Yamaha R15 tetap 149 cc SOHC? , BlogOtive – Harapan hampir sirna saat beberapa bukti mengatakan bahwa next gen R15 disinyalir bakalan pakai kubikasi mesin yang identik dengan mesin lalu yakni 149 cc, Single Cam dan tidak seperti yang dirumorkan sebelumnya bakalan menggunakan teknologi pengoptimalan kinerja klep, Variable Valve Actuator (VVA), no-VVA?

Kenapa bisa begitu dan darimana asalnya membulat seperti ini? pertama dari beberapa bocoran yang keluar masdab, seperti artikel yang di publikasikan oleh sang masterpiece soal bocor-membocor mengintip pergerakan melalui vendor, Iwanbanaran (kang IWB). Diartikel yang dipublish kemarin beliau menulis bahwa kode project BK6 dan tepatnya BK61 dipastikan milik New Yamaha R15 2017, bulan ini (September) masuk tahap N100.

  Bocoran Harga Suzuki GSX-R150, diusahakan lebih murah dari kompetitor
Yamaha R125 inspirasi R15
Yamaha R125, tampilanya tampan.. inspirasi untuk R15 v3?

Spesifikasi mesin bakalan identik dengan current R15 yakni SOHC, 4-valve namun dengan material yang lebih kuat, entah apa artinya lebih kuat disini. IMO.. Kemungkinan besar dibagian mesin hanya diset ulang, diracik sedemikian rupa supaya mengeluarkan output power yang lebih njengat daripada versi sebelumnya namun tanpa merubah struktur mesin keseluruhan seperti menambah kubikasi menjadi 155 cc dibantu dengan VVA, waduh..

Awalnya, BlogOtive sendiri cukup senang mendengar info bakalan naik kubikasi jadi 155 with VVA meskipun masih SOHC, meskipun berharap juga bakalan DOHC, namun semakin kesini info semakin menguat bahwa kubikasi akan tetap 149 cc masdab, bukti kedua adalah kode project BK6 ini sudah didaftarkan ke Kementerian Perindustrian dengan kode 2PK, sama seperti saat mendaftarkan R15 untuk 2014 lalu, bedanya forecast lebih tinggi dari mulanya diproduksi 32.100 unit menjadi 42.600 unit, dan kalau dilihat dari kubikasinya.. tercatat 149,8 cc. berikut adalah capture-nya

  Ini Alasan Suzuki Gixxer 150 tidak dijual di Indonesia
TPT 2PK Yamaha R15 2014
TPT 2PK/Yamaha R15 tahun 2014 / v2
TPT 2PK Yamaha R15 2017
TPT 2PK disinyalir Yamaha R15 v3 2017

Duh.. kalau masih 149 berarti enggak pakai VVA donk? meskipun masih bisa saja terjadi, tetapi kemungkinan jadi kecil dibandingkan jika kubikasinya 155,1 seperti NMax atau the next NVX yang sudah pakai VVA terlebih dahulu.

Tapi meski demikian, jika Otivers khawatir performanya tidak membaik.. apapun update mesin yang akan digunakan nanti, disinyalir New Yamaha R15 2017 atau v3 nanti bakalan memiliki power yang lebih daripada yang v2 saat ini, seperti yang dibocorkan 2nd RnD Yamaha yang ada di India beberapa waktu lalu, juga dengan clue Yamaha akan memberikan value-for-money semaksimal mungin, selain itu kemungkinan besar bakalan ada varian ABS di R15 baru nanti.

  Adu Yamaha Jupiter MX King vs Suzuki Satria F

Mungkin info ini disimpan dulu, menunggu perkembangan selanjutnya.. katanya Maret 2017 sudah mulai masspro, IMO.. kayaknya kedahuluan Yamaha India deh. Mungkin itu saja masdab update info tentang R15 v3 2017. Semoga bermanfaat!

BAGIKAN
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Motolovers!

LEAVE A REPLY

Harap tulis sebuah komentar
Harap masukan nama kamu