Tapi dengan harga segitu, untuk bersaing dengan kompetitor (Honda CBR150R) urusan harga masih bisa imbang-imbangan, secara harga CBR150R juga dikisaran Rp 32 jutaan dan soal value-for-money saat ini Yamaha harus diakui lebih juara..

Disinyalir juga, Yamaha R15 v3 tahun 2017 nanti juga akan tersedia dengan dua varian yakni non-ABS dan ABS, kita tahu kalau negara Eropa, fitur Anti-Lock Braking System (ABS) merupakan sebuah kewajiban yang harus melekat pada sepeda motor.. ya meskipun R15 bukan untuk pasar Eropa.. tapi kan skutik 150cc Yamaha sudah pakai ABS semua.

Akhir paragraf.. untuk Yamaha R15 v3 2017 yang ‘disinyalir’ pakai shock USD masih sebatas rumor ya masdab.. meskipun tidak bisa dipungkiri ada fakta disana tapi jangan dijadikan acuan terlebih dahulu.. kita wait and see saja dulu.

BAGIKAN
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Gaspol!

LEAVE A REPLY

Harap tulis sebuah komentar
Harap masukan nama kamu