24.4 C
Yogyakarta
Senin, Maret 4, 2024

Grand Avanza di Recall secara Global, Toyota Indonesia sedang mendata

BLOGOTIVE.COM – Toyota Global mengumumkan recall untuk Avanza mengenai fuel pump yang atau pompa bahan bakar yang bermasalah.

Sebelumnya, Toyota Motor Corporation (TMC) melakukan recall dengan masalah yang sama yakni pompa bahan bakar untuk Alphard, Camry, Corolla, Innova dan Fortuner.

Kini ternayata merembet juga ke mobil MPV-nya Avanza. Fuelpump Grand New Avanza mengalami kerusakan.

Pompa bahan bakar berhenti bekerja sehingga berpotensi membuat mesin hilang tenaga bahkan sampai mogok, peringatan malfungsi di panel spedometer-pun menyala.

Di Malaysia, recall Avanza ini sudah dilayani untuk penggantian sparepart yang bermasalah secara gratis.

UMW Toyota Motor (UMWT) sebagai APM Toyota Malaysia mengumumkan 3.923 unit Avanza yang terkena recall.

Baca juga:  Alasan Mengapa Toyota Avanza Sangat Cocok untuk Jadi Mobil Keluarga

Di negari jiran itu, Avanza yang terkena Recall adalah produksi Oktober 2017 sampai Juni 2019 dengan masalah pompa bahan bakar atau fuelpump.

Toyota Avanza di Indonesia juga terkena Recall

Toyota Grand Avanza
Toyota Grand Avanza

Recall juga terjadi di Indonesia, hal ini dikonfirmasi oleh Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.

“Ya, kami juga baru dapat infonya dari Toyota global, mereka mengumumkan adanya recall ini, di mana beberapa negara di Asia termasuk Indonesia termasuk ya, detailnya masih kami pelajari,” ujar Jimmi mengutip Liputan6.com.

Untuk di Indonesia sendiri, saat ini TAM sedang melakukan persiapan untuk melakukan pemanggilan unit (recall) konsumen.

“Saat ini kita sedang koordinasikan baik ke manufakturing dan juga pihak terkait seperti dealer dan prinsipal untuk tahu model apa saja yang terindikasi, berapa banyak di Indonesia, rata-rata ada di mana, kesiapan part-nya dan lain lain untuk segera mengambil tindakan dan membuat program,” jelasnya.

Seperti diketahui, Avanza sendiri merupakan mobil yang diproduksi oleh Daihatsu Astra Motor (DAM), mobil yang dibuat di Indonesia ini juga di eksport ke Asia Tenggara termasuk Malaysia.

Baca juga:  5 Mobil MPV Terlaris Februari 2021, Bukan Avanza tapi Mobil ini

Dengan kata lain produk yang dijual di Indonesia dan Malaysia diproduksi oleh manufacturer yang sama.

Recall adalah istilah yang lumrah dalam industri produksi massal, karena sebuah produk terdiri dari ribuan komponen yang di buat oleh berbagai vendor yang berbeda-beda.

Hampir semua pabrikan pernah melakukan recall di beberapa produknya.

Recall adalah sebuah bukti nyata tanggung jawab manufacturer dalam memberikan jaminan garansi berkesinambungan kepada konsumen-nya.

Hendri Widananto
Hendri Widananto
Tinggal di Yogyakara, penghobi motor sejak kecil, seorang Testrider, Reviewer dan penikmat balap MotoGP. Mulai aktif berbagi seputar motor pada tahun 2015 hingga kini.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Tetap Terhubung

2,717FansSuka
1,505PengikutMengikuti
2,295PelangganBerlangganan

Terbaru