Yamaha Byson FI vs Vixion Advance, pilih mana?

Diposting pada

Duo Naked Yamaha 150cc pada bertaburan keluar tahun ini, secara bertubi-tubi naked Yamaha mulai dari Vixion Advance lalu ke MT-25 dan sekarang Byson update Full Injection, besok apa lagi?

BlogOtive akan mencoba membandingkan alias mengadu secara diatas kertas motor satu level Yamaha All New Byson FI dengan Yamaha Vixion Advance yang pastinya segala aspek kita tuangkan disini.

Sebenarnya kedudukan Byson FI memang dibawah Vixion Advance bro, namun tidak ada salahnya jika diadu karena akan dicampur dengan Harga yang pasti menjadi sosok penentu keseimbanganya, walaupun memang agak kurang greget juga apabila sesama satu pabrikan diadu, namun tak menjadi masalah guna menggamblangkan opsi pilih teman-teman BlogOtive. Bagusan Byson FI atau Vixion Advance? , mari kita  mulai.

Yamaha Vixion Advance vs Byson FI

MESIN
Pertama dan utama adalah sektor mesin, sama-sama berteknologi Fuel Injection 150 cc, transmisi 5 percepatan constant mesh, Satu Silinder (Single Cylinder) SOHC, bedanya Byson berpendingin udara (Air Cooled) sementara Vixion Advance berpendingin cairan (Liquid Cooled), hal ini masih canggih sang kakak.

PERFORMA
Dari olah Dapur kita ke hasil Pacu, si adik Byson FI mampu menghasilkan power maksium 9,61 kW dalam 8.000 rpm sementara itu torsi maksimum yang mampu dihasilkan adalah 12,98 Nm dalam 6.000 rpm, sementara itu sang kakak Vixion Advance mampu menghasilkan power 12,2 kW dalam 8.500 rpm serta torsi maksimum 14,5 Nm dalam 7.500 rpm, hal ini menang sang kakak.

DIMENSI
Sama-sama memiliki kapasitas Tanki 12 liter dan tinggi tempat duduk 790 mm, dibagian dimensi Byson FI memiliki panjang 1.990 mm dengan lebar 780 mm dan tinggi 1.045 mm, jarak terendah ke tanah 170 mm  dan Memiliki berat isi seluruhnya 133 kg. Sementara itu, Vixion Advance memiliki panjang 1925 , lebar 720 mm dan tinggi 1030 mm dengan jarak terendah ke tanah 165 mm dan berat isi 131 kg. disini dapat dirangkum bahwa Byson Injeksi lebih Panjang, lebar, dan tinggi sementara  Vixion Advance lebih enteng 2 kilogram.

DESIGN
Konsep Design sang adik adalah Hewan berpunuk, Byson dengan body menjulang di tanki (punuknya) dan menunjukkan otot-otot kekarnya, tampilan Byson FI cukup maskulin dan elegant.
Sementara sang kakak berkonsep naked gaya bebas (tidak ada sample hewan), sama-sama berotot namun tidak seperti Byson dengan mengusung Headlamp berbentuk “V” menunjukkan identitasnya. soal design Byson nampak lebih besar dan menonjol, hal ini dibuktikan dalam perbandingan dimensi diatas.

FITUR
Soal Fitur tentu si kakak juaranya, banyak point-point yang tidak dimiliki Byson Injeksi dari Vixion Advance, mulai dari striping dimana Byson menggunakan sticker biasa sementara Vixion sudah ketambahan Emblem 3D, Speedometer yang lebih canggih, dan pengereman yang terlihat menonjol Vixion Advance sudah menggunakan Cakram (Dick Brake) di depan dan belakang, sementara Byson FI hanya menggunakan Cakram depan dan belakang menggunakan Drum Brake. Hal ini terbilang wajar karena sang kakak sudah mendapatkan update berkali-kali (hasil feedback pengguna) sementara Byson memang bisa dikatakan seperti Zombie yang baru dilahirkan kembali.

ADU IRIT
Nah, kalau ini adalah soal konsumsi bahan bakar keduanya. Byson Injeksi dikatakan oleh Technical Service YIMM bahwa motor ini lebih irit 18% dibanding versi sebelumnya, selain itu di Byson juga dilengkapi dengan fitur ECO Indikator yang tidak dimiliki Vixion Advance, sama-sama berkapasitas  150cc dengan penurunan power dan torsi yang lebih rendah dan ditambah dua poin diatas, secara seklibatan memang bisa dikatakan Byson Injeksi lebih irit meskipun belum ada pembuktian sebelumnya (coming soon) ditambah lagi soal irit tergantung muatan dan cara berkendara masing-masing rider namun diatas kertas Byson FI pantas bila dikatakan lebih irit.

PERBANDINGAN HARGA
Sudah bisa ditebak bahwa si kakak Yamaha Vixion Advance lebih mahal, dan itu jelas lawong fiturnya aja lebih. Namun dengan harga ini bisa diseimbangkan, memang Vixion Advance dijual dengan harga Rp 24,25 juta sementara sang adik Yamaha Byson Injeksi dijual dengan harga Rp 21,65 juta OTR Jakarta. Byson lebih murah Rp 2,6 jutaan.

Itulah tapi Hasil Komparasi antara Duo Nakedbike Yamaha kelas 150 cc, Yamaha All New Byson FI dengan Yamaha New Vixion Advance. So, Pilih mana?

Gambar Gravatar
Tinggal di Yogyakara, penghobi motor sejak kecil, seorang Testrider, Reviewer dan penikmat balap MotoGP. Mulai aktif berbagi seputar motor pada tahun 2015, menulis lebih dari seribu kata setiap hari.. :)