Yamaha GDR 155 selesai terdaftar di Kementrian Perindustrian (Kemenperin) , BlogOtive – The Next skutik 155cc with VVA bakalan hadir menemani jejak langkah sang NMax, motor yang disinyalir punya sebutan “GDR” di internal Yamaha dan mungkin nama brand-nya juga seperti itu.

Yamaha GDR disinyalir sebagai NVX-nya Indonesia (NVX skutiknya Vietnam masdab, September ini katanya rilis). Kenapa BlogOtive bilang begitu? yup, karena dari spesifikasi sepertinya NVX punya specs dibawah NMax 155, lihat saja rem belakangnya masih tromol. Tapi bagaimana kalau SMax? enggak kayaknya, menurut BlogOtive SMax dan NMax itu specs-nya hampir sama, jadi sulit sepertinya, dan entah kenapa pikiran arahnya ke NVX Vietnam ini..

Yamaha NVX, the next GDR Indonesia
Yamaha NVX 155, di Indonesia adalah GDR?

Artinya bila spesifikasi dibawahnya NMax, berarti cost produksi juga lebih rendah dan hasilnya harga juga lebih murah. Nah ini yang membuat forecast tinggi, dan terkonfirmasi dalam TPT (Tanda Pendaftaran Tipe Kendaraan Bermotor) yang dipublikasikan di situs Kemenperin tertulis Kode B65 di angka 106.100 dan B65-A di angka 28.700 , lebih banyak dibanding forecast NMax non-ABS (2DP non-ABS) di angka 12.500 begitu juga dengan NMax ABS.

TPT Yamaha GDR 155 non ABS
TPT Yamaha B65
TPT Yamaha GDR 155
TPT Yamaha B65-A

Kalau dilihat dari angka produksi dan namanya, B65 merupakan GDR 155 Non-ABS dan untuk B65-A (A artikanlah ABS) adalah GDR 155 yang menggunakan pengereman ABS (Anti-Lock Braking System), dan kalau angka produksinya lebih banyak dari NMax, biasanya nanti next skutik sebutan GDR ini harganya lebih murah karena market yang dibidik dibawahnya dan mungkin bakalan head-to-head dengan rival yakni Honda, dengan skutiknya Vario 150. oh benarkah? mungkin.. itu analisa brutal BlogOtive dab, tapi logis sih..

Intinya kalau menurut BlogOtive, Yamaha GDR 155 ini adalah skutik VVA yang didaulat sebagai tandem NMax (namun bukan sebagai saingan) dan untuk mengganggu pasar milik rival. Menurut informasinya, motor ini juga bakalan disematkan fitur Smart Stop System (SSS) yang akan otomatis mati ketika motor tidak berhenti/tidak beroperasi dalam beberapa detik.. seperti yang sudah dibahas sebelumnya, jadi mungkin SSS bisa menjadi lawan sepadan Vario ISS tapi masih punya value di VVA.

Untuk urusan SSS ini kelas 125 cc juga akan mendapat update-an sob, di TPT sendiri masih ada dua kode yang punya kubikasi 125 yakni BT2 dan BU9, kata senior kang Taufik TMCBlog, BU9 adalah untuk Soul GT. Kalau TPTnya didaftarkan duluan duo 125 ini, entah bagaimana jadwal rilisnya nanti siapa yang mau di dulukan, BT2, BU9 (SoulGT) atau BG65A (GDR 155). Jadi itu dia sob, Yamaha GDR 155 Selesai terdaftar, kita tunggu perkembangan selanjutnya..

BAGIKAN
Blogger asal Yogyakarta yang masih belajar dan mencoba berbagai untuk menyalurkan hobi dan kesukaan terhadap Motor, terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan Salam Motolovers!

LEAVE A REPLY

Harap tulis sebuah komentar
Harap masukan nama kamu