Yamaha WR 150 motor trail 150cc 2018
Motor trail 150cc 2018

Trail 150 cc Yamaha WR150R akan rilis akhir tahun 2018, Joss!

Diposting pada

BLOGOTIVE.COM – Yamaha akhirnya ketahuan bakalan merilis sebuah motor trail baru dengan kapasitas mesin yang lebih rendah yakni 150 cc yang disinyalir kuat namanya Yamaha WR150R.

“Kemungkinan besar ya, depannya pakai kode WR,” ujar seorang narasumber.

Kutipan diatas adalah ujar salah seorang internal Yamaha yang enggak mau namanya tenar sebut saja bunga.

Sekedar info, WR adalah branding global Yamaha untuk sekmen penggaruk tanah atau motor trail secara umum, WR150R , “150” mengindikasikan kapasitas mesin sementara imbuhan “R” mengindikasikan Road/Road Legal dual purpose yang bisa dipakai jalanan umum.

Doi juga mengatakan kepada detikOto kalau motor trail baru Yamaha ini akan di perkenalkan di akhir tahun 2018 ini..

“Iya, peluncuran rencananya akhir tahun ini,” ujarnya dikutip dari detikOto.

Wah kalau rilis akhir tahun berarti tahun 2019 sudah mulai mengaspal ke konsumen nih, sepertinya motor ini bakalan jadi cikal bakal “bombardir” Yamaha di tahun depan dan menambah Daftar Motor Baru Yamaha di 2019.

Yamaha WR150R pakai mesin V-Ixion

Yamaha WR 150 motor trail 150cc 2018
Motor trail 150cc 2018, image created by Julak Sendie Design and redesigned by BlogOtive

Yamaha katanya bakalan mencangkokkan mesin Vixion untuk menjadi pacuan trail si garpu tala, hanya saja rangka yang dipakai beda.. ya jelas dong ya masak mau pake deltabox.. hehe.

“Sudah pasti pakai mesin Vixion, tapi rangkanya mungkin akan beda,” ujar narasumber.

Sayangnya tidak spesifik disebutkan mesin Vixion yang mana yang bakalan dipakai, karena seperti kita tahu masdab.. Yamaha punya dua mesin Vixion yakni yang 150 cc dan yang 155 cc VVA (Vixion R).

Kalau begini, jadinya Kawasaki KLX jadi sendirian pakai mesin karburator nih, pasalnya para rivalnya Honda CRF150L pakai mesin Fuel injection air-cooled.

Sementara kalau pakai punya V-Ixion, mesinya pakkai FI juga tapi sudah radiator (liquid-cooled).. seperti kakaknya Yamaha WR 250R yang sudah lebih dahulu di jual Yamaha Indonesia dengan mendatangkan secara import CBU.

Wah menarik konsumen seperti kita-kita jadi akan banyak pilihan motor trail nih.. tiga pabrikan Jepang dan bahkan empat sama Suzuki bakalan punya trail dengan kapasitas mesin kecil.

Apakah Bakalan kenalkan Supermoto juga?

Supermoto Yamaha 150 cc WR150X
Supermoto Yamaha 150 cc WR150X, image created by Julak Sendie Design and redesigned by BlogOtive

Nah selain huruf “R” di WR-seris, Yamaha masih punya dua kode imbuhan “F” dan “X” untuk model motor ini yang menjadi diversifikasi (pengalokasian), dimana “F” untuk pure trail yang artinya tidak ada komponen wajib jalan raya seperti lampu sein, sedangkan imbuhan “X” untuk flat track atau sebut gampanya Supermoto.

Yamaha bisa saja mengalokasikan mesin dan body trail ini jadi lebih luas lagi mengarah ke motor yang lebih friendly dengan aspal atau familiar kita sebut Supermoto seperti Kawasaki D-Tracker.

Sayangnya tidak ada kutipan narasumber tentang hal itu disana.. yang pasti masih berkemungkinan peluang terbuka lebar.. toh pakai kaki-kaki trail juga masih bisa di modifikasi supermoto..

Motor Dual Purpose 150 cc Yamaha
Motor Dual Purpose 150 cc Yamaha

Last, kabar gembiran untuk yang ngarep motor trail 150 cc Yamaha.. bakalan di rilis akhir tahun 2018 ini sob. Mari kita tunggu saja kabar baiknya. (Hendri)

Gambar Gravatar
Tinggal di Yogyakara, penghobi motor sejak kecil, seorang Testrider, Reviewer dan penikmat balap MotoGP. Mulai aktif berbagi seputar motor pada tahun 2015, menulis lebih dari seribu kata setiap hari.. :)