25.3 C
Yogyakarta
Jumat, April 12, 2024

Tips Aman Berkendara Motor Listrik ala Honda Istimewa

Yogyakarta – Motor Listrik saat ini sudah mulai menjamur di jalan raya. Selain perawatan lebih mudah, motor listrik juga ramah lingkungan. Namun motor listrik ini berbeda dengan motor bahan bakar terutama dalam hal kecepatan maksimum dan juga cara mengendarainya. Tim Instruktur Safety Riding Astra Motor Yogyakarta selaku main dealer sepeda motor Honda wilayah Yogyakarta, Kedu, dan Banyumas berbagi tips aman berkendara menggunakan motor listrik.

1.    Pelajari Spesifikasi dan Karakteristik Motor Listrik yang Digunakan

Banyak pengendara yang menggunakan motor listrik lebih fokus terhadap kecepatan dan daya tahan baterai tanpa memperhatikan spesikasi motor listrik yang lainnya. Seperti contoh, motor listrik mengeluarkan suara lebih halus dibandingkan motor bahan bakar sehingga berpotensi tidak teridentifikasi oleh pengendara lain. Oleh karena itu kita harus menjaga jarak dengan kendaraan lain. Begitu juga dengan daya atau tenaga motor Listrik berbeda dengan motor bahan bakar sehingga pengendara harus memahami karakteristik motor listrik terutama saat mendahului dan menanjak.

Baca juga:  Resmi di Rilis, Ini Harga Honda CB150R facelift di DI Yogyakarta

Saat akan mendahului, pastikan ruang yang tersedia dan kecepatan yang cukup untuk di dahului oleh motor listrik. Batas kecepatan maksimal motor listrik dalam range 45 – 80 km/jam dan akselerasi kecepatan lebih lambat dibanding motor bakar sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk menambah kecepatan. Begitu juga saat akan melewati jalan tanjakan diperlukan momentum yang cukup. Untuk mendapatkan momentum yang cukup dapat dilakukan dengan cara menambah kecepatan sebelum masuk jalan tanjakan.

2.    Riding Postur Motor Listrik

Beberapa merek motor listrik non Honda memiliki riding postur yang berbeda dengan motor bahan bakar. Oleh karena itu penyesuaian dan pengendalian motor listrik ini sangat penting. Terutama riding postur saat berbelok atau bermanuver harus memperhatikan beban maksimal dan keseimbangan. Sebaiknya melakukan pengereman untuk mengurangi kecepatan sebelum masuk tikungan.

Baca juga:  Tambah Wawasan dan Persaudaraan dalam CB150 Verza Saturdayride Yogyakarta

3.    Perlengakapan Berkendara

Meskipun daya atau tenaga motor listrik lebih kecil dari motor bahan bakar. Para rider motor listrik harus tetap menggunakan perlengkapan berkendara yang lengkap seperti helm, jaket, sarung tangan, celana panjang dan sepatu. Karena untuk meminimalisir dampak negatif apabila terjadi benturan saat mengendarai motor listrik.

“Tidak ada perbedaan dalam hal keselamatan antara pengendara motor listrik dan motor bahan bakar. Semua pengendara memiliki hak untuk selamat sampai tujuan dengan #Cari_Aman saat berkendara.” pungkas Community Development & Safety Riding Supervisor Astra Motor Yogyakarta Muhammad Ali Iqbal.

***

Irma Aryati Utami
Irma Aryati Utami
Meluangkan Waktu untuk menulis dan berbagi , terimakasih telah membaca arikel kami, jangan sungkan untuk berkomentar ya..

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Tetap Terhubung

2,717FansSuka
1,505PengikutMengikuti
2,295PelangganBerlangganan

Terbaru