21.7 C
Yogyakarta
Kamis, Juli 18, 2024

Tes Irit Honda ADV160, Motor Sebongsor Ini Konsumsi BBM-nya Boros? Ini Jawabanya

Motor sebongsor Honda ADV160 apakah boros? Ya mungkin itu adalah banyak pertanyaan banyak orang termasuk saya sendiri. Simak Hasil tes saya di artikel ini untuk mengetahui jawabanya!

Ya karena ADV terbaru ini selain nambah besar looknya, juga nambah kubikasi mesin dari 150 cc menjadi 160 cc (dibulatkan), tepatnya 157,9 cc atau naik 8,6 cc.

Dengan kenaikan kapasitas mesin, tentu tenaganya ikut naik juga. Powernya diklaim tembus 14,3 HP pada 8,5 ribu rpm dan torsi sebesar 13,8 Nm pada 6500 rpm. Pengujian tenaga tersebut dilakukan AHM.

Tenaga Torsi Honda ADV160 sama dengan PCX160 namun lebih tinggi daripada Vario 160 meskipun secara power to weigt ratio Vario lebih baik dan torsi bawahnya memang sangat menjambak, secara motor ini lebih enteng (full reviewnya ada disini).

Oh ya, bobot Honda ADV 160 sendiri sebesar 133 kg. Cukup berat dan identik dengan bobot Yamaha NMax.

Honda ADV160 yang gagah

Tes Irit Honda ADV 160

BlogOtive melakukan pengetesan irit sejauh 128,7 kilometer dengan kondisi jalan yang acak, kadang lancar dan kadang macet dan ada trek untuk ngebut juga.

Treknya sendiri jalan aspal naik turun Gunungkidul – Bantul dan ada trek pedesaan konblok sejauh 4 kilometeran total.

Riding Style yang BlogOtive gunakan adalah pure riding apa adanya. Ketika macet ya ikut pelan, ada peluang menyelinap macet ya menyelinap ada trek lurus ya ngebut tentunya, secara motor 160 cc kok gak dipake ngebut hehe.

Oh iya, Pengetesan BlogOtive ini menggunakan BBM dengan oktan RON 92 milik Pertamina (Pertamax) dengan metode full to full.

Hasil Konsumsi BBM Honda ADV 160

Ketika melakukan pengisian pertama, BlogOtive mengisi sebanyak 6,5 liter untuk memenuhi total kapasitas tanki ADV yang sebanyak 8 literan.

Trip A spedometerpun saya reset ke nol dan memulai melakukan perjalanan.

Pada pengisian kedua setelah menempuh perjalanan akhirnyapun ketahuan berapa konsumsi bahan bakarnya.

Tes Irit Honda ADV160
Pengisiar Pertama (kiri) dan Pengisiaan Kedua (kanan)
Jarak tempuh tes irit Honda ADV160

Tripmeter menunjukkan angka 128.7 km dan volume bensin yang masuk ke tanki adalah 2,9 liter. Itu artinya apabila dikalkulasi menghasilkan konsumsi BBM sebesar 43,4 kilometer per liter.

Ringkasan Tes

  • Riding style: Non-ECO riding
  • Jalan : Aspal dan konblok 4 km
  • Trek : Turunan, tanjakan, tikungan
  • Metode : Full to full
  • Jenis BBM : RON 92
  • Jarak Perjalanan: 128,7 km
  • BBM yang diperlukan : 2.959 Liter
  • Konsumsi BBM yang dihasilkan : 43,4 kmpl

Faktanya, tenaganya yang naik jika dibanding ADV generasi sebelumnya ternyata tidak membuat ADV160 ini memiliki konsumsi BBM yang lebih boros, justru lebih irit.

Kesimpulanya tes ini relatif irit untuk kapasitas mesin dan tenaga yang dihasilkan motor ini ditambah riding experience yang gagah dan menyenangkan, masih sangat worth it untuk teman-teman yang mau menjadikan motor ini untuk dipakai harian.

Hendri Widananto
Hendri Widananto
Tinggal di Yogyakara, penghobi motor sejak kecil, seorang Testrider, Reviewer dan penikmat balap MotoGP. Mulai aktif berbagi seputar motor pada tahun 2015 hingga kini.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Tetap Terhubung

2,717FansSuka
1,505PengikutMengikuti
2,295PelangganBerlangganan

Terbaru

BlogOtive memberikan penilaian 4.5 dengan keiritan Honda ADV160 ini yang berhasil mencatatkan Konsumsi BBM sebesar 43,4 kmpl.Tes Irit Honda ADV160, Motor Sebongsor Ini Konsumsi BBM-nya Boros? Ini Jawabanya